YTUBE
Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Jambi Launching ‘NasDem Memanggil’ Polsek Bangko Amankan Pelaku Pencurian Sepeda BMX Clarion Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja

Home / Kota Jambi

Sabtu, 13 November 2021 - 08:01 WIB

6 Besar Inovasi STBM, Kota Jambi Tereima Penghargaan dari Menkes

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

KOTA JAMBI – Pemerintah Kota Jambi berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Raihan tersebut merupakan buah dari inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Hal ini terjadi, karena sebagai kota besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

BACA JUGA :  Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

BACA JUGA :  Arah Baru, PKS Dukung Usul Demokrat Bentuk Sekber Koalisi Pendukung Anies

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy. Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Family Gathering Humas Polda Jambi dengan Awak Media

Kota Jambi

Wakil Wali Kota Jambi Buka Training CenterTerpadu Kafilah MTQ Kota Jambi

Kota Jambi

Terkait Penerapan Tilang e-TLE dan Manual, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Jambi

Kota Jambi

Warga Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi Keluhkan Jalan Hancur

Kota Jambi

Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi

Kota Jambi

Korem 042/Gapu Terima Kunjungan Edukasi Dari Siswi SMA IT Nurul Ilmi Jambi

Kota Jambi

Salut! Kapolsek Jelutung Ini Rela Sedot Tangki Motornya Demi Menolong Seorang Ibu Kehabisan Bensin

Kota Jambi

Kren, Kota Jambi Kini Miliki Lintasan Pesepeda