YTUBE
MTQ ke XXVII di Kelurahan Tungkal III, Lurah : Sarana Motivasi Membumikan Al -Qur’an di Tanjabbar Liga Santri, Ponpes KH Abdul Satar Saleh Menang Telak Lawan Ponpes Manarulhuda Darqis 134 Desa di Tanjab Barat Sudah Miliki Da’i Desa Polres Tanjabbar Amankan Pelaku Pengelapan Motor Milik Bengkel, Begini Modus Pelaku Program Kerja Kadis Dikbud Muaro Jambi, Urutan 2 Bikin Repot Guru Punya Kebiasan Ini

Home / Tanjab Barat

Rabu, 1 Juni 2022 - 21:18 WIB

Via Live Streaming, Kalapas Kuala Tungkal dan Jajaran Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2022

Kalapas Kuala Tungkal Sugiharto dan Jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dari Aula Lapas yang disiarkan secara Live Streaming oleh BPIP, Rabu (1/6/22). FOTO : Doc Humas

Kalapas Kuala Tungkal Sugiharto dan Jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dari Aula Lapas yang disiarkan secara Live Streaming oleh BPIP, Rabu (1/6/22). FOTO : Doc Humas

BRAM ITAM – Kalapas Kelas IIB Kuala Tungkal Sugiharto beserta jajaran petugas Lapas Kuala Tungkal ikut menyaksikan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dari Aula Lapas Kuala Tungkal, Rabu (1/6/22).

Upacara diikuti Kalapas dan jajaran yang disiarkan melalui kanal live streaming BPIP di Lapangan Pancasila Kota Ende, Nusa Tenggara Timur dengan tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Pancasila adalah pilar ideologis Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “panca” yang berarti lima dan “sila” yang berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan juga sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA :  Polres Tanjabbar Amankan Pelaku Pengelapan Motor Milik Bengkel, Begini Modus Pelaku

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo atau dikenal juga sebagai Jokowi, sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi yang merupakan putra kelahiran Solo, 3 Agustus 1977. Tunjung Setyabudi merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998, yang bertugas sebagai Komandan Brigade Infanteri 21/Komodo Kodam IX/Udayana.

BACA JUGA :  MTQ ke XXVII di Kelurahan Tungkal III, Lurah : Sarana Motivasi Membumikan Al -Qur'an di Tanjabbar

Dalam kata sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. “Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa”, ujar Jokowi.

Jokowi pada kesempatan ini juga mengajak kepada pemimpin-pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualiasi nilai-nilai Pancasila dan mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.(Humas/Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Calon Kades se Kecamatan Senyerang Nyatakan Sikap Deklarasi Pilkades Damai

Tanjab Barat

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Polres Tanjab Barat

Tanjab Barat

PLN, Isu Padamkan Listrik di Malam Tahun Baru adalah Hoax

Tanjab Barat

Begini Pengawasan PPKM Mikro di Kuala Tungkal ala Kapolres Tanjab Barat

Tanjab Barat

Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Virtual Terkait UU Cipta Kerja

Tanjab Barat

Terpilih Jadi BPD Bram Itam Kanan, Ini Harapan Refi Elif Candra

Tanjab Barat

Hasil Cek Bea Cukai Jambi Terhadap Dokumen Truk Miras yang Ditahan Polres Tanjabbar

Berita

Ketua DPRD Tanjabbar Pimpin Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI ke 75