LIVETV
15 Link Twibbon Hari KORPRI 2021 Pilihan Keren dan Menarik Kunjungi RS DKT Jambi, Ini yang Disampaikan Menko PMK Muhajir Makmurkan Masjid, BKPRMI Jambi Luar Kota Gelar Yasinan Bulanan Rutin Danrem 042/Gapu Dampingi Menko PMK Sambangi RS Dr. Bratanata Jambi Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro Jambi Aktif Kunjungi Kegiatan Vaksinasi

Home / Pendidikan

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 18:32 WIB

Peran Serta Masyarakat dan Kebangkitan Pendidikan

Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21). HMS Tanoto Foundation

Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21). HMS Tanoto Foundation

KUALA TUNGKAL – Salah satu sekolah mitra Tanoto Foundation di Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah SDN 003/V Kuala Tungkal. Sekolah tersebut berada di pusat ibukota yang memiliki motto Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan.

Salah satu keberhasilan sekolah tersebut adalah kompaknya peran komite sekolah dalam membantu peran kepala sekolah dalam mewujudkan pembangunan pendidikan.

Selama ini peran serta masyarakat (PSM) khususnya orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan belum tergali maksimal. Namun, berkat peran komite yang mampu menggalang PSM tersebut, membuat partisipasi masyarakat semakin meningkat.

BACA JUGA :  PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Jaluko Periode 2020-2023 Dikukuhkan

Pada awalnya, akuntabilitas sekolah dan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah juga lemah. Sekolah tidak merasa berkeharusan untuk mempertanggungjawabkan hasil pelaksanaan pendidikan kepada masyarakat, khususnya orang tua siswa, sebagai salah satu unsur utama yang berkepentingan dengan pendidikan (stakeholder).

Namun, berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh Nuraini, sekolah tersebut kini menjadi rujukan bagi sekolah sekitar dalam upaya mempelajari budaya OPAT atau singkatan dari Obyektif, Partisipatif, Akuntabilitas, dan Transaparan.

“Kepercayaan masyarakat kepada sekolah harus tetap terjaga,” ujar Nuraini, yang terus berinovasi setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation, Sabtu, (30/10/21).

BACA JUGA :  Ketua dan Pengurus KONI Kota Jambi 2021-2025 Resmi Dilantik

Upaya yang Dilakukan

Sebagaimana yang kita ketahui, pendidikan merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya kewajiban pemerintah, sekolah, dan guru saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat.

Masyarakat diharapkan peran sertanya dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan, terutama dalam mendidik moral, norma, dan etika yang sesuai dengan agama dan kesepakatan masyarakat serta menumbuhkan budaya baca. tentunya kita paham, bahwa siswa belajar di sekolah dalam waktu terbatas, sedangkan waktu terbanyak ada di rumah dan masyarakat.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Pimpin Pemusnahan 80 Kg Ganja Kering di Polres Merangin

Salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan peran serta masyarakat adalah membentuk Paguyuban orang tua siswa.

Paguyuban kelas merupakan perkumpulan orangtua siswa dalam suatu kelas yang bertujuan untuk membangun, menumbuhkan, dan meningkatkan partisipasi kepedulian dan tanggungjawab orangtua dengan memberikan saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Dengan adanya paguyuban maka program sekolah akan mudah dijalankan melalui kolaborasi bersama wali kelas.

Lanjut ke halaman berikutnya….>>>

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Mulai Besok, SMA Negeri 1 Tanjab Barat Laksanakan KBM Tatap Muka

Pendidikan

Alasan Ini, MTs N 1 Tanajab Barat Beri Kelonggaran Pembayaran Seragam Sekokah Peserta Didik Baru

Pendidikan

Fasilitator Daerah Program PINTAR Dampingi Sekolah di Tanjab Timur

Pendidikan

Pelepasan Siswa Kelas VI MDTA Darul Ihsan 030 Kuala Tungkal Sukses dan Meriah

Pendidikan

Hasilkan Rencana Kerja, UIN-UNJA dan Tanoto Foundation Gelar Lokakarya

Pendidikan

Dikbud Keluarkan Surat Mengenai Kegiatan BDR dan Kegiatan Akhir Semester, Begini Isinya

Pendidikan

SKK Migas Petrochina International Jabung Ltd Serahkan Bantuan Program Beasiswa Bagi Pelajar dan Mahasiswa Tanjab Barat

Berita

Polres Tanjabbar Gelar Rakor Pembentukan Sekolah Ampuh Seiring Dibukanya Kembali KBM di Sekolah