YTUBE
Bupati Anwar Sadat buka Peluang Singapura Berinvestasi di Sektor Hilirisasi Pertanian dan Perkebunan Puluhan Anggota Pemuda Pancasila Datangi Polda Jambi Pertanyakan 2 LP Dua ASN Tanjabbar Ikuti Short Course Gratis di Singapura, Bupati Ucapkan Terima Kasih Bupati Anwar Sadat Resmikan Gedung Rumah Iqra’ Husnul Khatimah Kampung Nelayan Kapolres Tanjab Barat Hadiri Upacara HUT TNI ke 77 di Kodim 0419/Tanjab

Home / Finansial

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:03 WIB

Tarif Dasar PDAM Naik 100 Persen, Begini Kata Ustayadi

Ustayadi Berlian, Dirut PDAM Tirta Pengabuan Tanjung Jabung Barat

Ustayadi Berlian, Dirut PDAM Tirta Pengabuan Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL – Bulan Januari 2022 Tarif dasar PDAM Tirta Pengabuan Tanjung Jabung Barat mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan ini mencapai 100 Persen. Dari Rp1,500,- menjadi Rp3 Ribu perkubik.

Ustayadi Berlian, Dirut PDAM Tirta Pengabuan Tanjung Jabung Barat, Jambi mengakui perihal kenaikan tarif dasar PDAM yang mencapai 100 persen atau dari Rp1,500,- menjadi Rp3 Ribu.

“Kalau bicara kenaikan tarif dasar PDAM itu memang benar dari 1,500 ke 3 Ribu perkubik. Dimana 1 Kubik itu setara dengan 5 Drum kapasitas 200 Liter,” ungkap Ustayadi saat dijumpai di Ruang kerjanya, Kamis (20/1/22).

Dijelaskan Ustayadi, kenaikan PDAM ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Tanjung Jabung Barat Nomor 6 Tahun 2021 tentang tarif rekening Air dan non Air Perumda Tirta Pengabuan.

“Perlu diketahui jika kenaikan tarif ini sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2021 dan memang ada perubahan biaya produksi. Dalam sistim Air minum ini pernah dihitung BPKP jika biaya produksi perkubik Rp10 Ribu.

BACA JUGA :  Persyaratan Mengambil Bantuan Kompor Gas Program Jargas

Ustayadi juga mengatakan jika tarif dasar sebelumnya Rp1,500 Rupiah dari hasil studi banding DPRD ke berbagai daerah Tanjung Jabung Barat paling rendah.

“Jika naik 100 persen seolah – olah terlalu besar, tetapi melihat kalkulasi dari biaya produksi Rp10 Ribu, tarif dasar naik menjadi Rp3 Ribu artinya Pemerintah masih memberikan subsidi Rp7 Ribu terhadap konsumen,” jelasnya.

Kenaikan ini kata Ustayadi sudah disampikan dengan ke Pemerintah Provinsi terkait tarif atas dan tarif bawah. Dan memang Tanjung Jabung Barat tertinggi.

“Kita perlu tahu jika jalur distribusi PDAM terlalu jauh sehingga membutuhkan energi listrik besar. PDAM Tirta Pengabuan Bulan Januari ini saja kami membayar tagihan Listrik Rp447 Juta,” ungkapnya.

“Memang kalau dari kaca mata Masyarakat melihat kenaikan ini besar, tetapi bagi kami (PDAM) tidak. Karena kami mengetahui secara persis biaya produksinya,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Puluhan Anggota Pemuda Pancasila Datangi Polda Jambi Pertanyakan 2 LP

Berbicara kenaikan tarif PDAM sambung Ustayadi, tentu konsekuensinya dengan pelayanan harus baik. Terhadap hal itu PDAM telah berkomitmen memberikan pelayanan maksimal.

“Kami tahu pelayanan kami dianggap klasik. Sebenarnya permasalah terbesar kami di Listrik yang sering mati. Dari grup kami, saya tahu persis berapa kali terjadi pemadaman Listrik. PLN juga tidak ada Jalan lain, selain menunggu Gardu Induk Jalur Premium,” jelasnya.

Ustayadi mengimbau jika ada Masyarakat yang Air nya tidak mengalir, terus membayar terlalu tinggi sampaikan secara langsung ke pihaknya (PDAM,Red).

“Sampaikan ke kami kemudian kita tindak lanjuti dan buktikan di Lapangan. Sehingga sistem pembayarannya tidak seperti itu,” sebutnya.

Ditambahkan oleh Ustayadi, Masyarakat perlu tahu jika terjadi pemadaman Listrik, butuh waktu beberapa hari untuk Pompa mengisi kembali Air di dalam pipa untuk ke Kuala Tungkal. Sementara Air di dalam pipa yang sudah habis digunakan Masyarakat.(Bas)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Technician Education Can Fuel Financial Success

Ekonomi

No Arms, No Legs, No Worries

Finansial

Cek Pilihan Produk Lokal Rasa Internasional

Finansial

Pengusaha Rumah Makan Pertahankan Harga Nasi Lauk Ayam Demi Pelanggan

Energi

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Finansial

Mengenal Lebih Jauh Asuransi Perjalanan dan Jenis-jenisnya

Energi

Entrepreneurs Embrace In-House Fitness

Finansial

HUT KE 59, Al Haris Berharap Bank Jambi Terus Meningkat dan Menjadi Sahabat Masyarakat Jambi