LIVETV
Polres Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Firman Shantyabudi Resmikan Mako Polairud Polda Jambi Ini Aturan Terkait Natal dan Tahun Baru Terhadap Sekolah 163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS Sarifudin Mengingatkan BLT Tidak Dimanfaatkan Untuk Mengambil Keuntungan

Home / Tanjab Barat

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:25 WIB

Sekda Buka Sosialisasi dan Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Sekda H. Agus Sanusi Menyematkan Tanda Peserta Sosialisasi dan Pelatihan Desa Tangguh Bencana Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021, Rabu (27/10/21). FOTO : DOKOM

Sekda H. Agus Sanusi Menyematkan Tanda Peserta Sosialisasi dan Pelatihan Desa Tangguh Bencana Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021, Rabu (27/10/21). FOTO : DOKOM

BETARA – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat H. Agus Sanusi mewakili Buapati membuka acara Sosialisasi dan Pelatihan Desa Tangguh Bencana Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021, Rabu (27/10/21).

Kegiatan yang terpusat di aula Kantor Camat Betara ini, turut dihadiri oleh Fasilitator Desa Tangguh Provinsi Jambi, Pimpinan PT Petrochina Internasional Jabung Ltd. Ramadhan, Kepala OPD, Kapolsek Betara, Kepala Desa, Camat Betara, peserta pelatihan serta tamu undangan lainnya

Sekda H. Agus Sanusi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada perusahaan yang telah peduli dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA :  Speedboat Diva Expres Alami Kecelakaan, 6 Penumpang Dilarikan ke RS

Dikatakan Sekda Kabupaten Tanjab Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang termasuk rawan terhadap bencana, sebagaimana pemetaan kawasan resiko bencana yang dilaksanakan oleh BNPB RI, dimana Tanjab Barat memiliki karakter rawan bencana resiko tinggi yakni potensi bencana kebakaran hutan dan lahan, di samping itu juga terdapat potensi bencana kebakaran pemukiman dan gedung.

“Oleh karena itu Kabupaten Tanjung Jabung Barat harus memiliki sistem, metode, pola penanganan bencana yang sistematis, terpadu, cepat dan tepat sasaran serta harus melakukan perubahan dan penyesuaian-penyesuaian tentang penanggulangan bencana dengan paradigma baru,” ujarnya.

BACA JUGA :  Laka Maut, Dua Warga Meninggal dengan Luka Bakar Satu Dilarikan ke RS Jambi

Menurutnya, salah satu strategi untuk mewujudkan hal ini adalah melalui pengembangan desa atau kelurahan tangguh terhadap bencana dengan upaya pengurangan risiko bencana berbasis komunitas. Dalam hal ini tentunya, proses pengelolaan risiko bencana melibatkan secara aktif masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau dan mengevaluasi risiko bencana untuk mengurangi kerentanan dan meningkatkan kemampuannya.

“Ke depan, potensi kesiapan aparat pemerintah beserta masyarakat harus mampu dan tangguh untuk menghadapi ancaman bencana yang dialami, dengan didukung oleh kemampuan manajemen penanggulangan yang komprehensif. sehingga peran masyarakat tidak lagi menjadi objek, tetapi sebaliknya harus menjadi subjek dan pelaku utama dalam setiap aspek penanggulangan bencana yang terjadi di daerah kita,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Penyerahan BLT, Bupati Anwar Sadat Ingatkan Pelaksana Penyerahan Mengedepankan Prokes

“Untuk itu, tujuan utama dalam memberikan peran yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam penanggulangan bencana adalah dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat itu sendiri untuk menghadapi bencana yang akan datang. Sehingga kemampuan masyarakat baik secara teknis maupun manajerial harus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” tambah Sekda.

Lanjut ke halaman….>>>

Share :

Baca Juga

Aspirasi

Kasus Covid-19 di PetroChina, Pedagang Sekitar Perusahaan Suarakan Konpensasi

Berita

Mulyani Pamitan dengan Anggota dan Pegawai DPRD Tanjabar

Tanjab Barat

Ini Penyebab Padamnya Aliran Listrik ke Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sembako pada Warga Terjun Jaya

Tanjab Barat

Dinihari, Kapolres Tanjabbar dan Dandim Pimpin Evakuasi Jenazah dan Proses Pemakaman Secara Protokol Covid

Tanjab Barat

Besok, Abdullah Dilantik Jadi Ketua DPRD Tanjab Barat

Tanjab Barat

Sabu Senilai Rp 7 Miliar Diamankan, 1 Pelaku Ditembak Petugas

Tanjab Barat

52 CJH Tanjab Barat Batal Berangkat Tahun Ini