YTUBE
Danrem 042/Gapu Hadiri Rapurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Sambut HUT RI, LDII Yakinkan Pesantren Bukan Sarang Radikalisme 20 Link Twibbon Terbaru Hari Kemerdekaan RI ke 77 Hamas Kunjungi Veteran dan Sampaikan Salam dari AHY Densus 88 Geledah Salah Satu Rumah Warga di Perumahan Argenta Sungai Gelam

Home / Aspirasi

Minggu, 31 Juli 2022 - 00:34 WIB

Peternak Ikan Desa Pematang Jering Dambakan Adanya Dermaga dan Pelabuhan

Peternak Ikan Desa Pematang Jering Dambakan Adanya Dermaga dan Pelabuhan. [FOTO : Ary/Lintastungkal]

Peternak Ikan Desa Pematang Jering Dambakan Adanya Dermaga dan Pelabuhan. [FOTO : Ary/Lintastungkal]

MUARO JAMBI – Peternak ikan di Desa Pematang Jering, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi dambahkan adanya dermaga tambatan perahu dan pelabuhan tempat naiknya ikan pasca panen. Pasalnya akibat tidak adanya dermaga dan pelabuhan tersbeut membuat peternak ikan kesulitan saat panen dan menurunkan pakan ikan.

Janji politik terus berdatangan saat pemilihan, mulai dari pemilihan DPRD, Bupati hingga Gubernur. Namun disayangkan janji tinggal janji, realisasi dan bukti belum nampak hingga kini.

Kades Pematang Jering A. Rasyid mengatakan sejauh ini pihak desa terus berupayah untuk membangun fasilitas penunjang untuk kemudahan para peternak ikan dalam mengakut hasil panen, seperti membangun jalan kearea lokasi kerambah dan membangun dermaga bersifat sementara.

BACA JUGA :  Serunya Balap Becak Alat Transportasi Tradisional di Tanjabbar, Tungkal II Juara I

Sambung A. Rsyid, dengan keterbatasan anggaran Dana Desa pihaknya belum mampu membangun  pelabuhan dan dermaga skala besar yang menjadi impian dan dambaan bagi peternak ikan di Desa Pematang Jering ini.

“Berharap nian adanyo dermaga dan pelabuhan perahu di desa ko.agar memudahkan peternak ikan saat manen dan menurunkan pakan ikan,” ujarnya A. Rasyid kepada lintastungkalcom, Sabtu (30/7/22).

Permintaan terhadap pembangunan dermaga dan pelabuhan untuk memudahkan peternak ikan saat manen terus disampaikan mulai dari Musrembang tingkat desa, kecamatan, kabupaten bahkan ketingkat provinsi. Namun hingga kini belum ada terealisasi dan kapan kepastian akan dibangun.

Dijelaskan A. Rasyid tahun lalu sempat ada tim dari provinsi mengukur langsung area pembangunan dermaga dan pelabuhan di desa ini. Namun hingga kini tak kunjung dibangun.

BACA JUGA :  Gudang Minyak di Kota Jambi Tebakar, Api Merambat di Jalan Lalulintas Macet Total

“Tahun lalu ado tim dari provinsi turun ngecek sambil ngukur, berharap nianlah segera dibangun, e… sampai kini dak ado kabarnyo lagi,” ujarnya.

A. Rasyid dan peternak ikan Desa Pematang Jering berharap pembangunan dermaga dan pelabuhan ini segera dilakukan, agar memudahkan para peternak saat melakukan panen dan membawah pakan ikan ke kerambah Mereka masing-masing.

Untuk diketahui 80 persen warga Desa Pematang Jering menggantungkan rezekinya menjadi peternak ikan kerambah memanfaatkan Sungai Batanghari. Bahkan setiap hari lebih dari 180 ton ikan nila panen dari peternak desa ini.(Ary)

Peternak Ikan Desa Pematang Jering Dambakan Adanya Dermaga dan Pelabuhan. [FOTO : Ary/Lintastungkal]

Share :

Baca Juga

Advetorial

Dandim 0417 dan DKT Kerinci Tanggung Biaya Operasi Warga Penderita Tumor Ganas

Aspirasi

Dewan Apresiasi Prolehan Predikat WTP Pemkab Tanjab Barat

Advetorial

Bupati Tanjabbar Terima Silaturrahmi Perwakilan Forum Honorer

Covid-19

Antisipasi Corona, Danrem 042 Gapu Bersama Bupati Tanjabbar Cek Aktifitas Pelabuhan Roro Kuala Tungkal

Aspirasi

Reses di Batang Asam, Hamdani Tampung Aspirasi Peningkatan Infrastruktur

Aspirasi

Kondisi Jalan Lingkunga Belakang SD 5 Ini Butuh Kedermawanan Pemkab

Aspirasi

ISNU Tanjabbar Pinta PetroChina Hentikan Oprasional, Kurdi : Pemkab dan Pemprov Harus Segera Bertindak

Aspirasi

Bupati Tanjabbar akan Luncurkan Kartu Berobat Gratis dan 6.000 ATM Untuk Guru Ngaji, Guru Agama, Imam dan Bilal