Belajar Tak Lagi Menyeramkan di Masa Pandemi, Siswa di Jambi Belajar Jadi Graham Bell

  • Whatsapp
FOTO : Guru SDN 131 Kota Jambi yang Mengajak Siswanya Membuat Telefon-Telefonan dari Alat dan Bahan yang Mudah di Dapat Selama Belajar dari Rumah, Sabtu (22/08/20)

KOTA JAMBI – Selama belajar dari rumah, guru harus menyajikan pembelajaran yang menarik, kreatif, literatif dan bermanfaat. Salah satunya dilakukan oleh Sri Wartini, guru SDN 131 Kota Jambi yang mengajak siswanya membuat telefon-telefonan dari alat dan bahan yang mudah di dapat selama belajar dari rumah.

“Idenya sederhana, bagaimana agar siswa betah belajar, selain itu PJJ yang diterapkan harus menerapkan pendekatan belajar aktif, salah satunya MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) yang saya dapatkan dari pelatihan Program PINTAR Tanoto Foundation,” ujarnya.

Berita Lainnya

Buat Telepon Sederhana

Sri menyapa siswa terlebih dahulu melalui grup kelas di WhatsApp, dan mengecek kesiapan belajar peserta didik melalui absen online. Kemudian saya menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yaitu “siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap, dan siswa menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis”.

“Anak-anak, siapa penemu telepon pertama kali,” tanyanya, Sabtu, (22/08/20).

“Alexander Graham Bell, Bu,” ujar Ahmad Zaky Andhisa.

Setelah itu, Sri membagikan video tutorial tentang percobaan membuat telepon sederhana dari gelas plastik. Saya meminta siswa menyimak video tutorial tersebut dengan bimbingan orangtua di rumah (mengalami).

Berita terkait