LIVE TV
16 Desa di Tanjabbar jadi Lokus Stunting, Dapat Program Sanitasi Perdesaan 384 Unit Toilet Bupati Tanjabbar Letakan Batu Pertama Pembangunan Mushala Al-Alief Desa Purwodadi Jadwal Kapal Roro Kuala Tungkal-Pulau Batam dan Sebaliknya Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Bersama Penanggulangan Covid-19 Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan TMMD ke 111 Kodim 0420/Sarko

Home / Pilkada

Kamis, 12 November 2020 - 09:19 WIB

6.938 Petugas Penyelenggara Pilkada di Tanjabbar Bakal Jalani Rapid Test

FOTO : KPU Tanjab Barat Saat Menggelar Rakor Titik Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada 2020 di Aula Kantor KPU Jl. Beringin Kuala Tungkal, Senin (21/09/20).

FOTO : KPU Tanjab Barat Saat Menggelar Rakor Titik Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada 2020 di Aula Kantor KPU Jl. Beringin Kuala Tungkal, Senin (21/09/20).

KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan merapid test bagi Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada Tanjab Barat 2020.

Total Petugas KPPS yang akan menjalani rapid test sebanyak 6.030 orang. Terdiri dari 7 petugas KPPS dan 2 petugas ketertiban di setiap TPS. Mereka tersebar di 670 TPS,  di 134 Desa/Kelurahan di 13 Kecamatan.

Demikian itu diungkapkan oleh Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Tanjab Barat, M. Ilyas pada lintastungkal.com dikonfirmasi, Kamis (12/11/20).

Ilyas menambahkan rencananya selain KPPS dan KAM TPS, ada juga yang akan di rapid test yakni PPK, Sekretatiat PPK, PPS dan Seretariat PPS yang jumlahnya 908 orang.

“Jadi jumlahnya keseluruhan yang bakal dilakukan rapid test mencapai 6.938 orang,” terangnya.

Pada masa pandemi COVID-19, ungkap Ilyas, penyelenggaraan Pilkada secara teknis memang terdapat hal-hal baru.

“Aturan itu tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 13/2020 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 6/2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam COVID-19 sebagai bagian mencegah penyebaran virus corona,” kata dia.

Ada 9 item yang menjadi hal baru saat pemungutan suara nanti di TPS.

“Salah satunya adalah setiap anggota KPPS yang terpilih akan dilakukan rapid test COVID-19, dan apabila hasilnya reaktif maka terhadap anggota KPPS yang bersaangkutan dapat dilakukan pemeriksaan swab test/Real Time– Polymerase Chain Reaction (RT-PCR),” jelasnya.

Pengetatan tersebut merupakan upaya antisipasi mendeteksi dan mencegah penyebaran COVID-19.

“Mengenai waktu pelaksanaan Rapid Test ditentukan kemudian, luasi kita batu mau gelar rapat dengan Stakeholder terkait,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Unggul Hitung Cepat, UAS : Terima Kasih Semuanya, Mari Sama-sama Kita Bangun Tanjabbar Berkah

Pilkada

Real Count : UAS-HAIRAN: 52%, MULYANI-AMIN: 34 % dan MUKHLIS- SUPARDI 21 %

Tanjab Barat

KPU Tanjabbar Dedline Bacalaon Perbaiki dan Lengkapai Berkas Pendaftaran Hingga 16 September

Pilkada

Kuota Belum Terpenuhi, Bawaslu Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Panwascam 3 Kecamatan

Pilkada

Yuninnta Masih Rahasiakan Parpol Koalisi

Pilkada

Kemendagri Harap 17 Februari Semua Kepala Daerah Pemenang Pilkada 2020 Sudah Dilantik

Pilkada

Pilbup Tanjabbar : Nomor Urut 1 Mulyani-Amin, No 2 Anwar Sadat-Hairan dan No 3 Muklis-Supardi

Berita

Yuk! Daftar PPS, KPU Lagi Perpanjang Masa Pendaftaran