LIVETV
SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional Penyelundupan Part Mobil Tua Jenis Land Rover Digagalka Petugas Perbatasan Ivan Wirata Angkat Bicara Terkait Kelangkaan BBM Ini Motif dan Desain Seragam Batik KORPRI Terbaru Yonif Raider Khusus 732/Banau Laksanakan Vaksinasi Covid-19




Home / Berita / Tanjab Barat

Kamis, 30 Juli 2020 - 14:34 WIB

Ratusan Hewan Qurban Diangkut Melalui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Tujuan Batam

FOTO : Sapi dan Kambing yang Skan Dibawa ke pulau Batam dengan menggunakan Kapal Fery di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Rabu (29/07/20).

FOTO : Sapi dan Kambing yang Skan Dibawa ke pulau Batam dengan menggunakan Kapal Fery di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Rabu (29/07/20).

KUALA TUNGKAL – Menjelang datangnya hari Raya Idhul Adha 1441 H. Sejumlah pedagang hewan qurban antar pulau mulai ramai mengantarkan pesanan untuk memenuhi kebutuhan warga yang akan berqurban.

Pantauan di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, terlihat pedagang membawa puluhan hewan sapi dan kambing menggunakan mobil Truk dan pick up yang akan menyebrang ke pulau Batam dengan menggunakan Kapal Fery.

Menurut Ratno, salah satu pedagang sapi asal pelalawan Riau yang sudah dua tahun ini  membawa dagangan sapi ke pulau Batam mengaku bisa meraup untung tiga juta per ekor sapi.

BACA JUGA :  Tim Tungau Polres Kerinci Amankan Terduga Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

“Harga kalau di jual di Batam bisa mencapai Rp 19 hingga Rp 20 juta per ekornya,” ucapnya.

Namum demikian, ia juga tidak sedikit biaya transportasi yang dikeluarkan biaya dengan menggunaan kapal angkut melaui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

“Biaya transportasinya mahal sekali,” sebutnya.

Sementara itu, Safawi sopir truk yang biasa mengakut sapi dan kambing setiap Idhul Adha mengatakan, selalu mendapat pesanan untuk mengangkut sapi qurban dari Lampung untuk di bawa ke pulau Batam dan hanya mendapatkan upah amprah.

BACA JUGA :  Ivan Wirata Angkat Bicara Terkait Kelangkaan BBM

“Untuk satu kali angkutan biasa di bayar Rp17 juta untuk mengatarkan pesanan pemilik pedagang hewan qurban di pulau batam,”ujarnya.

Di sisi lain, petugas pengelola angkutan kapal PT Jembatan Nusantara di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Hendri menuturkan, pada hari biasa angkutan yang membawa hewan hanya satu truk.

Namun kata dia, sejak menjelang datangnya hari Idul Adha angkutan untuk mobil truk mengalami peningkatan.

BACA JUGA :  Ini Motif dan Desain Seragam Batik KORPRI Terbaru

“Menjelang mau Hari Raya Idul Adha sudah puluhan truk dan ratusan ekor sapi dan kambing yang di bawa dengan menggunakan akutan kapal melalui Pelabuhan Roro dari lampung dan pelalawan,” kata Hendri.

Tutur Hendri, semenjak mendekati hari raya Idul Adha ini, kendaraan besar seperti truk hampir 50 sampai 60 puluh berangkat menggunakan kapal di pelabuhan Roro ini.

“Para pembawa truk yang memuat hewan seperti kambing dan sapi ini menuju palau batam dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha,” tukasnya.(Mir)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Siapa Bakal Ketua DPRD Tanjab Barat, Begini Penjelasan Edi Purwanto

Tanjab Barat

Tanjab Barat Jadi Sasaran Vaksinasi Masal Covid-19 Provinsi Jambi

Berita

Ciptakan Idul Fitri Aman dan Kondusif, Polres Tanjab Barat Tingkatkan Patroli Kewilayahan

Daerah

Ini 5 Pemenang Lomba Jahit Masker Merah Putih Polres Tanjab Barat

Berita

Kapolres : Evakuasi Penemuan Mayat Menggunakan Protokol Covid-19

Berita

Viral Link Pemberian Subsidi Kuota Internet 75 GB Selama Masa SFH, Cek Faktanya!

Berita

BMKG ; Puncak Musim Hujan di Jambi November-Desember Hingga April 2019

Berita

Danrem ; Pencegahan Karhutla Hendaknya Dilakukan Sebelum Terjadinya Kebakaran