LIVETV
Kapolres Bungo Nendadsk Cek Tahanan, Ada Apa? Ungkap Kasus Pembuangan Bayi di Sungai Pengabuan, Polisi Curigai Sejumlah Tempat Nama dan Foto Kapolres Muaro Jambi Dicatut, AKBP Yuyan : Jangan Terpengaruh Hari Korpri ke 50, Sejumlah Pejabat di Tanjab Barat Dilantik Si Jago Merah Mengamuk, Satu Unit Rumah dan 4 Ekor Kambing Ikut Terbakar

Home / Pilihan Editor

Jumat, 19 Maret 2021 - 12:47 WIB

BPCB Provinsi Jambi Terapkan Ratusan Mangkuk Kuno Sebagai ODCB

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

KUALA TUNGKAL –  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi menetapkan Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah Jumat, 26 Februari 2021 lalu oleh warga di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kab. Tanjab Barat saat masyarakat sekitar melakukan penggalian parit sebagai Objek di Duga Cagar Budaya (ODCB).

Hal ini disampaikan oleh Sigit, Kepala Bidang Registrasi dan penetapan terkait dengan pendataan ODCB di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi, yang juga turun ke lokasi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  15 Link Twibbon Hari KORPRI 2021 Pilihan Keren dan Menarik

“Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA :  Antisipasi Lonjakan COVID-19 Saat Nataru, Polres Tanjab Barat Buka Gerai Vaksinasi di Objek Wisata

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah Mangkuk yang ditemukan tersebut.

“Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi dihimbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin dibuat berita acara dan memang semuanya Mangkuk tersebut berjumlah 730 buah,” jelas Sigit.

BACA JUGA :  Ibu RT Harus Tahu, PLN Kini Gagas Kompor Induksi

Ia mengatakan bahwa, secara bentuk Mangkuk tersebut rata-rata berdiameter sekitar 17 cm. Selain itu bentuk tersebut juga berglasir.

“Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa Mangkuk tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu Mangkuk berukuran 17 cm, itu bukan produksi nusantara, itu dugaan dari China,” ungkapnya.(HB)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

Polres Tanjabbar Telusuri Dugaan Adanya Sempalan Kelompok Jaringan JAD

Pilihan Editor

Program Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Sinarmas dan PT. LPPPI

Pilihan Editor

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2019

Pilihan Editor

PT LPPPI Mengadakan Khitanan Bersama Untuk Warga Masyarakat di Tebing Tinggi

Pilihan Editor

Kapolres Tanjab Barat Pimpin Sertijab Kabag Ops, Kasat Reskrim dan Kapolsek

Pilihan Editor

Zakat Fitrah Di Tanjabbar Tertinggi 60 Ribu, Terendah 36 Ribu

Pilihan Editor

Safrial Ajak Mahasiswa Jambi Ikut Berperan Dalam Proses Pembangunan

Pilihan Editor

Pemkab Tanjabbar Akhirnya Liburkan Sekolah Hingga 4 April