indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Seminar Pelayanan Publik, Diharapkan Menunjang Kegiatan Kemasyarakatan Kebakaran di Kampung Nelayan 4 Rumah Ludes 2 Rusak Berat BREAKING NEWS : Musibah Kebakaran Landa Parit 4 Kampung Nelayan Tanjab Barat Kapenrem 042 Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD 2022 Kondisi Listrik Tanjab Barat Byarpet, Massa Unjuk Rasa ke Kantor PLN Tungkal

Home / Nasional

Sabtu, 14 Mei 2022 - 11:39 WIB

34 DPD dan 78 OKP Berikan Dukungan Haris Pertama Kembali Pimpin KNPI

34 DPD dan 78 OKP Berikan Dukungan Haris Pertama Kembali Pimpin KNPI. FOTO : Ist/rmoldkijakarta

34 DPD dan 78 OKP Berikan Dukungan Haris Pertama Kembali Pimpin KNPI. FOTO : Ist/rmoldkijakarta

JAKARTA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan menggelar kongres XVI di Maluku Utara pada 15-22 Mei 2022. Bertepatan dengan momentum kebangkitan nasional ini, seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) akan memilih ketua umum KNPI untuk periode selanjutnya.

Ketua Pokja Kandidat Kongres XVI KNPI, Raden Umar mengatakan, pihaknya telah melakukan penjaringan kandidat calon ketua umum KNPI sejak mendapat Surat Keputusan Pembentukan Steering Committee (SC) Kongres XVI pada Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) DPP Knp beberapa waktu lalu.

“Hingga saat ini, belum ada satu pun kandidat calon ketua umum KNPI yang mendaftarkan diri. Namun, ada surat dukungan secara tertulis dari 34 DPD KNPI dan 78 OKP untuk mengusung kembali Haris Pertama agar melanjutkan kembali kepemimpinannya sebagai Ketua Umum KNPI,” kata Raden Umar kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (13/5).

Dengan adanya dukungan dari seluruh DPD KNPI tersebut, kata Umar, kandidat calon ketua umum KNPI diprediksi menjadi tunggal. Sebab, ketua DPD KNPI se-Indonesia telah berkumpul dan memberikan dukungan penuh untuk Haris Pertama.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Musibah Kebakaran Landa Parit 4 Kampung Nelayan Tanjab Barat

“Sejak mendapatkan SK, sebenarnya kami sudah membuat kriteria calon kandidat ketua umum KNPI. Salah satu kriterianya, setiap kandidat calon ketua umum harus mendapat dukungan minimal dari 10 DPD dan 10 OKP dengan sebaran dukungan dari tiga wilayah Indonesia, yakni Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Namun, ternyata seluruh DPD ingin mengusung kembali Bung Haris Pertama,” kata Umar.

Di tempat yang sama, Ketua Steering Committee Kongres XVI KNPI, Choir Syariffudin mengungkapkan, persiapan Kongres XVI KNPI sudah mencapai 80 persen.

Saat ini, sambungnya, seluruh pimpinan dan peserta KNPI telah berkumpul di Jakarta untuk terbang ke Maluku Utara bersama-sama dalam menghadiri Kongres XVI KNPI tersebut.

“Di sini sudah kumpul sejumlah pimpinan DPD KNPI dari berbagai wilayah. Nanti malam, kami akan terbang bersama-sama bung Haris Pertama ke Maluku Utara untuk menghadiri kongres XVI,” kata Choir.

Choir menuturkan, ada 154 OKP yang menjadi anggota KNPI sesuai hasil kongres sebelumnya di Bogor. Namun, pihaknya akan melakukan verifikasi kembali untuk menyaring OKP-OKP itu dalam mendapatkan hak suara saat Kongres XVI KNPI nanti.

BACA JUGA :  Kapenrem 042 Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD 2022

“Tidak semua OKP yang terhimpun bisa masuk sebagai peserta penuh yang memiliki hak suara. Ada beberapa persyataran yang harus terpenuhi, salah satunya keberadaan OKP itu minimal 50 persen plus satu OKP tingkatan provinsi. Ada syarat lain, yakni sekretariat, periodesasi kepengurusan, dan lainnya,” kata Choir.

Rencananya, menurut Choir, Kongres XVI KNPI akan dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bahkan, sejumlah tokoh nasional pun akan menghadiri Kongres XVI KNPI ini, seperti Akbar Tanjung, Adhyaksa Dault dan lainnya yang akan berdiskusi soal kebangsaan.

“Kongres ini bertema ‘Sinergi Pemuda, Indonesia Bangkit’. Sehingga, kongres ini tidak hanya membicarakan siapa yang menjadi ketua umum tapi juga hal-hal krusial lainnya. Kongres ini dikemas sebagai pesta rakyat, akan ada hiburan bersama artis ibu kota dan artis lokal. Ini momentum untuk menyolidkan pemuda Indonesia,” demikian Choir.

Artikel ini telah tayang di rmoldkijakarta.id dengan judul : 34 DPD KNPI dan 78 OKP Percayakan Haris Pertama Kembali Pimpin KNPI.

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Amir Sakib Hadiri Silaturahmi LSM Rikolto Belgia Di Rumah Dinas Gubernur Jambi

Nasional

Tren Elektabilitas 3 Parpol di Survei Charta Politika Maret-Novemebr 2021

Kriminal

Kasus Kekerasan Wali Murid Terhadap Kepsek SMAN 10 Tanjabbar, Mendapat Respon Menkopolhukam

Nasional

Lukman Hakim: Menunda Pemilu Itu Jauh Lebih Mengganggu Indonesia

Nasional

Wadul, Kepala BKN  Bilang Mungkin Saja 10 Tahun ke Depan PNS Tak Lagi Dibutuhkan

Nasional

Imbas Corona, Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Ikut Ditunda

Nasional

Pelepasan Jenazah Pratu Baraza Prajurit TNI yang Gugur di Papua ke Jambi

Nasional

Menteri Pertahanan dan Kasad Beri Pembekalan Ilmu Pada Taruna dan Taruni Akmil