indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Polda Jambi Buka Penerimaan Siswa SIPSS Tahun 2022 Lelang 13 Jabatan Kepala OPD di Tanjab Barat Ditargetkan Rampung Bulan Maret Sat Polair Imbau Nelayan dan Transportasi Air Waspadai Perubahan Cuaca Kesulitan Keluar, Air Genangi Jalan Depan Gerbang SMAN 2 Tanjab Barat Gadang Seorang Mustahik di Pembengis Menerima Bantuan dari Baznas

Home / Suara TNI

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:15 WIB

Tampa Dokumen Resmi, WNA Timor Leste Diamankan Petugas Perbatasan

FOTO : Sejumlah Barang Diamankan Petugas Personel Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Batalyon Infanteri 742/SWY dari Terduga Pelaku JMB Warga Timor Leste.

FOTO : Sejumlah Barang Diamankan Petugas Personel Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Batalyon Infanteri 742/SWY dari Terduga Pelaku JMB Warga Timor Leste.

SUARA TNI – Satu orang warga negara Republik Demokratik Timor Leste inisial JMB (54) diamankan Personel Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Batalyon Infanteri 742/SWY yang sedang melaksanakan tugas di wilayah Sektor Timur, Selasa (12/10/21).

Kronologis JMB diamankan saat sedang belanja membeli sejumlah barang di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur untuk dibawa ke wikayah Timor Leste tampa dokumen resmi.

Barang yang dibeli berupa 59 karung garam menggunakan dua unit mobil pickup, 1 buah HP merk Sambung Galaxi, Casing dan Charger, dan nota pembelian barang yang bertuliskan 108 dos benang merah, 20 dos benang emas, 2 karung benang katun putih yang bernilai puluhan juta rupiah dan nota belanja untuk ternak babi yang bernilai ratusan juta rupiah.

Menurut Dankipur I Lettu Inf Tofan Cahyadi Rizki di Pos Motaain, oknum warga Timor Leste tersebut diamankan berawal dari informasi masyarakat kepada personel Pos Motaain tentang ada kegiatan ilegal.

BACA JUGA :  Polres Inhil Musnahkan Sabu dan Ekstasi Hasil Tangkapan

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dan menemukan dua unit mobil pickup sedang memuat 59 karung garam.

Mobil tersebut kemudian diarahkan ke Pos Motaian untuk dimintai keterangan kepada sopir. Tidak lama kemudian datang oknum pemilik barang JMB ke Pos Motaain untuk berkoordinasi dengan personel pos.

Berdasarkan keterangan JMB, lanjut Letnan Tofan, ia memasuki Kabupaten Belu tanpa dilengkapi dokumen resmi melalui jalan tikus di Haekesak pada Senin siang (kemarin, red) untuk membeli sejumlah barang untuk dibawa ke Timor Leste memggunakan kendaraan ekspedisi melalui jalur darat.

“Setelah dilakukan pengecekan, JMB mengakui bahwa ia sudah melakukan kegiatan bisnis seperti ini sejak tujuh tahun yang lalu,” terangnya.

Selain barang-barang tersebut, personel Pos Motaain juga mengamankan sejumlah uang dalam bentuk mata uang dollar maupun rupiah yang diduga akan digunakan untuk membeli sejumlah barang di wilayah Kabupaten Belu.

BACA JUGA :  Ketua dan Anggota DPRD Inhil Lakukan Vaksinasi Dosis ke Tiga

Setelah dilakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan, Dankipur I kemudian menyerahkan JMB beserta seluruh barang bukti kecuali 59 karung garam kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua yang diterima Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian yang didampingi Supervisor Imigrasi PLBN untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

“Barang bukti 59 karung garam akan kami kumpulkan di Mako untuk diserahkan kepada instansi terkait pada saat purna tugas,” bebernya.

Terpisah, Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat yang peduli terhadap kondisi perekonomian masyarakat dengan melaporkannya kepada aparat terdapat khususnya personel pos jajaran Satgas Pamtas Yonif 742/SWY.

Share :

Baca Juga

Suara TNI

Cegah Bahaya Longsor Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Bersama Masyarakat Tanam 500 Pohon

Suara TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi oleh TNI Jajaran Kodam II/Sriwijaya

Suara TNI

Satgas Pamrahwan Memberikan Bantuan Buku Gratis ke Rumah Taman Baca Saefey

Suara TNI

Sebanyak 55 Botol Miras Cap Tikus Dimusnahkan Petugas Gabungan

Suara TNI

Dansatgas Sampaikan Hasil TMMD Kepada Danrem Antasari

Suara TNI

Rumah dan Harapan Baru Siti Khadijah Penerima Manfaat TMMD

Suara TNI

Danrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD ke-112 Kodim 0416/Bute

Suara TNI

Satgas Pos 5 Maba SSK I Yonif RK 732/Banau Hadiri Upacara Sumpah Pemuda