LIVE
Resmikan Lapangan Tenis Pelindo II Telainai Pura, Al Haris Berharap Tumbuh Generasi Muda Petenis Jambi Bupati dan Ketua DPRD Merangin Bantu Warga Korban Kebakaran Hairan, Pemkab Targetkan 40 Hingga 50 % Masyarakat Sudah Divaksin Sebelum Pelaksanaan MTQ Diduga Keracunan di Tangki Bensin, 2 Orang Pria di Kuala Tungkal Meninggal Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok

Home / Tanjab Barat / Betara

Selasa, 1 September 2020 - 11:13 WIB

Dandim 0419/Tanjab Ingatkan Warga Jangan Membuka Lahan Dengan Cara Membakar

FOTO : Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP saat Melakukan Pemadaman Kebakaran Perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

FOTO : Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP saat Melakukan Pemadaman Kebakaran Perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

BETARA – Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol. Inf. Erwan Susanto, S.IP mengingatkan, seluruh warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar saat kemarau dan pandemi COVID-19.

Sebab kata Dia, kebakaran tersebut dapat berakibat buruk bagi kita sendiri dan dapat merugikan makhluk hidup lain apalagi disaat Pandemi COVID-19 saat ini.

“Kita sudah memasuki musim kemarau. Warga yang ingin membuka lahan tidak boleh dengan cara membakar tetapi dengan cara dibabat saja. Resiko dengan cara membakar sangat besar,” papar Dandim saat melakukan pemadaman kebakaran perekbunan di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Senin (31/08/20).

BACA JUGA :  BREKING NEWS : Diduga Korsleting Listrik Satu Rumah Ludes Terbakar

Menurut dia, dalam aturan sudah jelas bahwa pembakar hutan atau lahan bisa hukum pidana.

“Tidak ada lagi sekarang yang buka lahan itu dengan bakar-bakar. Aturan sudah jelas. Jadi saya minta kepada masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Polres Tabjabbar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan MTQ

Untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dirinya mengaku telah menginstruksikan seluruh Babinsa yang ada di desanya masing-masing agar terus melakukan sosialisasi kepada warga binaannya dengan cara mendatangi langsung di tempat-tempat masyarakat berkumpul.

BACA JUGA :  Bupati dan Ketua DPRD Merangin Bantu Warga Korban Kebakaran

Bahkan kata dia anggota Babinsanya juga langsung turun melakukan patroli wilayah-wilayah yang rawan kebakaran bersama masyarakat setempat.

Ini ditegaskan Dandim sesaat setelah terjadinya kebakaran menghanguskan perkebunan sawit milik kelompok tani seluas kurang lebih 5 hektare di Dusun Karya Lestari, Desa Muntialo. Kebakaran itu terjadi pada Senin 31 Agustus 2020 siang.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Ini 15 Finalis Lomba Menjahit Masker Merah Putih Polres Tanjab Barat

Tanjab Barat

SKK Migas-PetroChina Beri Bantuan Penanggulangan Covid-19 kepada Pemkab Tanjung Jabung Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Lantik Pejabat Eselon III dan Empat, Ini Nama-Namanya

Tanjab Barat

Dirazia, Warga Binaan Lapas Kelas II B Kuala Tungkal Kedapatan Simpan HP dan Sajam

Tanjab Barat

Danrem 042 Gapu Ikut Serta Tanam Pohon Peringati Hari Air Sedunia ke-29 di Tanjab Barat

Tanjab Barat

PTM Mulai Digelar, Materai 10.000 di Tanjabbar Ikut Laris Manis

Tanjab Barat

Pisah Sambut, Bupati Tanjabbar : Terima Kasih Kapolres Lama, Selamat Datang Kapolres Baru

Tanjab Barat

Ini Pengakuan SH Terkait Pembakaran Lahan Untuk Sawah