YTUBE
IKM di Tanjabbar Bertambah, Bidang Perindustrian Dorong Pelaku Industri Miliki Sertifikat Halal Ini Nama-nama 178 Peserta Peneriama Beasiswa S1 dan S3 Provinsi Jambi 2022 Ini Situs Resmi Pengurusan e-VoA Kapolres dan Dandim 0417 Kerinci Sidak ke Kantor Pelayanan Publik Samsat Ops Pekat Jelang Nataru, Polda Jambi Sita Puluhan Botol Miras Berbagai Merk

Home / Ekonomi

Kamis, 12 Agustus 2021 - 10:04 WIB

Bupati : Jahe Merah Muara Papalik Akan Dijdikan Wedang Jahe Khas Tanjabbar di Rumah Dinas

Bupati H. Anwar Sadat Diwawwncarai Usai Panen Raya Jahe Merah di Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik, Rabu (11/08/21). FOTO : HMS-KECAMATAN

Bupati H. Anwar Sadat Diwawwncarai Usai Panen Raya Jahe Merah di Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik, Rabu (11/08/21). FOTO : HMS-KECAMATAN

MUARA PAPALIK – Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat mengungkapkan jahe merah budidaya masyarakat Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik akan dijadikan wedang jahe khas Tanjab Barat di rumah dinas Bupati.

Hal itu dingkapkan Bupati Anwar Sadat sesusai panen raya jahe merah bersama Wabup Hairan serta bersama Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat di Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik, Rabu (11/08/21).

“Kedepannya akan kita jadikan wedang jahi khas daerah untuk sajian di rumah dinas, tadi dilaporkan ada tiga cita rasa dari jahe kita ini, tentunya ini menjadi bagian dari promosi,” ucap Bupati.

BACA JUGA :  IKM di Tanjabbar Bertambah, Bidang Perindustrian Dorong Pelaku Industri Miliki Sertifikat Halal

Bupati berharap agar budidaya tanaman jahe ini terus dikembangkan dengan varuan baru. Sehingga nantinya terbuka kesempatan petani mampu bersaing dan hidupnya lebih sejahtera.

“Mudahan dengan ini juga menjadi cikal bakal menjadikan desa Sungai Muluk yang simbolnya jahe merah,” tutur Bupati.

Menurut Bupati apa yang dilakukan ibu-ibu Desa Sungai Muluk perlu dijadikan contoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Camat Muara Papalik Joan Prayuda mengatakan bahwa jahe yang dibudidaya PKK warga Sungai Muluk jenis jahe merah bibit lokal dari Parit Tomo, Kecamatan Betara yang awal bidudayanya dipromotor oleh Kades Sungai Muluk Bapak Trimanto.

BACA JUGA :  Ops Pekat Jelang Nataru, Polda Jambi Sita Puluhan Botol Miras Berbagai Merk

“Jahe yang dipanen Pak Bupati hari ni lebih kurang 2500 ratus polybag,” kata Camat.

Untuk penjualan saat ini sudah ditampung oleh PT. Akar Emas Semesta (AES) serta online. Bahkan kata Camat, jahe yang dibudidaya ini telah diambil sampelnya oleh PT. Sidomuncul.

“Rencana kededepan akan dikembangkan juga jahe varian baru Akar Mas Semesta (AES),” kata Camat.(*)

Bupati H. Anwar Sadat dan Wabup Hairan Ketika Panen Raya Jahe Merah di Desa Sungai Muluk, Kecamatan Muara Papalik, Rabu (11/08/21). FOTO : PROKOPIM.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bupati Anwar Sadat Berharap Program BPNT Bisa Serap 153 Ton Beras Petani Setiap Bulan

Ekonomi

Cegah Aksi Borong, Indomaret di Kuala Tungkal Batasi Pembelian Minyak Goreng

Ekonomi

Gubernur Harap Festival Bunga di Transmart Bawa Manfaat Ekonomi Bagi UMKM Jambi

Ekonomi

Miskomunikasi, Relokasi Pedagang Pasar Tebing Tinggi Sempat Ricuh

Ekonomi

Stabilitas Pasar, Bupati Tanjab Barat Lepas 8 Ton Beras Medium

Bisnis

Dampak Corona, Pengepul Udang Ketak Tanjab Barat Lumpuh, HNSI Carikan Solusi Ini

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Safrial Resmikan Pasar Kuliner Ramadhan

Ekonomi

Perum Bulog Tungkal Buka Pasar Murah Upaya Menjaga Ketersediaan Minyak Goreng