indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
12 Orang Kepala Desa se Kecamatan Muaro Sebo Dikukuhkan Sebagai Pemangku Adat Penyuluhan Wasbang Membina Komponen Masyarakat Cinta Tanah Air Antisipasi Wabah PMK, Polisi dan TNI di Sungai Gelam Lakukan Pemeriksaan Ternak di Kandang Dua WBP Lapas Kuala Tungkal Menerima Remisi di Hari Raya Waisak Innova Seruduk Truk Sawit, Begini Nasib Sopir dan Penumpangnya

Home / Bisnis

Minggu, 13 Juni 2021 - 10:55 WIB

6 Jenis Pelayanan Restoran, Calon Pegiat F&B Wajib Tahu

Tertarik dan ingin berkarier di industri F&B, seperti restoran dan banquet? Sebelum terjun menjadi pekerja profesional, pahami dulu keenam jenis pelayanan restoran berikut ini! FOTO : ITE-BA

Tertarik dan ingin berkarier di industri F&B, seperti restoran dan banquet? Sebelum terjun menjadi pekerja profesional, pahami dulu keenam jenis pelayanan restoran berikut ini! FOTO : ITE-BA

BISNISIndustri makanan dan minuman memang selalu menarik untuk dibahas. Selain prospek dan eksistensinya yang terus berkembang, industri ini menawarkan aspek layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang di dunia. Dalam upaya pelayanan terbaiknya, industri restoran juga menyediakan beragam jenis pelayanan restoran yang dapat memanjakan pengunjung atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Penasaran? Yuk, simak enam tipe pelayanan restoran yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

1. Table Service

Table service merupakan jenis pelayanan restoran di mana tamu dipersilakan untuk duduk dan memesan hidangan ke pelayan. Kemudian, pelayan akan menyajikan hidangan tersebut di hadapan para tamu.

BACA JUGA :  Antisipasi PMK, Peternak di Tanjab Barat Dihimbau Waspada

Saat melakukan table service, seorang pelayan harus fokus dan mampu mengingat pesanan dari setiap pengujung. Hal ini bertujuan agar hidangan yang disajikan di hadapan pengunjung sesuai dengan masing-masing pesanan yang diminta.

Layanan table service sendiri dapat dibedakan ke dalam empat kategori, yaitu:

American service: jenis pelayanan yang praktis dan cepat di mana makanan telah ditata langsung dari dapur dan pelayan hanya perlu mengantarkannya ke meja pengunjung.

French service: tipe pelayanan yang bersifat formal dan eksklusif di mana chef menyiapkan makanan secara langsung di hadapan para tamu.

English service: jenis layanan keluarga di mana pelayan mengantarkan makanan ke meja, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke tamu lainnya.

BACA JUGA :  Pemkab Batanghari Kembali Terima WTP

Russian service: tipe layanan yang mirip dengan French service, namun bersifat lebih cepat dan murah. Hidangan telah dipersiapkan dari dapur, sehingga hanya diperlukan satu pelayan untuk menyajikannya.

2. Buffet / Self Service

Sering dikenal dengan istilah prasmanan, buffet atau self service merupakan jenis layanan yang sangat praktis dan cepat. Di sini, seluruh hidangan telah ditata dan diatur di atas meja hidang.

Para tamu diperbolehkan untuk memilih sendiri makanan sesuai selera dan porsi yang diinginkan. Karena itu, tipe layanan ini sangatlah cocok untuk digunakan pada berbagai acara, seperti banquet dan pernikahan.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Hadir Setiap Menyambut Idul Fitri, Lusinan Meja Oshin Habis Terjual

Bisnis

Begini Cara Menggunakan Meterai Edisi Lama Setara Nilai Meterai Rp10.000

Bisnis

Meterai Rp10.000 Segera Berlaku, Ini Tampilannya

Bisnis

Tahun 2021 Samsung dan Xioami Jual HP Tanpa Charger

Bisnis

Lelang Mobil Dinas Daihatsu Terios Dibuka Rp 66 Juta

Berita

Trayek Baru Kapal Roro Kuala Tungkal – Batam Diresmikan

Bisnis

Dampak Corona, Pengepul Udang Ketak Tanjab Barat Lumpuh, HNSI Carikan Solusi Ini

Bisnis

Pengolah Kristal Jahe Sungai Gebar Barat Butuh Sertifikat Halal