indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pemkab Batanghari Kembali Terima WTP Pelatihan Anyaman Purun Masuk Desa Diharapkan Meningkatkan Ekonomi dan Taraf Hidup Masyarakat Sekda Provinsi Jambi Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Kapolres Muaro Jambi Terima Kunjungan Supervisi Slog Polri Antisipasi PMK, Peternak di Tanjab Barat Dihimbau Waspada

Home / Tanjab Barat

Kamis, 3 Maret 2022 - 15:11 WIB

TSM Suban VS PT PSJ, Perusahaan Sepakati Pengembalian Lahan

Rapat penyelesaian lahan  antara TSM Suban dan PT PSJ Makin Group. FOTO : Istimewa

Rapat penyelesaian lahan antara TSM Suban dan PT PSJ Makin Group. FOTO : Istimewa

KUALA TUNGKALPemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi memfasilitasi penyelesaian permasalahan Lahan antara Warga Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) Suban, dengan PT Produk Sawitindo Jambi (PSJ) Makin Group di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Rabu (2/3/22).

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Hairan, SH didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH dan secara khusus hadir Dr H Rosyid, M. Si, MP Direktur Pengembangan Satuan Pemukiman dan Pusat Satuan Kawasan Pengembangan Ditjen Pembangunan PPKTrans Kemendes PDTT Republik Indonesia serta pihak terkait lainnya.

Hairan menyampaikan, selaku pimpinan daerah masalah warga Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) harus dicarikan solusinya. Bahwa sesuai dengan SK Gubernur kepada masing-masing transmigran diberikan lokasi LP, LU I dan LU II sejumlah 50 KK.

“Kita sudah beberapa kali turun ke lapangan menindaklanjuti pengaduan warga TSM ini. Ketika turun ke lokasi memang lahan yang di lokasikan untuk LU II (Dua) bagi TSM ternyata dikuasai oleh PT PSJ (Makin Group) yang bermitra dengan Koperasi Harapan Maju,” ungkap Hairan.

BACA JUGA :  Buka Pelatihan Bintalsik Karyawan PT MSR, Ini Harapan Danrem Gapu

Sementara itu Dr. H. Rosyid, M. Si, MP menegakan, lahan pencadangan LU II yang diberikan kepada Warga Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) haruslah diterima Warga TSM bukan pihak lain.

“Maka dari itu perlu dicarikan solusi oleh pihak terkait terutama yang menduduki lahan tersebut,” sebutnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanjung Jabung Barat, Jambi Hidayat, SH, MH yang turut hadir saat rapat menyarankan agar Makin Group segera mengambil langkah penyelesaian.

“Setidaknya memberikan penggantian terhadap Lahan yang telah mereka duduki sehingga hal ini tidak menimbulkan permasalahan yang berlarut-larut,” sebutnya.

“Apabila pihak Makin Group tidak dapat mencarikan solusi, maka tidak tertutup kemungkinan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui JPN mengkaji kemitraan yang telah dilakukan,” imbuh Hidayat menegaskan.

BACA JUGA :  75 Peserta Mengikuti USPK Paket B, Erham : Ijazah Bisa Digunakan Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Untuk diketahui, dari hasil rapat menyimpulkan, lahan pencadangan LU II TSM sesuai SK Gubernur No. 289 Tahun 1990 tentang pencadangan untuk lokasi daerah transmigrasi Suban di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Daerah Tingkat II Tanjung Jabung pada saat ini dikuasai oleh PT Produk Sawitindo Jambi (Makin Group) bermitra dengan Koperasi Harapan Maju.

PT Produk Sawitindo Jambi (Makin Group) bersepakat menindaklanjuti pengembalian lahan seluas 50 ha dari 90 ha sebagai pemenuhan hak yang harus diterima transmigran TSM Suban berasal dari areal kemitraan atau areal lain yang disepakati TSM dan PT PSJ (Makin Group).

PT PSJ akan menyampaikan keputusan secara tertulis selambat-lambatnya tanggal 21 Maret 2022 kepada Pemkab Tanjab Barat, serta perwakilan TSM akan menyampaikan secara resmi daftar nama 50 anggota TSM atau ahli warisnya kepada Pemkab Tanjab Barat.(*/Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Gardu Induk 30 Mega di Sungai Saren Akan Segera Beroperasi

Tanjab Barat

Vaksinasi Presisi Kapolri, Polres dan Nakes Gunakan Transportasi Air Vaksin Warga Sungai Dualap

Tanjab Barat

Satgas Covid-19 Tanjabbar Sosialisasi Perda Prokes dan Masker Keliling

Tanjab Barat

Pemkab Ajukan Dana CSR PetroChina Sebesar 23 Miliyar

Tanjab Barat

Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Dikukuhkan Sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka

Tanjab Barat

KPU Tanjab Barat Sukses Gealar Simulasi Pemungutan Suara dengan Prokes COVID-19

Tanjab Barat

Berangkat Umrah, Jemaah Wajib Lampirkan BPJS Kesehatan