indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pimpin Rapat Kerja, Pj Bupati Muaro Jambi Soroti Disiplin PNS yang Tak Pernah Ditindaklanjuti Polsek Maro Sebo Laksanakan Vaksinasi Booster di Desa Candi Muaro Jambi Ratusan CPNS Memilih Mengundurkan Diri, BKN Ungkap Alasannya Keluarga Besar PP Muhammadiyah Berduka Buya Syafii Ma’arif Polri Gelar Lomba Menulis Surat Untuk Kapolri, Ini Syaratnya

Home / Pendidikan

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 18:32 WIB

Peran Serta Masyarakat dan Kebangkitan Pendidikan

Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21). HMS Tanoto Foundation

Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21). HMS Tanoto Foundation

KUALA TUNGKAL – Salah satu sekolah mitra Tanoto Foundation di Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah SDN 003/V Kuala Tungkal. Sekolah tersebut berada di pusat ibukota yang memiliki motto Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan.

Salah satu keberhasilan sekolah tersebut adalah kompaknya peran komite sekolah dalam membantu peran kepala sekolah dalam mewujudkan pembangunan pendidikan.

Selama ini peran serta masyarakat (PSM) khususnya orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan belum tergali maksimal. Namun, berkat peran komite yang mampu menggalang PSM tersebut, membuat partisipasi masyarakat semakin meningkat.

Pada awalnya, akuntabilitas sekolah dan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah juga lemah. Sekolah tidak merasa berkeharusan untuk mempertanggungjawabkan hasil pelaksanaan pendidikan kepada masyarakat, khususnya orang tua siswa, sebagai salah satu unsur utama yang berkepentingan dengan pendidikan (stakeholder).

BACA JUGA :  Antisipasi Gangguan, Petugas PLN ULP Kuala Tungkal Melakukan Pembebasan Tanam Tumbuh

Namun, berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh Nuraini, sekolah tersebut kini menjadi rujukan bagi sekolah sekitar dalam upaya mempelajari budaya OPAT atau singkatan dari Obyektif, Partisipatif, Akuntabilitas, dan Transaparan.

“Kepercayaan masyarakat kepada sekolah harus tetap terjaga,” ujar Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21).

Upaya yang Dilakukan

Sebagaimana yang kita ketahui, pendidikan merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya kewajiban pemerintah, sekolah, dan guru saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat.

Masyarakat diharapkan peran sertanya dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan, terutama dalam mendidik moral, norma, dan etika yang sesuai dengan agama dan kesepakatan masyarakat serta menumbuhkan budaya baca. tentunya kita paham, bahwa siswa belajar di sekolah dalam waktu terbatas, sedangkan waktu terbanyak ada di rumah dan masyarakat.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Ngamuk, Seorang OTK Diamankan

Salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan peran serta masyarakat adalah membentuk Paguyuban orang tua siswa.

Paguyuban kelas merupakan perkumpulan orangtua siswa dalam suatu kelas yang bertujuan untuk membangun, menumbuhkan, dan meningkatkan partisipasi kepedulian dan tanggungjawab orangtua dengan memberikan saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Dengan adanya paguyuban maka program sekolah akan mudah dijalankan melalui kolaborasi bersama wali kelas.

Lanjut ke halaman berikutnya….>>>

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Sanggar Seni dan Sastra Sebiduk Sedayung Diresmikan, Kepsek SMPN 3 Batanghari Mengaku Bangga

Advetorial

Bupati Safrial Potong Pita Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA

Pendidikan

HUT Desa ke 26, SDN 169/V Cinta Damai Adakan Sunatan Massal

Pendidikan

Guru dan Kepala Sekolah Didorong Menjadi Penggerak Pendidikan

Pendidikan

Adik-Adik Jangan Lupa, Besok Mulai Belajar Lewat TVRI, Ini Jadwal Lengkapnya

Pendidikan

Tarik Ulur Sekolah Tatap Muka di Tanjab Barat, Sekda : Kita Tunggu Aba-aba Provinsi

Pendidikan

Stakeholder Pendidikan Perlu Evaluasi Pelaksanaan PJJ

Pendidikan

Tanoto Foundation Latih 300 Guru di Tanjab Barat