LIVE TV
Ternyata ini Penyebab Listrik Padam Sejumlah Wilayah Kuala Tungkal Hingga Malam Polda Jambi Canagkan Pebangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Korem 042/Gapu Terima Tim Wasum Itdam II/Sriwijaya Polisi Sita Ribuan Petasan dari Pedagang Bupati dan Wabup Ikuti Virtual Arahan Presiden ke Kepala Daerah Terpilih Pilkada 2020

Home / Pilihan Editor

Jumat, 19 Maret 2021 - 12:47 WIB

BPCB Provinsi Jambi Terapkan Ratusan Mangkuk Kuno Sebagai ODCB

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

FOTO : Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Jumat, 26 Februari 2021

KUALA TUNGKAL –  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi menetapkan Penemuan Mangkuk berjumlah 730 buah Jumat, 26 Februari 2021 lalu oleh warga di RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kab. Tanjab Barat saat masyarakat sekitar melakukan penggalian parit sebagai Objek di Duga Cagar Budaya (ODCB).

Hal ini disampaikan oleh Sigit, Kepala Bidang Registrasi dan penetapan terkait dengan pendataan ODCB di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi, yang juga turun ke lokasi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Polda Jambi Canagkan Pebangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM

“Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA :  Tiga Hari Tiga Malam Hilang, Nenek Lansia di Betara Ditemukan

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah Mangkuk yang ditemukan tersebut.

“Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi dihimbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin dibuat berita acara dan memang semuanya Mangkuk tersebut berjumlah 730 buah,” jelas Sigit.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Hadiri Syukuran Penyalaan Perdana Listrik PLN 19 Desa di Tanjabbar

Ia mengatakan bahwa, secara bentuk Mangkuk tersebut rata-rata berdiameter sekitar 17 cm. Selain itu bentuk tersebut juga berglasir.

“Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa Mangkuk tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu Mangkuk berukuran 17 cm, itu bukan produksi nusantara, itu dugaan dari China,” ungkapnya.(HB)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

Kolonel Kav M. Zulkifli Dikabarkan Akan Jabat Danrem 042 Gapu Jambi

Pilihan Editor

SPKT Polres Tanjab Barat Gelar Sosialisasi Publik dan Pelayanan Masyarakat

Pilihan Editor

Polres Tanjabbar Amankan Pemilik Instagram Unggah Konten Berbau PKI

Pilihan Editor

Mendadak Bupati Safrial Minta BNN Tes Urine Ratusan Pejabat dan ASN Tanjab Barat

Nasional

Pendemi Covid-19, Polri Perpanjang Pelaksanaan Operasi Ketupat

Pilihan Editor

Pjs. Gubernur Jambi Beri Dukungan dan Do’a Untuk Kesembuhan Bupati Muaro Jambi

Pilihan Editor

Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Tanjab Barat

Pilihan Editor

Kapolres Tanjabbar Tinjau Embung Standar dan Sekat Kanal pada Lahan Gambut Di Desa Muntialo