LIVE TV
Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan TMMD 110 Kodim 0415/Bth di Muaro Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Bupati Anwar Sadat :  PKK dan Dekranasda Momentum Proses Pembangunan Kabupaten Tanjab Barat Diduga Sakit Warga Betara Ditemukan Meninggal di Kebun Kapolres Tanjab Barat Berikan Penghargaan Kepada Puluhan Personel Berprestasi

Home / Provinsi Jambi

Senin, 14 Desember 2020 - 12:06 WIB

Fachrori Teken MoU dengan BPKP Provinsi Jambi

FOTO : Gubernur Jambi, Fachori Umar menandatangani MoU dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi, tentang Pelaksanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kamis (10/12/20).

FOTO : Gubernur Jambi, Fachori Umar menandatangani MoU dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi, tentang Pelaksanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kamis (10/12/20).

JAMBI – Gubernur Jambi, Fachori Umar menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) Pemerintah Provinsi Jambi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi, yakni dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi, tentang Pelaksanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kamis (10/12/20).

Penandatanganan berlangsung di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi hadir Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman SH,MH dan jajaran pejabat BPKP Provinsi Jambi. Tujuan kerja sama ini adalah untuk memperkuat sinergitas kerja penyelenggaraan pemerintah daerah guna terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang kapabel.

BACA JUGA :  Polres Tanjabbar Bentuk Team Pokja Zona Integrasi Menuju WBBM

Ruang lingkup kerja sama ini adalah pertama, pelaksanaan supervisi kegiatan pengawasan di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, kedua, peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan pengawalan tata kelola keuangan dan pembangunan daerah.

BACA JUGA :  Bangkitkan UMKM, Bupati Anwar Sadat Berdayakan ASN Pakai Batik Tungkal

Dalam nota kesepahaman ini, pelaksanaan supervisi kegiatan pengawasan, kedua belah pihak melakukan koordinasi dalam rangka pelaksanaan supervisi kegiatan pengawasan atas indikasi penyalahgunaan wewenang dan atau kerugian negara/daerah yang dilakukan oleh kepala perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota. Supervisi dilakukan dalam bentuk peer review, coaching clinic, dan kegiatan supervisi lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Dalam peningkatan kapabilitas APIP, para pihak bekerja sama dalam rangka meningkatkan kapabilitas APIP daerah Provinsi Jambi dan Kabupaten /Kota se Provinsi Jambi. Pihak pertama (Pemerintah Provinsi Jambi) dalam meningkatkan kapabilitas APIP Daerah Provinsi Jambi menetapkan kapabilitas APIP level 3 sebagai salah satu indikator kinerja utama pemerintah daerah, mengawasi, mereviu, dan mendorong kinerja APIP dengan melakukan pemantauan atas tindak lanjut rencana aksi peningkatan kapabilitas APIP melalui Sekretaris Daerah dan jajaran Tim Pengawasan.(MHS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Danrem 042 Gapu Pimpin Upacara Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020

Provinsi Jambi

Hari Batik Nasional, Persit KCK Koorcab Rem 042 Gelar Lomba Membatik Secara Virtual

Provinsi Jambi

Fachrori Bagikan Bantuan 500 Paket Sembako dari Pusat Koperasi Unit Desa

Advetorial

Fachrori Berikan Penghargaan dan Tali Kasih pada Veteran dan Pejuang Jambi

Provinsi Jambi

Kaserm 042 Gapu, Tanjabbar Bakal Terima APD Bantuan Pemerintah Pusat

Provinsi Jambi

Pemrov Jambi dan Telkomsel Luncurkan Program Merdeka Belajar Jarak Jauh

Provinsi Jambi

H. Pahrizal Dilantik Jadi Kepala Kemenag Kerinci, H. Rusli Sebagai Penghulu Ahli Madya

Provinsi Jambi

Jelang Idul Adha, Gubernur dan Kapolda Jambi Sidak Pasar