indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Putra Mantan Wapres Try Sutrisno Jabat Pangdam III/Siliwangi Wali Kota Jambi Pimpin Kegiatan Outbound Pejabat Eselon II dan III di Hutan Kota Tim Gabungan Polda Jambi Tangkap Pelaku Pembunuhan di Angso Duo Pimpin Musyawarah Ranting PAN se Kecamatan Sekernan, Aidi Hatta Tekankan Ini Hadir Saat Pelantikan BPD-KKSS, Wabup Hairan Menyampaikan Ini

Home / Berita / Kesehatan

Jumat, 10 Januari 2020 - 11:01 WIB

Deklarasikan ODF, Bupati Safrial Minta Warga Stop BAB Sembarangan

FOTO : Bupati Tanjabbar, Dr. Safrial menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS /Open Defecation Free) di Desa Sukai Damai, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (09/01/20)

FOTO : Bupati Tanjabbar, Dr. Safrial menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS /Open Defecation Free) di Desa Sukai Damai, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (09/01/20)

TEBING TINGGI – Bupati Tanjabbar, Dr. Safrial menghadiri secara resmi Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS/Open Defecation Free) yang diselenggarakan di Desa Sukai Damai, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (09/01/20).

Lima desa yang mendeklarasikan ODF yakni Desa Suka Damai, Desa Adi Jaya, Desa Sungai Keruh Kecamatan Tebing Tinggi. Desa Badang Sepakat dan Desa Pematang Tembesu Kecamatan Tungkal Ulu.

Deklarasi dihadiri Forkopimka, Kepala Dinas Kesehatan Tanjabbar, Camat Tebing Tinggi, Kepala Puskesmas, Kades se-Kecamatan Tebing Tinggi, Ketua TP PKK Tanjab Barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan elemen masyarakat.

Dalam sambutan pembukanya, Bupati H. Safrial, menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat lima desa di Kecamatan TebingTinggi yang sudah mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

“Kegiatan kita pada pagi ini, semoga menjadi contoh bagi desa-desa dan kecamatan lain segera menyusul dan tidak BAB sembarangan. Kita ingin masyarakat Kabupaten Tanjabbar selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata Bupati Safrial saat menyampaikan sambutannya.

BACA JUGA :  Daftar Wilayah yang Terdampak Pemadaman Listrik 22 Januari 2022

Menurut Safrial, deklarasi ODF ini bagian dari strategi dan komitmen Pemkab Tanjab Barat membangun kesehatan masyarakat yang mencakup tiga pilar. Yakni paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ketiga paradigma tersebut sudah tertuang dalam RPJMD serta visi misi Pemerintah Kabupaten Tanjabbar.

Deklarasi ODF lima desa di Kecamatan Tebing Tinggi ditandai dengan pembacaan deklarasi ODF dan penandatanganan komiten oleh Kepala Desa, dilanjutkan penyerahan serfitikat ODF kepada para kepala desa.

Kepala Desa Suka Damai, Ali Munir dalam penyampaiannya berterimakasih kepada Pemkab bahwa Desanya merupakan desa pertama di Kecamatan Tebing Tinggi yang melakukan deklarasi ODF atau stop BABS.

 “Desa Suka Damai sudah berkomitmen untuk STOP BABS, dan mendukung kegiatan deklarasi ODF agar dapat dicontoh dengan desa lainnya, serta dapat memaksimalkan APBDES. Terima kasih kepada Bupati Tanjab Barat yang menyempatkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan Deklarasi ODF,” ujar Ali Munir.

Dia juga berharap agar desa di kecamatan lain dapat mengikuti deklarasi yang sama ke depannya.

BACA JUGA :  Info dari PLN : Hari Ini Ada Pemadaman Listrik Untuk 4 Kecamatan Ini

Kami pemerintah desa suka damai sudah mengeluarkan SK sanksi tentang stop buang air besar sembarangan ODF (Open Defecation Free) sehingga tercapailah desa yang ODF,” tambaunya.

Terkait program ODF ini lanjutnya, bahwa masyarakat Desa Suka Damai dari 560 KK/rumah tidak ada lagi buang air besar sembarangan. dan tahun 2019, Pemerintah Desa Suka Damai sudah membantu kepada masyarakat miskin sebanyak 20 kloset jamban melalui dana bantuan provinsi, dan sudah dilaksanakan pekerjaanya. Jadi tidak ada lagi buang air besar sembarangan 100 persen. sudah di lakukan verifikasi desa tentang jamban yang didampingi oleh desa tetangga dan puskesmas tetangga (Puskesmas Desa Adi Jaya dan PKM Porwodadi).

“Jadi harapan kami, setelah dilakukan DEKLARASI ODF, tidak ada buang air besar sembarangan, agar ke depan desa bisa menjadi desa yang benar-benar desa yang ber PHBS, khususnya Desa Suka Damai dan desa tetangga lainya,” sambungnya mengakhiri sambutan.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Jelang Operasi Patuh Siginjai 2020, Ini Imbauan Kasat Lantas Polres Tanjab Barat 

Berita

Tahun 2021 Tidak Ada Penerimaan CPNS di Tanjab Barat

Berita

Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Cek Pasukan Apel Terpadu Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Berita

Ditemukan 6.000 Meter Lahan Terbakar di Tanjabbar

Berita

Ratusan Botol Miras dan Ribuan Liter Tuak Termasuk Petasan Dimusnahkan Polres Tanjab Barat

Berita

TNI di Motain Sambangi Warga Yang Sakit, Ini Yang Dilakukannnya

Berita

Tradisi Penyambutan dan Pelepasan Danrem 042 Gapu dengan Physical Distancing

Kesehatan

Wujudkan Herd Immunity di Lingkungan Ponpes, Polres Bersama Nakes Vaksin Para Santri