YTUBE
Buntut Kasus Kematian Brigadir J, 83 Polisi Diperiksa Terkait 35 Direkom Patsus Respon Arahan Kapolri, Polda Jambi Berantas Semua Perjudian Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi dalam Karya “If You Could See Me Now” Pembinaan Karakter, Siswa Muslim dan Non Muslim di SMPN 2 Dapat Perlakuan Sama Garuda Putih FC Rebut Juara III Turnamen Sepakbola Antar Instansi HUT RI ke-77

Home / Tanjab Barat

Kamis, 16 Juni 2022 - 07:09 WIB

DLH dan Masyarakat Akan Kembalikan Fungsi Anak Sungai Parit 2 yang Mendangkal

Petugas Dinas Lingkungan Hidup saat membersihkan Anak Sungai di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi secara bertahap. FOTO : Doc DLH

Petugas Dinas Lingkungan Hidup saat membersihkan Anak Sungai di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi secara bertahap. FOTO : Doc DLH

KUALA TUNGKAL – Banyaknya Anak Sungai di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi yang mengalami pendangkalan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mengambil inisiatif melakukan pembersihan.

Seperti yang dilakukan terhadap Sungai Parit 2 (Dua) satu kali dalam satu Minggu, Anak Sungai ini dilakukan pembersihan oleh Petugas DLH dengan harapan fungsi Anak Sungai ini kedepannya berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kondisi sekarang ini Anak Sungai sudah mengalami pendangkalan. Maka dari itu Sampahnya dikeluarkan. Maunya kita setelah Sampah dikeluarkan Sungai didalami,” kata Suparjo Kepala DLH Tanjung Jabung Barat, Rabu (15/6/22).

Kedepan untuk mengembalikan fungsi Anak Sungai baik di Parit 2 dan Parit 3, Pihak DLH bersama Masyarakat berencana melakukan Gotong Royong Hari Jum’at Pekan depan.

BACA JUGA :  Bareskrim Polri Tetapkan Istri Irjen FS Putri Candrawati Sebagai Tersangka

“Rencananya dalam kegiatan Gotong Royong ini turut melibatkan Kelurahan Tungkal III, Forum RT dalam rangakaian Hari Lingkungan hidup,” sebutnya.

Mungkin untuk sasaran awal menyasar ke Sungai Parit 2 dan gotong royong yang dilakukan menyesuaikan dengan kondisi Pasang Surut Air Laut, guna mempermudah pengeluaran Sampah dari Sungai yang menjadi sasaran kegiatan.

“Tujuannya tidak lain menjadikan Sungai sebagai Halaman etalase, Habitat kita hidup di Sungai dan Sungai berfungsi lagi untuk pelayaran. Seperti dulu Pompong bisa masuk melalui Anak – Anak Sungai,” kata Suparjo.

“Selain mengembalikan fungsi Sungai, rangakaian kegiatan gotong royong juga akan dilakukan penanaman bibit Pohon juga penebaran benih ikan dengan melibatkan pihak ketiga,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kasrem 042/Gapu Hadiri Peluncuran 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi Suparjo mengajak seluruh Masyarakat untuk turun bersama – sama membersihkan Anak Sungai demi kepentingan bersama.

Hal senada juga disampaikan Achmad Syafe’i Lurah Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang turut menghimbau kepada Masyarakat di Kelurahan Tungkal III Khususnya dapat bersama – sama ikut serta dalam kegiatan gotong – royong.

“Nanti dari Lurah, Forum RT akan ikut terlibat dalam kegiatan demi kepentingan kita bersama,” katanya singkat.(Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

PetroChina Gelar Sosialisasi Pengenalan Kegiatan Hulu Migas Bersama HMI Cabang Tanjabbar

Tanjab Barat

Kapolres dan Dandim Tanjab Cek Posko Satgas Karhutla di Betara

Tanjab Barat

Desa Tanjung Paku Kebanjiran, 36 KK Terdampak Akses ke Desa Lumpuh Total

Tanjab Barat

Penyambutan Kedatangan 136 Jamaah Haji Tanjabbar Diiringi Isak Tagis Keluarga

Tanjab Barat

Imigrasi Kuala Tungkal Deportasi WN Malaysia yang Overstay Sejak 2020

Tanjab Barat

DPO Curanmor Polres Indragiri Hulu Ditangkup di Kuala Tungkal

Tanjab Barat

5 Orang Terjaring Razia Satpol PP Sedang Ngelem dan Minum Tuak, 1 Diantaranya Sedang Hamil

Tanjab Barat

Kejari Tanjab Barat Salurkan Bansos HUT RI ke 76 Kajati Jambi di Kuala Tungkal