LIVETV
Wabup Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Tanjab Barat 2021-2022 Gubernur Jambi Resmikan Dimulainya Pembangunan Kampus ITB-MS Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara Thomas 2020 Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar Sulit Dapatkan Solar, Sejumlah Nelayan di Kuala Tungkal Tak Bisa Melaut




Home / Batanghari

Senin, 27 September 2021 - 18:46 WIB

Panen Raya Padi di Danau Embat, Wabup : Petani Jadi Prioritas Fadhil-Bakhtiar

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

BATANGHARI – Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar menghadiri sekaligus melakukan panen padi perdana komunitas padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21).

Pada kesempatan ini Wabup Batanghari mengatakan kalau Pemerintah Kabupaten Batanghari sudah merencanankan akan memprioritaskan sektor pertanian lebih baik lagi sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami sdah berusaha bersama-sama akan melakukan pembukaan lahan baru atau meningkatkan indeks tanaman di kabupaten Batanghari, dimana yang biasanya para petani menghasilkan sekali tanam dan sekali panen, maka kedepan kita akan usahakan para petani akan menjadi sebanyak dua kali tanam dan dua kali panen dalam satu tahunnya,” terangnya.

BACA JUGA :  Forum Honorer Tanjab Barat Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Andalas

Lanjutnya, menyikapi keluhan para petani dalam permasalahan akses jalan usaha tani, Pemkab Batanghari akan berusaha meningkatkan pembangunan khusus jalan usaha tadi di setiap Desa dalam Kabupaten Batanghari.

“Upaya kita menjadikan sektor pertanian sebagai sektor utama ekonomi di Kabupaten Batanghari akan didukung dengan beberapa program dan kegiatan, antara lain peningkatan SDM petani melalui pelatihan dan magang, pemberian bibit unggul, pendampingan usaha, pembangunan infrastruktur berupa saluran irigasi, jalan produksi dan jalan usaha tani dan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan para pihak (Stakeholder) seperti dengan pihak BMKG,” janjinya.

BACA JUGA :  Gubernur Jambi Resmikan Dimulainya Pembangunan Kampus ITB-MS

Kalau zaman dulu kata Bahtiar, seorang petani ingin melakukan kegiatan tanam padi mereka harus melihat bintang di langit.

“Tapi sekarang dengan adanya bantuan BMKG, para petani sudah bisa menentukan atau memprediksi waktu yang bagus atau baik untuk melaksanakan kegiatan tanam,” jelas Wabup.

Kemudian Wabup juga berharap, jika saat ini dan sebelumnya para petani padi hanya menghasilkan hasil panen padinya untuk kebutuhan pribadi, maka untuk kedepan pihak Pemkab ingin para petani juga menjadi pengusaha padi sukses dari hasil panennya.

BACA JUGA :  Anggota FFI Sungai Penuh Hilang Tenggelam di Perairan Sungai Langkup

“Kalu dulu hasil panen padi yang didapatkan petani saat panen hanya untuk kebutuhan bahan rumah tangga, kedepan kalau bisa hatapan saya hasil tani juga bisa digunakan oleh petani untuk bahan penjualan sebagai pendapatkan ekonomi Petani,” harap Wabup.

“Alhamdulillah sektor pertanian di Batanghari setiap tahunnya sangat baik, kondisi ini berkat sumbangsi sektor pertanian, yang menjadi penyumbang ketiga PDB Nasional (12,84 persen) setelah industri pengelolah (19,98 persen), dan perdaganggan besar dan eceran (13.37 persen),” sambungnya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari Dapat Bantuan Ambulans dari SKK Migas

Daerah

Dandim 0415/Bth Serahkan Penghargaan Pangdam II Sriwijaya Kepada Wali Kota Jambi

Batanghari

Gubernur Al Haris Resmi Buka Kompetisi Liga 3 Provinsi Jambi 2021 di Muara Bulian

Batanghari

Tegakkan Protokol Kesehatan, Kodim 0415/Jambi Gelar Patroli Gabungan

Batanghari

Mulawarman Dilantik Jadi Penjabat Sekda Batanghari

Daerah

Meriahkan HUT RI ke-75, Forum BBDR Pupuk Nasionalisme Siswa Melalui Lomba Virtual

Covid-19

Hari Ini 3 Pasien Covid-19 di Jambi Dinyatakan Sembuh

Provinsi Jambi

Gubernur Salurkan JPS Covid-19 Tahap II untuk Masyarakat Batanghari