indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Rumah Panggung di Tahtul Yaman Ludes Terbakar, Tetangga Sekitar Buyar Dua Kapolres di Jajaran Polda Jambi Diganti Kodim 0419/Tanjab Gandeng Pemda Hingga Perusahaan Sukseskan TMMD ke-113 Warga Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi Keluhkan Jalan Hancur Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga, Koperindag Tanjab Barat Sidak Minimarket

Home / Batanghari

Senin, 27 September 2021 - 18:46 WIB

Panen Raya Padi di Danau Embat, Wabup : Petani Jadi Prioritas Fadhil-Bakhtiar

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

BATANGHARI – Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar menghadiri sekaligus melakukan panen padi perdana komunitas padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21).

Pada kesempatan ini Wabup Batanghari mengatakan kalau Pemerintah Kabupaten Batanghari sudah merencanankan akan memprioritaskan sektor pertanian lebih baik lagi sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami sdah berusaha bersama-sama akan melakukan pembukaan lahan baru atau meningkatkan indeks tanaman di kabupaten Batanghari, dimana yang biasanya para petani menghasilkan sekali tanam dan sekali panen, maka kedepan kita akan usahakan para petani akan menjadi sebanyak dua kali tanam dan dua kali panen dalam satu tahunnya,” terangnya.

Lanjutnya, menyikapi keluhan para petani dalam permasalahan akses jalan usaha tani, Pemkab Batanghari akan berusaha meningkatkan pembangunan khusus jalan usaha tadi di setiap Desa dalam Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA :  Ketua dan Anggota DPRD Inhil Lakukan Vaksinasi Dosis ke Tiga

“Upaya kita menjadikan sektor pertanian sebagai sektor utama ekonomi di Kabupaten Batanghari akan didukung dengan beberapa program dan kegiatan, antara lain peningkatan SDM petani melalui pelatihan dan magang, pemberian bibit unggul, pendampingan usaha, pembangunan infrastruktur berupa saluran irigasi, jalan produksi dan jalan usaha tani dan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan para pihak (Stakeholder) seperti dengan pihak BMKG,” janjinya.

Kalau zaman dulu kata Bahtiar, seorang petani ingin melakukan kegiatan tanam padi mereka harus melihat bintang di langit.

“Tapi sekarang dengan adanya bantuan BMKG, para petani sudah bisa menentukan atau memprediksi waktu yang bagus atau baik untuk melaksanakan kegiatan tanam,” jelas Wabup.

BACA JUGA :  Rumah Panggung di Tahtul Yaman Ludes Terbakar, Tetangga Sekitar Buyar

Kemudian Wabup juga berharap, jika saat ini dan sebelumnya para petani padi hanya menghasilkan hasil panen padinya untuk kebutuhan pribadi, maka untuk kedepan pihak Pemkab ingin para petani juga menjadi pengusaha padi sukses dari hasil panennya.

“Kalu dulu hasil panen padi yang didapatkan petani saat panen hanya untuk kebutuhan bahan rumah tangga, kedepan kalau bisa hatapan saya hasil tani juga bisa digunakan oleh petani untuk bahan penjualan sebagai pendapatkan ekonomi Petani,” harap Wabup.

“Alhamdulillah sektor pertanian di Batanghari setiap tahunnya sangat baik, kondisi ini berkat sumbangsi sektor pertanian, yang menjadi penyumbang ketiga PDB Nasional (12,84 persen) setelah industri pengelolah (19,98 persen), dan perdaganggan besar dan eceran (13.37 persen),” sambungnya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Berbagi Kasih Ramadhan pada Warga Desa Terusan Muaro Sebo

Batanghari

Polres Batanghari Pres Rilis Akhir Tahun 2021

Batanghari

Jadi Korban Tabrak Lari, Prempuan Cantik Ini Meninggal Ditempat

Batanghari

Kapolres Batanghari Gelar Pres Rilis Akhir Tahun 2020

Batanghari

Kapolda Jambi Cek Kelayakan Jalur Khusus Untuk Truk Batu Bara dan CPO di Tempino

Batanghari

Bupati Batanghari Imbau Warga Tonton Kompetisi Liga 3 Lewat Streaming

Batanghari

Kapolda Jambi dan Bupati Batanghari Lakukan Cor Pertama Pembangunan Polres Batanghari

Covid-19

Sembuh, Satu Pasien Covid-19 Asal Batanghari Dibolehkan Pulang