YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Tanjab Barat

Minggu, 13 Maret 2022 - 18:00 WIB

Minim Spot Latihan, FAJI Jelajahi Dua Sungai di Desa Muara Danau

Ryono Kabid Wisata Dan Konservasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat saat survey di Sungai Alo. FOTO : FAJI Tanjab Barat

Ryono Kabid Wisata Dan Konservasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat saat survey di Sungai Alo. FOTO : FAJI Tanjab Barat

RENAH MENDALUH – Masih minimnya lokasi latihan Olahraga Arung Jeram, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Tanjung Jabung Barat, Jambi menjelajahi Dua Sungai yakni Sungai Alo dan Sungai Amparing di Desa Muara Danau Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjab Barat untuk dijadikan spot latihan.

Survey awal pemetaan Sungai berjeram ini dilakukan oleh Ketua Umum Mapala Pamsaka STAI An-Nadwah dan Anggota beserta Kelompok penggiat dan pencinta lingkungan.

“Tujuan survey yang kita lakukan mencari spot Sungai berjeram untuk lokasi latihan sekaligus pengembangan wisata arus deras,” ungkap M. Firdaus Ketua FAJI Tanjung Jabung Barat, Jambi kepada lintastungkal, Minggu (13/3/22).

Menurut Fidaus, Sungai Alo dan Sungai Amparing memiliki Air terjun yang cukup Eksotis. Hanya saja belum terkelola secara maksimal. Kelebaran Sungai Rata – Rata 8 Meter dengan kedalaman Rata – Rata 1 Meter.

BACA JUGA :  BNNP Jambi Berikan Bimtek Lifeskill Untuk Kampung Nelayan BerSinar

“Jadi dari survey awal, untuk dijadikan spot arung jeram perlu dilakukan normalisasi Sungai. Sehingga memiliki kelebaran dan kedalaman sesuai standar arung jeram,” sebutnya.

Ketua FAJI Tanjung Jabung Barat M. Firdaus menjelaskan, terkait keanggotaan karena baru terbentuk di awal Tahun 2022, FAJI saat ini masih menunggu proses registrasi keanggotaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tanjung Jabung Barat.

“Kalau untuk keanggotaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) sudah terdaftar resmi,” ujarnya.

Saat disinggung apa kendala yang dihadapi FAJI Tanjung Jabung Barat?, Firdaus menyebutkan, FAJI belum memiliki peralatan dan perlengkapan latihan seperti Perahu karet, Perahu kayak dan alat pendukung lainnya.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Ucapkan Terima Kasih Partisipasi Peserta Aksi Donor Darah HUT TNI Ke 77

“Saat ini masih meminjam perahu karet milik BASARNAS dengan pola Latihan Bersama. Direncanakan, jika telah memiliki perahu karet, utk latihan rutin akan dilaksanakan di sepanjang Tungkal Ancol Beach – WFC Kuala Tungkal,” jelas Muhammad Firdaus.

Dengan keanggotaan pengurus 17 Orang dan Atlet 10 Orang, FAJI Tanjung Jabung Barat berencana mengikuti kejuaraan di Pekan Olahraga Nasional di Sumatera Selatan.

“Jadwal sementara di Bulan Oktober – November 2022,” ujarnya.

Masih sehubungan dengan keanggotaan M Firdaus menambahkan, untuk perekrutan dilakukan melalui Anggota Klub seperti Mapala Pamsaka STAI, Sispala, Tim Reaksi Cepat BPBD, Tim Basarnas dan Tagana.(Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan MTQ

Tanjab Barat

Besok, Abdullah Dilantik Jadi Ketua DPRD Tanjab Barat

Tanjab Barat

Hadapi Kegiatan Ramadhan, Tanjab Barat Targetkan Turun Level 2 

Tanjab Barat

Dua WBP Lapas Kuala Tungkal Menerima Remisi di Hari Raya Waisak

Tanjab Barat

CFD di Alun-Alun Kuala Tungkal Akan Dilakukan Rekayasa Lalulintas

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Terima Audiensi Pimpinan Media Tribun Jambi

Daerah

TPP di 20 OPD di Tanjabbar Jadi Temuan BPK

Tanjab Barat

HKG ke-50 Momentum Kader Evaluasi 10 Program Pokok PKK