LIVE TV
Nekat Bawa Pemudik, Satu Bus Diputar Balik Arah di Pos Penyekatan Tanjab Barat ke Pekan Baru Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau Persit KCK Koorcab Rem 042 Do’a Bersama untuk Awak KRI Nanggala 402 Danrem 042/Gapu bersama Kapolda Dampingi Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Prestasi di Tengah Pandemi, Program Studi DKV ITEBA Raih Akreditasi Baik dari BAN-PT

Home / Teknologi

Kamis, 11 Februari 2021 - 19:32 WIB

5 Penerapan Teknologi AI yang Memudahkan Aktivitas Manusia

Artificial Intelligence (AI) telah berkembang sejak tahun 1940-an. Belakangan teknologi ini makin dikenal karena AI dapat memudahkan aktivitas manusia. Berikut ini contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari

Artificial Intelligence (AI) telah berkembang sejak tahun 1940-an. Belakangan teknologi ini makin dikenal karena AI dapat memudahkan aktivitas manusia. Berikut ini contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari

TEKNOLOGI Artificial Intelligence (AI) telah berkembang sejak tahun 1940-an. Belakangan teknologi ini makin dikenal karena AI dapat memudahkan aktivitas manusia. Berikut ini contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari makin sering digunakan. Kontribusi AI dalam kehidupan tentunya lebih memudahkan aktivitas manusia. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, kini AI mulai menyentuh sejumlah teknologi, seperti ponsel yang telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan.

Jika ditelusuri lebih jauh, AI mulai berkembang sejak tahun 1940 saat buku Principia Mathematica karya Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead terbit. Buku ini membahas tentang tahap awal kecerdasan buatan. Kemudian, pada tahun 1990-an, AI mulai berkembang seiring dengan perkembangan penerapan psikologi dalam ilmu komputer.

Ada tiga jenis AI yang telah terkenal, yaitu Manipulation AI, Neural AI, dan Neural Networks. Manipulation AI adalah jenis yang paling sering digunakan dalam sebuah penelitian. AI jenis ini menggunakan simbol abstrak.

Neural AI merupakan jenis kecerdasan buatan yang populer sejak tahun 80-an. AI ini merepresentasikan pengetahuan melalui neutron buatan yang kemudian dihubungkan melalui proses belajar.

BACA JUGA :  Bupati Mutasi Lurah yang Minta THR Idul Fitri ke Pengusaha

Sementara itu, Neural Networks adalah jenis AI yang diatur dalam lapisan yang berkaitan dengan simulasi. Biasanya, AI jenis ini digunakan dalam proses eksperimen berulang sehingga AI dapat memahami konstruksi perlakuan yang diberikan manusia terhadap teknologi canggih ini.

AI adalah program komputer yang dirancang mengikuti tindakan manusia. Kehadiran AI di perangkat-perangkat teknologi kini mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Berikut ini lima contoh penerapan teknologi AI yang akan memudahkan aktivitas manusia.

Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains dan teknologi yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), yang merangkum tentang penerapan teknologi AI yang memudahkan aktivitas manusia yang penting kamu simak. Simak ulasannya berikut:

1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) atau yang dikenal pula dengan realitas virtual adalah teknologi yang dapat membuat individu berinteraksi secara nyata, dengan objek imajinasi hasil simulasi komputer. Umumnya, teknologi ini dimanfaatkan sebagai alat bantu observasi hampir di seluruh bidang. Dalam industri games, VR juga kerap digunakan.

BACA JUGA :  Nekat Bawa Pemudik, Satu Bus Diputar Balik Arah di Pos Penyekatan Tanjab Barat ke Pekan Baru

Teknologi VR yang disandingkan dengan AI nantinya dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan penggunanya. Contoh, penerapan AI dalam teknologi VR secara imajiner dapat dilihat dalam film Iron Man. Dalam film tersebut, seluruh karakter film dapat hidup dan berinteraksi dengan data.

2. Menguasai media sosial 

Salah satu penerapan teknologi AI yang memudahkan aktivitas manusia dapat dilihat dari mobil pintar. Belakangan ini, tengah booming di pasaran otomotif Indonesia, yaitu mobil pintar yang diproduksi oleh Tesla. Mobil ini telah dilengkapi dengan chip berteknologi AI atau kecerdasan buatan, yang dapat membuat mobil ini menjalankan beberapa sensor. Beberapa sensor tersebut dapat menjalankan sistem radar untuk fitur autopilot.

3. Menguasai bahasa asing

Salah satu penerapan teknologi AI dalam ponsel ditandai dengan kamera bokeh. Awalnya, bokeh hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kamera profesional. Namun, dengan adanya teknologi AI pada ponsel dapat meningkatkan kemampuan lensa ponsel dalam memotret, merekam, dan mendeteksi objek foto. Hal ini membuat orang yang hobi fotografi tidak perlu repot untuk membawa kamera saat berpergian.

BACA JUGA :  Telkom Sampaikan, Indihome di Kuala Tungkal Alami Gangguan

4. Memiliki kemampuan analisis

Kini, telah banyak situs atau aplikasi yang menggunakan bantuan chatbot. Kemampuan chatbot muncul karena adanya AI. Chatbot adalah salah satu penerapan teknologi AI yang akan memudahkan aktivitas manusia. Pasalnya, chatbot dapat membantu kamu untuk membalas pesan selama 24 jam setiap hari, bahkan seluruh informasi pengguna chatbot dapat terekam. Berdasarkan rekaman tersebut, kamu akan mendapatkan email, nomor telepon, usia, serta gender orang tersebut.

5. Kreatif dan inovatif

Sebagian besar aplikasi kini sudah tak asing lagi dengan AI. Beberapa aplikasi, salah satunya adalah Google yang telah menggunakan teknologi AI untuk memberikan rekomendasi konten bacaan serta situs-situs hiburan yang sesuai dengan selera kamu.

Itulah lima rekomendasi penerapan teknologi AI yang akan memudahkan aktivitas manusia. Kamu tertarik mempelajari ilmu teknologi lebih mendalam? Mari menjadi bagian dari keluarga besar Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs ITEBA pada https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Teknologi

Ini Cara Mudah Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Lama Terkirim ke HP Kawan

Teknologi

Ingin Membuat CV yang Stand Out? Coba 5 Rekomendasi Situs Ini!

Teknologi

Pengguna Pindah ke Signal, Akhirnya WhatsApp Tunda Kebijakan Privasi

Teknologi

UI Kembangkan Alat Purifikasi Udara Plasma ‘PUVICON’ untuk Lawan Covid-19

Teknologi

Ini 10 Fitur Menarik Aplikasi Messenger Signal

Pendidikan

Yok Ikuti, Tanoto Foundation Gelar Webinar Manajemen Pembelajaran Daring untuk Sekolah Pedesaan

Teknologi

WhatsApp Kini Bisa Video Call Hingga 8 Orang

Teknologi

Tokobiz.id dan Malakatech.com Jadi Solusi di Tengah Pandemi untuk UMKM Menuju Go Online