LIVE TV
BOR di Kota Jambi Naik Hampir Capai 50 Persen KONI dan Pengurus Teakwondo Tanjab Timur Ucapkan Terima Kasih pada PetroChina Sekda Tanjabbar Minta Provinsi Terbitkan SOP Terkait Kewenangan Penanganan Covid-19 Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Tanjab Timur Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan

Home / Tanjab Barat / Betara

Selasa, 1 September 2020 - 11:13 WIB

Dandim 0419/Tanjab Ingatkan Warga Jangan Membuka Lahan Dengan Cara Membakar

FOTO : Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP saat Melakukan Pemadaman Kebakaran Perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

FOTO : Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP saat Melakukan Pemadaman Kebakaran Perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

BETARA – Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP mengingatkan, seluruh warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar saat kemarau dan pandemi COVID-19.

Sebab kata Dia, kebakaran tersebut dapat berakibat buruk bagi kita sendiri dan dapat merugikan makhluk hidup lain apalagi disaat Pandemi COVID-19 saat ini.

“Kita sudah memasuki musim kemarau. Warga yang ingin membuka lahan tidak boleh dengan cara membakar tetapi dengan cara dibabat saja. Resiko dengan cara membakar sangat besar,” papar Dandim saat melakukan pemadaman kebakaran perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

BACA JUGA :  Ketua TP-PKK Tanjab Timur Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Sadu dan Rantau Rasau

Menurut dia, dalam aturan sudah jelas bahwa pembakar hutan atau lahan bisa hukum pidana.

“Tidak ada lagi sekarang yang buka lahan itu dengan bakar-bakar. Aturan sudah jelas. Jadi saya minta kepada masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar,” ungkapnya.

Untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dirinya mengaku telah menginstruksikan seluruh Babinsa yang ada di desanya masing-masing agar terus melakukan sosialisasi kepada warga binaannya dengan cara mendatangi langsung di tempat-tempat masyarakat berkumpul.

BACA JUGA :  Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Bahkan kata dia anggota Babinsanya juga langsung turun melakukan patroli wilayah-wilayah yang rawan kebakaran bersama masyarakat setempat.

Ini ditegaskan Dandim sesaat setelah terjadinya kebakaran menghanguskan perkebunan sawit milik kelompok tani seluas kurang lebih 5 hektare di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo. Kebakaran itu terjadi pada Senin 31 Agustus 2020 siang.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Terima Audiensi Pimpinan Media Tribun Jambi

Tanjab Barat

2021, Ratusan PNS di Pemkab Tanjab Barat Masuk Masa Pensiun

Tanjab Barat

Pandemi Covid-19, Angka Perceraian di Tanjab Barat Meningkat

Tanjab Barat

Abdullah Resmi Jabat Ketua DPRD Tanjab Barat

Tanjab Barat

Al Haris-Sani Tunjuk Nova Anggun Sari Jadi Ketua Tim Pemenangan di Tanjab Barat

Betara

Purwodadi Juara Liga Desa Nusantara 2019 Seri Tanjab Barat

Tanjab Barat

Wabup Hairan Tinjau 2 Lokasi Pembangunan Jembatan di Renah Mendaluh

Tanjab Barat

BREAKING NEWS ; Pemuda di Kuala Tungkal Ditemukan Gantung Diri