LIVE
Komisi II DPRD Dorong Pemkab Tanjabbar Beli Mesin PCR Besok, Sejumlah Pelanggan PLN di Wilayah Ini Alami Pemadaman Listrik Dewan Minta Pemkab Tanjabbar Kaji Ulang Kontrak PetroChina Satgas Covid-19 Buka Rekrutmen Tracer Covid-19 Posko Satgas Desa/Kelurahan 11 Provinsi, Tertarik? Bupati Anwar Sadat Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi

Home / Pilihan Editor

Jumat, 19 Maret 2021 - 12:47 WIB

BPCB Provinsi Jambi Terapkan Ratusan Mangkuk Kuno Sebagai ODCB

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

KUALA TUNGKAL –  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi menetapkan Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah Jumat, 26 Februari 2021 lalu oleh warga di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kab. Tanjab Barat saat masyarakat sekitar melakukan penggalian parit sebagai Objek di Duga Cagar Budaya (ODCB).

Hal ini disampaikan oleh Sigit, Kepala Bidang Registrasi dan penetapan terkait dengan pendataan ODCB di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi, yang juga turun ke lokasi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Spektakuler, Dandim 0419/Tanjab Patroli Karhutla bersama Komunitas Motor Pecinta Alam

“Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA :  Harumkan Nama Daerah, Bupati Tanjab Barat Berikan Apresiasi Kepada Agit Atlet Panahan Difabel

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah Mangkuk yang ditemukan tersebut.

“Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi dihimbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin dibuat berita acara dan memang semuanya Mangkuk tersebut berjumlah 730 buah,” jelas Sigit.

BACA JUGA :  Bupati Anwar Sadat Ajak Masyarakat Do'akan Kesembuhan KH Said Ismail

Ia mengatakan bahwa, secara bentuk Mangkuk tersebut rata-rata berdiameter sekitar 17 cm. Selain itu bentuk tersebut juga berglasir.

“Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa Mangkuk tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu Mangkuk berukuran 17 cm, itu bukan produksi nusantara, itu dugaan dari China,” ungkapnya.(HB)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

Antisipasi Karhutla, Polda Jambi dan Polres Tanjab Barat Akan Edukasi Masyarakat dengan Program GAS POLL

Berita

Polisi Buru Pelaku Perkosaan Pengunjung Wisata Bukit Batu Suban

Pilihan Editor

Pengumuman Hasil Slekesi Administrasi CPNS Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2019

Pilihan Editor

Hingga Hari Ini, Pendaftar CPNS Di Tanjab Barat Capai 348 Pendaftar

Pilihan Editor

Hari Pertama Operasi Patuh Siginjai 2020, Puluhan Kendara Kena Tilang Satlantas Polres Tanjabbar

Pilihan Editor

Bupati Safrial Lepas Asisten Ekbang Ir Amdani yang Masuk Masa Pensiun

Pilihan Editor

Tanjab Barat Masuk Daerah Status ‘Siaga Darurat Karhutla’ di Provinsi Jambi

Pilihan Editor

IDI Tanjab Barat Peduli Melawan Covid-19 Bagikan Sembako dan Masker Gratis