indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam Kemenag Bantu Pembangunan Masjid dan Mushala Melalui SIMAS, Ini Syaratnya Bupati Muaro Jambi Pengukuhan Adat 8 Kepala Desa se Kecamatan Sungai Gelam Gudang Pengolahan Sabut Kelapa Bahan Industri Kerajinan Desa Karya Maju Terbakar UMi Bantu Akses Pembiayaan Kelompok Rentang di Balik Usaha Mikro

Home / Tanjab Barat

Minggu, 13 Maret 2022 - 18:00 WIB

Minim Spot Latihan, FAJI Jelajahi Dua Sungai di Desa Muara Danau

Ryono Kabid Wisata Dan Konservasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat saat survey di Sungai Alo. FOTO : FAJI Tanjab Barat

Ryono Kabid Wisata Dan Konservasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat saat survey di Sungai Alo. FOTO : FAJI Tanjab Barat

RENAH MENDALUH – Masih minimnya lokasi latihan Olahraga Arung Jeram, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat, Jambi menjelajahi Dua Sungai yakni Sungai Alo dan Sungai Amparing di Desa Muara Danau Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjab Barat untuk dijadikan spot latihan.

Survey awal pemetaan Sungai berjeram ini dilakukan oleh Ketua Umum Mapala Pamsaka STAI An-Nadwah dan Anggota beserta Kelompok penggiat dan pencinta lingkungan.

“Tujuan survey yang kita lakukan mencari spot Sungai berjeram untuk lokasi latihan sekaligus pengembangan wisata arus deras,” ungkap M. Firdaus Ketua FAJI Tanjung Jabung Barat, Jambi kepada lintastungkal, Minggu (13/3/22).

Menurut Fidaus, Sungai Alo dan Sungai Amparing memiliki Air terjun yang cukup Eksotis. Hanya saja belum terkelola secara maksimal. Kelebaran Sungai Rata – Rata 8 Meter dengan kedalaman Rata – Rata 1 Meter.

BACA JUGA :  Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan di Lubuk Larangan

“Jadi dari survey awal, untuk dijadikan spot arung jeram perlu dilakukan normalisasi Sungai. Sehingga memiliki kelebaran dan kedalaman sesuai standar arung jeram,” sebutnya.

Ketua FAJI Tanjung Jabung Barat M. Firdaus menjelaskan, terkait keanggotaan karena baru terbentuk di awal Tahun 2022, FAJI saat ini masih menunggu proses registrasi keanggotaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tanjung Jabung Barat.

“Kalau untuk keanggotaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) sudah terdaftar resmi,” ujarnya.

Saat disinggung apa kendala yang dihadapi FAJI Tanjung Jabung Barat?, Firdaus menyebutkan, FAJI belum memiliki peralatan dan perlengkapan latihan seperti Perahu karet, Perahu kayak dan alat pendukung lainnya.

BACA JUGA :  Laka Maut Rengut Nyawa 2 Pengendara Sepeda Motor

“Saat ini masih meminjam perahu karet milik BASARNAS dengan pola Latihan Bersama. Direncanakan, jika telah memiliki perahu karet, utk latihan rutin akan dilaksanakan di sepanjang Tungkal Ancol Beach – WFC Kuala Tungkal,” jelas Muhammad Firdaus.

Dengan keanggotaan pengurus 17 Orang dan Atlet 10 Orang, FAJI Tanjung Jabung Barat berencana mengikuti kejuaraan di Pekan Olahraga Nasional di Sumatera Selatan.

“Jadwal sementara di Bulan Oktober – November 2022,” ujarnya.

Masih sehubungan dengan keanggotaan M Firdaus menambahkan, untuk perekrutan dilakukan melalui Anggota Klub seperti Mapala Pamsaka STAI, Sispala, Tim Reaksi Cepat BPBD, Tim Basarnas dan Tagana.(Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Pandemi Covid-19, Angka Perceraian di Tanjab Barat Meningkat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Aplikasi SILACAK Tracer Covid-19

Tanjab Barat

Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat, Sebanyak 3.626 Warga Wilayah Kodim Tanjab Tervaksinasi

Tanjab Barat

Korban Kebakaran di Senyerang Menerima Bantuan

Tanjab Barat

Pasar Kuliner Ramadhan dan Pasar Obral di Tanjab Barat Kembai Ditiadakan

Tanjab Barat

Sekda Tanjab Barat Belum Terima Surat Penunjukan Plh Bupati

Tanjab Barat

Hindari Kerumunan Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab, Polres Tanjabbar Fasilitasi Panitia Zoom Metting

Tanjab Barat

Yuli Wulandari, Putri Tanjab Barat Jadi Wasit Basket di PON Papua 2021