indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kasrem 042/Gapu Hadiri Simulasi Sispamkota Kajari Tanjab Barat Pimpin Sertijab Kasi Intel TNI Bersama Warga Bahu Membahu Perbaiki Jembatan yang Rusak 12 Orang Kepala Desa se Kecamatan Muaro Sebo Dikukuhkan Sebagai Pemangku Adat Penyuluhan Wasbang Membina Komponen Masyarakat Cinta Tanah Air

Home / Kota Jambi

Rabu, 5 Januari 2022 - 16:55 WIB

Gubernur Jambi Buka Secara Resmi Lomba Lukis Sungai Batanghari

Al Haris Buka Saat Meresmikan Pembukaan Lomba Lukis Sungai Batanghari di kawasan Pasar Angso Duo, Rabu (05/01/22). FOTO : Noval

Al Haris Buka Saat Meresmikan Pembukaan Lomba Lukis Sungai Batanghari di kawasan Pasar Angso Duo, Rabu (05/01/22). FOTO : Noval

JAMBI – Gubernur Jambi Al Haris menyatakan, lomba lukis Sungai Batanghari merupakan salah satu momentum untuk memperkenalkan dan menanamkan rasa kepedulian terhadap sungai kebanggaan masyarakat Jambi kepada para generasi muda Jambi.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris saat meresmikan secara langsung Lomba Lukis Sungai Batanghari, yang berlangsung di kawasan Pasar Angso Duo, Rabu (05/01/22).

Pihak penyelenggara lomba lukis ini adalah Yayasan Sahabat Sungai Batanghari yang didirikan oleh Hasan Basri Agus (HBA) dan diketuai oleh Pinto Jaya Negara Abidin.

“Saya mengharapkan, ajang lomba ini dapat menunjukkan kreativitas dan melatih ketekunan anak-anak serta menanamkan rasa kepedulian generasi muda terhadap sungai kebanggaan masyarakat Jambi. Tak hanya sebagai ikon wisata, namun yang paling penting adalah sungai merupakan pemberi kehidupan yang sangat berperan dalam kehidupan dan keberlanjutan makhluk hidup di bumi,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, Sungai Batanghari merupakan sungai kebanggaan masyarakat Jambi yang mengalir sepanjang lebih kurang 800 Kilometer dan melalui wilayah Provinsi Jambi berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala menuju ke Laut Cina Selatan.

BACA JUGA :  21 Instansi di Kota Jambi Beri Layanan Terpusat di Mall Pelayanan Publik

“Sungai Batanghari menjadi saksi bisu kejayaan peradaban masa lalu kerajaan Melayu dan merupakan Daerah Aliran Sungai terbesar kedua di Indonesia yang mencakup 4 (empat) Provinsi, yaitu sebagian besar wilayah Provinsi Jambi, sebagian lain wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Riau,” tutur Al Haris.

Al Haris mengungkapkan, Sungai Batanghari merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat Jambi, sehingga seluruh masyarakat Jambi wajib menjaga dan melestarikan Sungai Batanghari serta menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat.

“Kepedulian kita semua akan menjadi penentu masa depan Sungai Batanghari agar tetap berfungsi secara sosial, budaya, dan ekonomi. Menjaga dan melestarikan Sungai Batanghari bisa dimulai dari hal-hal sederhana, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, salah satu cara yang paling sederhana menjaga sungai agar tetap bersih adalah tidak membuang sampah ke dalam sungai,” ungkap Al Haris.

BACA JUGA :  Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi Bidang Perlawanan Wilayah Tahun 2022

Al Haris juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Jambi untuk senantiasa menjaga Sungai Batanghari dengan tidak membuang sampah ke dalam sungai, karena itu merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga kualitas air sungai agar tetap bersih sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi air sungai, serta menjaga kelangsungan kehidupan habitat yang ada.

Ketua Pelaksana Lomba, Sigit Eko, melaporkan peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 200 orang siswa dari Sekolah Dasar (SD) se Provinsi Jambi dengan tujuan dalam rangka memeriahkan Hari Ulah Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi serta memberikan edukasi kepada generasi muda untuk memiliki rasa kepedulian dalam melestarikan Sungai Batanghari.(Val)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Korem 042 Gapu Siapkan 20 Prajurit Terbaik dan Pilihan Sebagai Satgas Apter

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Tinjau Beberapa Lokasi Terdampak Banjir

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Sidak Pelaksanaan Relaksasi Bidang Pendidikan Hari Pertama Tahun Ajaran Baru

Kota Jambi

Baznas Kota Jambi Salurkan Bantuan kepada 700 Anak Yatim dan Duafa

Kota Jambi

Ny Dewi Zulkifli Ingatkan Anggota Tentang Atribut Pakaian Persit

Kota Jambi

Tinjau RSUD Raden Mattaher, Danrem 042 Gapu Ajak Sinergi Semua Elemen Percepat Penanganan Covid-19

Kota Jambi

Fasha Minta ASN Tingkatkan Integritas dan Tanggungjawab

Kota Jambi

Minimalisir Sebaran COVID-19, Danrem Gapu : Perlu Tekankan Tiga Hal Ini