YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Bisnis

Minggu, 13 Juni 2021 - 10:55 WIB

6 Jenis Pelayanan Restoran, Calon Pegiat F&B Wajib Tahu

Tertarik dan ingin berkarier di industri F&B, seperti restoran dan banquet? Sebelum terjun menjadi pekerja profesional, pahami dulu keenam jenis pelayanan restoran berikut ini! FOTO : ITE-BA

Tertarik dan ingin berkarier di industri F&B, seperti restoran dan banquet? Sebelum terjun menjadi pekerja profesional, pahami dulu keenam jenis pelayanan restoran berikut ini! FOTO : ITE-BA

BISNISIndustri makanan dan minuman memang selalu menarik untuk dibahas. Selain prospek dan eksistensinya yang terus berkembang, industri ini menawarkan aspek layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang di dunia. Dalam upaya pelayanan terbaiknya, industri restoran juga menyediakan beragam jenis pelayanan restoran yang dapat memanjakan pengunjung atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Penasaran? Yuk, simak enam tipe pelayanan restoran yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

1. Table Service

Table service merupakan jenis pelayanan restoran di mana tamu dipersilakan untuk duduk dan memesan hidangan ke pelayan. Kemudian, pelayan akan menyajikan hidangan tersebut di hadapan para tamu.

BACA JUGA :  Kapolres Tanjab Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2023

Saat melakukan table service, seorang pelayan harus fokus dan mampu mengingat pesanan dari setiap pengujung. Hal ini bertujuan agar hidangan yang disajikan di hadapan pengunjung sesuai dengan masing-masing pesanan yang diminta.

Layanan table service sendiri dapat dibedakan ke dalam empat kategori, yaitu:

American service: jenis pelayanan yang praktis dan cepat di mana makanan telah ditata langsung dari dapur dan pelayan hanya perlu mengantarkannya ke meja pengunjung.

French service: tipe pelayanan yang bersifat formal dan eksklusif di mana chef menyiapkan makanan secara langsung di hadapan para tamu.

English service: jenis layanan keluarga di mana pelayan mengantarkan makanan ke meja, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke tamu lainnya.

BACA JUGA :  Lanjutkan Pencarian ABK Hilang, Tim SAR Lakukan Penyisiran Sejauh 20 KM

Russian service: tipe layanan yang mirip dengan French service, namun bersifat lebih cepat dan murah. Hidangan telah dipersiapkan dari dapur, sehingga hanya diperlukan satu pelayan untuk menyajikannya.

2. Buffet / Self Service

Sering dikenal dengan istilah prasmanan, buffet atau self service merupakan jenis layanan yang sangat praktis dan cepat. Di sini, seluruh hidangan telah ditata dan diatur di atas meja hidang.

Para tamu diperbolehkan untuk memilih sendiri makanan sesuai selera dan porsi yang diinginkan. Karena itu, tipe layanan ini sangatlah cocok untuk digunakan pada berbagai acara, seperti banquet dan pernikahan.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Permintaan Tinggi, Pengecer BBM di Tanjab Barat Berhasil Jual Pertalite 1,5 Ton 

Bisnis

Cara Daftar – Syarat Dapatkan BLT UMKM Rp1,2 Juta

Bisnis

Hadir Setiap Menyambut Idul Fitri, Lusinan Meja Oshin Habis Terjual

Advetorial

Bupati Safrial Sambut Baik Program Duta Simpel Bank 9 Jambi untuk Tingkatkan Animo anak Menabung

Bisnis

Bupati Anwar Sadat Tawarkan Peluang Investasi di Tanjab Barat ke Dato Desmond Lim

Bisnis

Jelang Idul Adha, Penjualan Sapi Menurun Bukan Karena PMK Tetapi Dampak Dari Penyebaran Virus Ini

Bisnis

Tips Foto Ala Selebgram yang Bagus dan Aesthetic  

Bisnis

Technician Education Can Fuel Financial Success