YTUBE
75 Juta Uang Warga Tebing Tinggi Raib, Aksi Pelaku Terekam CCTV Rumah Pengusahan Rumah Makan di Tehok Ludes Terbakar Kronologis Polisi Ringkus 5 Komplotan Penipuan Berkedok Kupon Berhadiah Mobil dalam Kemasan Tepung AHY : Kader Demokrat Jangan Takut Bersuara Perjuangkan Aspirasi Rakyat Polsek Tungkal Uli Tangkap 5 Pelaku Penipuan Kupon Berhadiah Mobil Toyota Raize di Kota Jambi

Home / Provinsi Jambi

Jumat, 11 Maret 2022 - 17:57 WIB

BPTD V Jambi Akan Lakukan Penindakan Hukum Terhadap ODOL dan Karoseri Ilegal

BAHAR, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Jambi

BAHAR, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Jambi

JAMBI – Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Jambi, Bahar mengatakan pihaknya bersama kepolisian, kejaksaan, dan Dinas Perhubugan akan melakukan penertiban dan penindakan terhadap angkutan barang over dimensi dan over loading (ODOL).

Dikatakan Bahar, salah satu fokus dari penindakan tersebut adalah karoseri atau bengkel yang membuat bak kendaraan melebihi kapasitas.

“Kita akan menitik beratkan penegakan hukum ini pada karoseri atau bengkel ilegal, karena ini merupakan hulu biang ODOL yang ada di Provinsi Jambi dan daerah lainnya,” kata Bahar usai Rapat Koordinasi menuju Indonesia Zero ODOL 2023, Jumat (11/3/22).

“Untuk karoseri atau bengkel ilegal akan kita sisir dan lakukan kegiatan Gakkum bersama stakeholder terkait,” ujar Bahar menambahkan.

Dikatakannya lagi, nantinya juga akan dilakukan sosialidasi dan edukasi kepada pemilik bengkel yang membuat bak kendaraan. Apabila nantinya masih ada yang melakukan pembuatan bak muatan yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

BACA JUGA :  Dirgahayu TNI Ke 77, Korem 042 Gapu Gelar Upacara Dipimpin Langsung Gubernur Jambi

“Kegiatan merakit dan membuat bak muatan yang tidak sesuai dengan peruntukannya akan dipidana kurungan 1 tahun dan denda 24 juta rupiah,” tegasnya.

Lebih lanjut Bahar mengatakan, pihaknya juga akan melakukan penegakan hukum terhadap jembatan timbang yang berada di wilayah kerja BPTD V Jambi.

“Tindakan gakkum akan terus dilakukan selama 24 jam, dalam pencanangan Sero ODOL 2023 kita senantiasa khususnya di BPTD V Jambi melakukan tindakan gakkum di jembatan timbang yang ada di Merlung, Sarolangun, dan lainnya,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi. Dikatakan Dhafi, pihaknya akan menindak tegas pengusaha yang masih ‘nakal’ menggunakan atau menyediakan spesifikasi kendaraan overdimension overload atau ODOL dalam melakukan pengiriman barang melalui jalur darat.

“Ada pidananya. Diperkuat juga dengan aturan dari Kementerian Perhubungan,” kata Dhafi, Jumat (11/3).

BACA JUGA :  Pesan Panglima TNI Andika Perkasa kepada Prajurit di Jambi Saat HUT Ke-77

Ditambahkan Dhafi, kendaraan over dimensi menjadi salah satu penyebab tertinggi kecelakaan. Untuk itu, Dhafi mengimbau para pengusaha untuk tidak menggunakan kendaraan ODOL.

“Pengusaha kita minta untuk sadar hukum, tidak menambahkan dimensi kendaraan mereka guna menghindari kecelakaan,” kata Dhafi.

Lebih lanjut, Dhafi mengatakan pihaknya juga tidak akan memberikan kemudahan terhadap kendaraan ODOL. Dhafi memastikan setiap pengendara kendaraan ODOL yang ditindak harus mengikuti proses sidang, tidak gana sekedar membayar denda tilang.

“Kami pastikan harus mengikuti proses sidang, dan kendaraan mereka kita tahan. Jadi bukan hanya sekeda membayar tilang online, lalu kendaraan mereka bisa jalan lagi,” tegas Dhafi.

Ditambahkan Dhafi, penindakan terhadap ODOL harus dilakukan terus menerus, tidak hanya dalam kurun waktu tertun saja. “Setiap hari harus ada penindakan terhadap ODOL,” kata Dhafi.(Dhea)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

BNN Jambi Tangkap 7 Kurir Narkoba di Tanjabbar, 2 Kg Sabu Disita

Provinsi Jambi

Pj Gubernur Tegaskan Jangan Ada Kerumunan Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari

Provinsi Jambi

Persit KCK Koorcab Rem 042 Do’a Bersama untuk Awak KRI Nanggala 402

Provinsi Jambi

Aksi Lanjutan, Mahasiswa Cipayung Plus Kembali Demo Kantor Gubernur di Malam Hari

Provinsi Jambi

Bupati Tanjabbar Ikuti Rapat Percepatan Penyelesaian Batas Daerah dengan Pj Gubernur

Provinsi Jambi

Ketua DPRD Provinsi Jambi Mendapat Gelar Adat Datuk Paduko Andiko Putro Jayo Siasa Alam

Berita

Gubernur Jambi Serahkan Bantuan JPS Covid-19 Tahap II di Sungai Bahar

Provinsi Jambi

Hanya Dua yang Daftar Kandidat Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2022-2027