indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 76 Polda Jambi Gubernur Al Haris Hadiri Syukuran Hari Bhayangkara ke-76 di SPN Polda Jambi 32 Paket Sabu Seberat 3,5 kg Berhasil Diamankan Sat Resnarkoba Polresta Jambi Triwulan II, Target Realisasi PAD Muaro Jambi Mencapai 42,91 Persen Keseriusan Pencegahan dan Pemberantasan Mafia Pertanahan di Jambi

Home / Batanghari

Senin, 27 September 2021 - 18:46 WIB

Panen Raya Padi di Danau Embat, Wabup : Petani Jadi Prioritas Fadhil-Bakhtiar

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar Saat Panen padi Perdana Komunitas Padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21). FOTO : SYAH

BATANGHARI – Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar menghadiri sekaligus melakukan panen padi perdana komunitas padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Senin, (27/9/21).

Pada kesempatan ini Wabup Batanghari mengatakan kalau Pemerintah Kabupaten Batanghari sudah merencanankan akan memprioritaskan sektor pertanian lebih baik lagi sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami sdah berusaha bersama-sama akan melakukan pembukaan lahan baru atau meningkatkan indeks tanaman di kabupaten Batanghari, dimana yang biasanya para petani menghasilkan sekali tanam dan sekali panen, maka kedepan kita akan usahakan para petani akan menjadi sebanyak dua kali tanam dan dua kali panen dalam satu tahunnya,” terangnya.

Lanjutnya, menyikapi keluhan para petani dalam permasalahan akses jalan usaha tani, Pemkab Batanghari akan berusaha meningkatkan pembangunan khusus jalan usaha tadi di setiap Desa dalam Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA :  Sebanyak 46 Jamaah Calon Haji Indonesia Dipulangkan ke Tanah Air

“Upaya kita menjadikan sektor pertanian sebagai sektor utama ekonomi di Kabupaten Batanghari akan didukung dengan beberapa program dan kegiatan, antara lain peningkatan SDM petani melalui pelatihan dan magang, pemberian bibit unggul, pendampingan usaha, pembangunan infrastruktur berupa saluran irigasi, jalan produksi dan jalan usaha tani dan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan para pihak (Stakeholder) seperti dengan pihak BMKG,” janjinya.

Kalau zaman dulu kata Bahtiar, seorang petani ingin melakukan kegiatan tanam padi mereka harus melihat bintang di langit.

“Tapi sekarang dengan adanya bantuan BMKG, para petani sudah bisa menentukan atau memprediksi waktu yang bagus atau baik untuk melaksanakan kegiatan tanam,” jelas Wabup.

BACA JUGA :  Bupati Batanghari Menerima Piagam Penghargaan dari Kapolda Jambi

Kemudian Wabup juga berharap, jika saat ini dan sebelumnya para petani padi hanya menghasilkan hasil panen padinya untuk kebutuhan pribadi, maka untuk kedepan pihak Pemkab ingin para petani juga menjadi pengusaha padi sukses dari hasil panennya.

“Kalu dulu hasil panen padi yang didapatkan petani saat panen hanya untuk kebutuhan bahan rumah tangga, kedepan kalau bisa hatapan saya hasil tani juga bisa digunakan oleh petani untuk bahan penjualan sebagai pendapatkan ekonomi Petani,” harap Wabup.

“Alhamdulillah sektor pertanian di Batanghari setiap tahunnya sangat baik, kondisi ini berkat sumbangsi sektor pertanian, yang menjadi penyumbang ketiga PDB Nasional (12,84 persen) setelah industri pengelolah (19,98 persen), dan perdaganggan besar dan eceran (13.37 persen),” sambungnya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Blusukan ke Pasar Simpang Sungai Rengas, Al Haris Bicara Revitalisasi Pasar Sehat

Batanghari

Puluhan Personel Satgas TMMD Ke-110 Kodim 0415 Batanghari di Rapid Test

Batanghari

Sekda Tanjab Barat Hadiri Tandatangani Kerjasaman PD dengan Pemkab Batanghari

Batanghari

Resmikan Community Center di Batanghari, Mensos Berharap Anak SAD Mampu Kejar Ketertinggalan

Provinsi Jambi

Gubernur Salurkan JPS Covid-19 Tahap II untuk Masyarakat Batanghari

Daerah

Meriahkan HUT RI ke-75, Forum BBDR Pupuk Nasionalisme Siswa Melalui Lomba Virtual

Batanghari

BREAKING NEWS : 500 Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai

Batanghari

Polda Jambi Tindak Lanjuti Aksi Warga Hadang Truk Batu Bara di Batanghari