LIVE
Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal TNI Korem 042/Gapun Pangdam II/Sriwijaya dan Gubernur Resmikan Gedung Panti Asuhan Bhadar Gapu Terkait Budi Azwar, Ini Kata Ketua DPD II Partai Golkar Tanjab Barat BREAKING NEWS : Pengetatan Jelang MTQ Seluruh Penumpang di Pelabuhan Roro Diperiksa Sebanyak 16 Pejabat Eselon II Dilantik, Ini Daftarnya

Home / Teknologi

Sabtu, 17 April 2021 - 16:55 WIB

Data Scientist: Prospek Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Ilsutrasi

Ilsutrasi

Seiring perkembangan teknologi, Data Scientist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari di industri teknologi. Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang Data Scientist di sini!

Perkembangan teknologi membuat perusahaan berbasis teknologi semakin meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, prospek karier Data Scientist kini banyak dicari oleh industri teknologi. Pada tahun 2021, Harvard Business Review juga telah menyebut bahwa profesi Data Scientist akan menjadi prospek kerja yang menjanjikan di abad ke-21.

Berdasarkan sebuah penelitian, pada tahun 2018, jumlah data di dunia mencapai 33 zettabytes dan diproyeksikan akan meningkat 133 zettabytes pada 2025. Dengan Data Scientist, kamu bisa mengumpulkan dan mempelajari pola perilaku pelanggan sebuah perusahaan. Hal itu membuat kamu bisa meningkatkan kualitas produk berdasarkan data yang diperoleh atau bahkan membuat sebuah inovasi bisnis.

BACA JUGA :  Bupati : Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Bermula dari RT

Data Scientist memiliki kemampuan mengolah banyak data dalam satu waktu. Dengan kata lain, Data Scientist mampu mengolah data dalam ukuran besar dalam sehari. Tak hanya itu, Data Scientist juga dituntut dapat mengkomunikasikan hasil olahan data dengan kreatif.

BACA JUGA :  Sebanyak 16 Pejabat Eselon II Dilantik, Ini Daftarnya

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu perlu menguasai sejumlah disiplin ilmu, seperti Ilmu Statistik, Pemrograman, dan bidang lainnya tergantung pada bidang perusahaan. Kamu penasaran seperti apa profesi Data Scientist? Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains dan teknologi yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), merangkumnya dalam ulasan berikut.

1. Upah Data Scientist Tinggi

BACA JUGA :  Pegawai PT Kimia Farma Ditangkap Densus 88

Data kini menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Sulitnya mendapat Data Scientist di Indonesia membuat profesi ini banyak diminati oleh perusahaan. Data Scientist junior di Indonesia mendapatkan gaji sekitar 7-10 juta. Sementara itu, untuk pakar Data Scientist di Indonesia mendapatkan gaji di atas 10 juta.

Upah tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Sekitar 12% pemangku kepentingan di sebuah perusahaan belum paham cara menganalisis big data. Sementara, 10% perusahaan kekurangan Data Scientist.

Share :

Baca Juga

Teknologi

5 Penerapan Teknologi AI yang Memudahkan Aktivitas Manusia

Teknologi

Siaran TV Analog Bakal Dihentikan di 5 Daerah Ini, Salah Satunya Riau

Pendidikan

Yok Ikuti, Tanoto Foundation Gelar Webinar Manajemen Pembelajaran Daring untuk Sekolah Pedesaan

Teknologi

UI Kembangkan Alat Purifikasi Udara Plasma ‘PUVICON’ untuk Lawan Covid-19

Teknologi

Tak Perlu Ganti Kartu SIM Untuk Pakai Jaringan 5G Telkomsel

Teknologi

Tak Setuju Kebijakan Baru WhatsApp, 11 Fiturnya Bakal Tak Berfungsi Lagi

Teknologi

Berikut Link Twibbon Ucapan Idul Fitri 2021 dan Cara Buatnya

Teknologi

Haruskah Tinggalkan WhatsApp, Beralih ke Telegram atau Signal?