YTUBE
75 Juta Uang Warga Tebing Tinggi Raib, Aksi Pelaku Terekam CCTV Rumah Pengusahan Rumah Makan di Tehok Ludes Terbakar Kronologis Polisi Ringkus 5 Komplotan Penipuan Berkedok Kupon Berhadiah Mobil dalam Kemasan Tepung AHY : Kader Demokrat Jangan Takut Bersuara Perjuangkan Aspirasi Rakyat Polsek Tungkal Ulu Tangkap 5 Pelaku Penipuan Kupon Berhadiah Mobil Toyota Raize di Kota Jambi

Home / Muaro Jambi

Jumat, 1 April 2022 - 07:55 WIB

Bupati Masnah Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023

Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro. FOTO : Noval

Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro. FOTO : Noval

MUARO JAMBI – Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tahun 2023 Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (31/3/22).

Musrembang kali ini mengangkat tema pasca pandemi disertai optimalisasi pertumbuhan ekonomi berbasis potensi unggulan serta pembangunan infrastruktur wilayah dan tata kelola pemerintahan Muaro Jambi.

Bupati Masnah dalam sambutannya menyebut jika musrembang RKPD tahun 2023 ini merupakan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan daerah, tata cara evaluasi evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Katanya, tujuan dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2023 ini dalam rangka membahas dan pemantapan rkpd tahun 2023 dengan mensinkronkan hasil pelaksanaan musrenbang kecamatan dan rencana perangkat daerah yang telah disepakati untuk menghasilkan program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

BACA JUGA :  Ketum LDII: Kolaborasi LDII dan TNI Menunjukkan TNI Selalu di Hati Rakyat Indonesia

Kegiatan ini juga dengan prinsip menampung aspirasi masyarakat mengakomodir hasil evaluasi kerja pemerintah terkait target target pembangunan yang belum tercapai dalam periode 2017-2022.

Di 2023 nanti ada empat prioritas utama, Pertama, Pembangunan daerah diantaranya, satu peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan serta melatih keterampilan pada usia angkatan kerja.

Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan dan peningkatan produksi potensi unggulan daerah.

Ketiga, peningkatan aksesbilitas dan konektivitas pembangunan wilayah kawasan pertumbuhan ekonomi baru serta peningkatan tata kelola pemerintah yang bersih transparan, akuntabel, berorientasi pada pelayanan publik melalui peningkatan kapasitas ASN dan pembangunan sarana prasarana pelayanan publik.

“Ada ribuan usulan dari masyarakat untuk 2023 nanti. Mulai dari pembangunan, ekonomi, kesehatan pendidikan dan sebagainya,” kata Masnah.

BACA JUGA :  Polres Muaro Jambi Gelar Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Untuk mewujudkan target-target pembangunan tersebut tidak terlepas dari kemampuan dan ketersediaan anggaran daerah.

Pada tahun 2023 mendatang target realisasi pendapatan daerah Kabupaten Muaro Jambi sebesar Rp 1,32 triliun. Anggaran ini ini dirasa kurang dan perlu diupayakan peningkatan sumber pendanaan melalui melalui pemerintah pusat Provinsi dan lainnya.

Melalui pemerintah provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berharap bisa menyelesaikan akses antar wilayah yang terhubung oleh Jalan provinsi agar dapat menjadi perhatian terutama pada wilayah yang memiliki potensi penyumbang pad Provinsi Jambi pada sektor perkebunan dan industri.

Sementara untuk pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berharap mendapatkan alokasi penerimaan dana khusus berupa fisik pada sektor pendidikan kesehatan Jalan dan irigasi.

“Sekali lagi kami mohon maaf jika seandainya banyak usulan dari masyarakat yang belum terpenuhi. Kita bangun yang menjadi prioritas utama terlebih dahulu,” ujar Masnah.(Adv/Val)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Meski Hujan, Gubernur Jambi Pantau Pos Pengamanan Malam Tahun Baru di Citra Raya City

Muaro Jambi

Polda Jambi Amankan 6 Ton Solar dari Gudang Minyak Ilegal

Muaro Jambi

Tradisi Ziarah Kubur Warga Desa Senaung Hari Lebaran Pertama Idul Fitri

Muaro Jambi

Ajang Silaturahmi DPK BKPRMI dengan Remaja Masjid se Kecamatan Jaluko di Hutan Kota

Muaro Jambi

Ketua dan Anggota DPRD Muaro Jambi Kunjungi Mapolsek Bahar Selatan

Muaro Jambi

Kapolres Muaro Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Siginjai 2022

Muaro Jambi

Enam Tempak Pengolahan Kayu Tanpa Izin di Sungai Gelam Disegel Polisi

Muaro Jambi

Kapolres Muaro Jambi : Antisipasi dan Cegah Radikalisme Perlu Kerjasama Semua Pihak