YTUBE
Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Jambi Launching ‘NasDem Memanggil’ Polsek Bangko Amankan Pelaku Pencurian Sepeda BMX Clarion Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja

Home / Berita

Minggu, 4 April 2021 - 15:20 WIB

Syarat, Cara dan Biaya Pendaftaran Buat SIM Secara Online

Syarat, Cara dan Biaya Pendaftaran Buat SIM Online . FOTO : Istimewa

Syarat, Cara dan Biaya Pendaftaran Buat SIM Online . FOTO : Istimewa

KUALA TUNGKAL – Pendaftaran membuat Surat Izin Mengemudi (SIM)  ini tidak harus datang ke kantor Satpas SIM, tetapi bisa dilakukan dari rumah.

Bahwkan pendaftaran online ini hanya berlaku untuk pembuatan SIM baru atau pun perpanjangan khususnya SIM A dan C.

Cara pendaftaran SIM online terbilang cukup mudah dan cepat. Dengan adanya jaringan internet, masyarakat bisa melakukan pendaftaran SIM online di mana saja dan kapan pun.

Dikutip dari situs resmi sim.korlantas.polri.go.id, langkah-langkah pendaftaran SIM online ternyata gak ribet loh, hanya mengisi data diri dan melengkapi data yang tertera saja, pendaftaran sudah dapat diterima.

Setelah berhasil membuka website resmi Polri, masyarakat dapat mengikuti panduan untuk melakukan pendaftaran SIM baru atau pun perpanjangan SIM.

Berikut cara melakukan pendaftaran SIM online:

  1. Pilih menu ‘Pendaftaran SIM Online‘.
  2. Tekan tombol ‘Mulai’ untuk memulai pendaftaran.
  3. Setelah itu akan muncul menu ‘Data Permohonan’ dan pemohon bisa memilih apakah akan mencari SIM baru atau perpanjangan.
  4. Kemudian pemohon bisa mulai mengisi dan melengkapi data yang diperlukan. Pada menu ini, pemohon mengisi data di antaranya jenis permohonan, golongan SIM, Polda kedatangan, Satpas kedatangan untuk ujian, memilih metode pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM.
  5. Pemohon juga harus mengisi data keadaan darurat yang dapat dihubungi. Selain itu, tersedia pula data validasi yang harus mencantumkan nama ibu kandung.
  6. Isi seluruh data yang dibutuhkan dan pastikan data yang dimasukan sudah benar, setelah itu tekan tombol ‘lanjut’.
  7. Nantinya akan muncul menu konfirmasi data input sesuai data yang dimasukan pada proses cara membuat SIM online sebelumnya.
  8. Pada menu ini, pemohon bisa memilih tanggal kedatangan ke kantor Satpas sesuai waktu yang diinginkan. Untuk pemohon perpanjangan SIM, jangan memilih tanggal kedatangan melebihi masa berlaku SIM.
  9. Kemudian, isi kode verifikasi lalu tekan tombol ‘kirim’.
  10. Setelah mengikuti cara membuat SIM online, akan muncul tampilan sukses registrasi, lalu tekan ‘Ok’ dan proses di aplikasi SIM online sudah selesai.
  11. Kemudian, pemohon akan mendapat email otomatis yang menandakan bahwa registrasi SIM online berhasil. Dalam email tersebut juga tercantum nomor registrasi dan total biaya yang harus dibayarkan untuk pembuatan SIM online.
  12. Setelah mendapatkan rincian biaya SIM online, lalu pomohon melakukan pembayaran melalui ATM atau teller BRI yang ada di seluruh Indonesia.
  13. Setelah selesai melakukan pembayaran, pemohon bisa langsung datang ke kantor Satpas yang telah dipilih saat registrasi. Pemohon harus datang sesuai dengan tanggal yang sudah dipilih saat pendaftaran online, serta membawa identitas diri (KTP) dan surat keterangan sehat.
BACA JUGA :  Sat Reskrim Polres Merangin Amankan 4 Orang Terkait Jaminan Pidusia

Untuk biaya pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM tentu berbeda. Biaya SIM sudah diatur dalam PP Nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Siaga On Call, Personel Polres Tanjab Barat Sisir Delapan Titik Keramaian

Biaya penerbitan SIM baru:

– SIM A dan A umum Rp 120.000
– SIM B1 dan B1 umum Rp 120.000
– SIM B2 dan B2 umum Rp 120.000
– SIM C Rp 100.000
– SIM D Rp 50.000

Biaya perpanjangan SIM:

– SIM A dan A umum Rp 80.000
– SIM B1 dan B1 umum Rp 80.000
– SIM B2 dan B2 umum Rp 80.000
– SIM C Rp 75.000
– SIM D Rp 30.000

Share :

Baca Juga

Berita

Lupa dengan Prokes Jaga Jarak, TNI-Polri Turun Tangan Lakukan Penertiban

Berita

Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Pahami Aturan dan Tidak Melakukan Pelanggaran

Berita

Yandri Susanto Sebut Soal Vaksin Booster Bayar atau Gratis Masih Pro Kontra 

Berita

PemDes Merlung Salurkan BLT DD Tahap II Kepada 140 Keluarga

Berita

Penggantian Tiang Kropos, Listrik di Empat Wilayah Ini Akan Dipadamkan

Berita

Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Belum Dibuka Untuk Angkutan Penumpang Orang

Berita

Kapolda Jambi, Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menghadapi Isu Sara di Medsos

Advetorial

Bupati Safrial Serahkan Naskah Perjanjian Hibah BMD Untuk Polda Jambi dan Polres Tanjab Barat