LIVETV
15 Link Twibbon Hari KORPRI 2021 Pilihan Keren dan Menarik Kunjungi RS DKT Jambi, Ini yang Disampaikan Menko PMK Muhajir Makmurkan Masjid, BKPRMI Jambi Luar Kota Gelar Yasinan Bulanan Rutin Danrem 042/Gapu Dampingi Menko PMK Sambangi RS Dr. Bratanata Jambi Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro Jambi Aktif Kunjungi Kegiatan Vaksinasi

Home / Tanjab Barat

Jumat, 22 Oktober 2021 - 16:12 WIB

SKK Migas-PetroChina Respon Pemkab Tanjab Barat Kembangkan Batik Bermotif Lokal

Secara simbolis Yulian menyerahkan bantuan PPM ke Bupati H. Anwar Sadat, Kamis (21/10/21). FOTO : HMS Prokopim 

Secara simbolis Yulian menyerahkan bantuan PPM ke Bupati H. Anwar Sadat, Kamis (21/10/21). FOTO : HMS Prokopim 

TANJAB BARATSKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan respon kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bupati H. Anwar Sadat dalam mengembangkan Batik motif Lokal.

Respon positif tersebut ditandai penyerahan bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dari SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bertajuk “CANTING EMAS” Ciptakan Batik, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi secara simbolis diterima oleh Bupati H. Anwar Sadat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (21/10/21).

Seperti yang disampaikan Community Development Supervisor SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Yulian, Program Pengembangan Masyarakat berupa pelatihan membatik tersebut merupakan tindaklanjut dari keinginan Pak Bupati H Anwar Sadat yang ingin mengembangkan Batik di Tanjungjabung Barat, sesuai motif Lokal yang ada di Tanjan Barat, Provinsi Jambi.

BACA JUGA :  PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Jaluko Periode 2020-2023 Dikukuhkan

“PetroChina merespon keinginan dari Pak Bupati untuk mengembangkan Batik sesuai motif lokal di Tanjung Jabung Barat,” sebut Yulian via Ponsel, Kamis Malam (21/10/2021).

PetroChina dalam kesempatan ini sebut Yulian, memberikan dukungan berupa pelatihan, pendampingan dan peralatan membatik kepada Kelompok Masyarakat yang ada di Tiga Desa. Desa Sungai Gebar Kecamatan Kuala Betara, Desa Serdang Jaya Kecamatan Betara dan Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir.

“Dukungan lainnya kita (PetroChina,red) memberikan dukungan dengan mendatangkan Pelatih dari Balai Batik yang ada di Yogyakarta dan Kota Jambi,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi H. Anwar Sadat menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebuah kegiatan aksi nyata sekaligus terobosan, dalam rangka membangun dan mendorong semangat pemberdayaan tenaga kerja lokal yang bermental wirausaha, memiliki keterampilan, dan keahlian, guna menciptakan kesempatan dan produktifitas tenaga kerja yang lebih luas sehingga menghasilkan produk lokal yang bernilai ekonomis serta dapat dibanggakan, baik skala lokal, regional, bahkan pada saatnya berskala Nasional dan seterusnya.

BACA JUGA :  Fasha Minta KONI Kota Jambi Jaga Atlet Tak Nyebrang Ke Daerah Lain

“Program kegiatan pelatihan membatik bertajuk Canting Emas ini saya memfilosofikan bahwa Canting itu terbuat dari alumunium tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi dan besar, sesuatu yang bernilai tinggi dan besar itu disebut dengan ekonomi . Dan ini merupakan sebuah langkah maju dalam rangka merespon apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa Bulan yang lalu,” ungkap Bupati.

BACA JUGA :  Sedekah Subuh Jum'at, BUMDes Bersama Betara dan PC IPNU Sambangi Jama'ah Tiga Masjid

Menurut Bupati, Kabupaten Tanjungjabung Barat memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan, dan potensi-potensi itu harus diikuti oleh kebijakan atau regulasi yang memiliki efek manfaat nyata bagi Masyarakat.

“Kuala Tungkal ini kaya dengan khasnya seperti Perkebunan, Perikanan, Hutan Mangrove, Kuliner,  dan Tempat Wisata. Ini merupakan embrio atau simbol-simbol filosofi yang dapat dituangkan kedalam Batik yang nantinya akan menjadi Batik khas Tanjab Barat,” jelas Bupati H. Anwar Sadat.

Masih sehubungan dengan Progra. Pelatihan membatik, Bupati H Anwar Sadat menyambut baik dan menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja Tanjab Barat bersama PetroChina International Jabung ltd dan mitra kerjanya, yang telah berkomitmen dan bekerja sama untuk mewujudkan dan mengoptimalkan penyelenggaraan kegiatan yang positif ini.(Bs).

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Tim Gabungan Lakukan Pencarian Dua Warga Senyerang Hilang Tenggelam

Tanjab Barat

KH Abdullah Wahab Wafat, UAS : Kami Kehilangan Paman yang Humoris

Tanjab Barat

Tuan Rumah Tanjabbar Juara Umum MTQ KE 50 Provinsi Jambi

Tanjab Barat

Ini Besaran Zakat Fitrah 2021 di Tanjab Barat

Tanjab Barat

UAS-Hairan Raih 87 Suara di TPS 5, CE-Ratu 88

Tanjab Barat

Dua Pelaku Begal Diamankan Polsek Tungkal Ulu

Tanjab Barat

Karena Corona, Pemkab Tanjabbar Tiadakan Safari Ramadan 2020

Tanjab Barat

Ketua Bhayangkari Cabang Polres Tanjabbar Berikan Bantuan Stroller Anak Disabilitas Korban Kebakaran