Cegah Klaster Pilkada 2020, Polres Tanjabbar dan Kodim Perkuat Sosialisasi 4 M

  • Whatsapp
FOTO : Kapolres AKBP Guntur Saputro dan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto Ketika Hadiri Sosialisasi dsn Ikrar Deklarasi Pilkada 2020 Damai dan Sekat di Mako Polsek Tungkal Ulu, Sabtu (19/09/20)

KUALA TUNGKAL – Langkah antisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19 dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 menjadi perhatian serius Polres Tanjab Barat jajaran.

Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/Tanjab gencarkan sosialisasi 3M yaitu memakai masker, memcuci tangan, Menghindari kerumunan dan Menjaga Jarak.

Bacaan Lainnya

“Hal itu dilakukan mengingat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 masih dalam Pandemi COVID-19 yang bahkan kasus positif COVID-19 meningkat tajam belakangan ini,” ungkap Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH, Minggu (20/09/20).

Hal itu juga kata dia bertujuan memperkuat pemeliharaan dan ketertiban masyarakat dalam Pilkada.

Lebih lanjut dikatakannya, menindaklanjuti perintah Kapolri Jenderal Idham Azis agar jajarannya melakukan langkah pencegahan klaster baru COVID-19 selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor : ST/2607/IX/OPS.2./2020 tertanggal 7 September 2020.

Semua pihak juga diminta memahami Peraturan KPU (PKPU) Nomòr 10 Tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada 2020 serta Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Corona Virus Desiase 2019.

“Semua harus bersinergi dan berkolaborasi baik KPU,Bawaslu, Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan pihak terkait termasuk paslon,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi saat ini Semua berpotensi penyebaran Virus COVID-19 baik itu penyelenggara, peserta, masyarakat apabila tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

“Sinergitas penting agar pilkada di Tanjab Barat berjalan aman dan damai, serta sehat,” imbuhnya.

Sementara, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto berharap Pilkada ditengah pandemi Covid-19 dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sejuk, aman dan damai serta sehat.

“Kuncinya adalah Disiplin. Kita harus berpikir tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tapi juga orang lain dan lingkungan kita demi Kesehatan bersama,” ungkapnya.

“Mari kita berkomitmen mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.(*)

Pos terkait