LIVE
Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani dari Jurang 300 Meter Bupati Muaro Jambi Minta 5.000 Vaksin Untuk Pelajar Dalam Peninjauan Mendikbudristek Wabup Hairan Zoom Meeting dengan Gubernur Terkait Kunker Mendikbudristek Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

Home / Tebing Tinggi

Minggu, 5 Januari 2020 - 12:31 WIB

Desa Suka Damai Siap Sukseskan Deklarasi Open Defecation Free (ODF)

FOTO : Ali Murir dan Istri Bersama Bupati Dr. H. Safrial dan Istri Usai Upacara Pelantikan Kades Serentak di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (25/11/19)

FOTO : Ali Murir dan Istri Bersama Bupati Dr. H. Safrial dan Istri Usai Upacara Pelantikan Kades Serentak di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (25/11/19)

SUKA DAMAI – Desa Suka Damai, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyatakan siap melaksanakakn Deklarasi ODF (Open Defecation Free)atau Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 9 Januari 2020 mendatang.

Kepala Desa Damai Ali Munir mengatakan hal itu, pihaknya bersama tiga desa di Kecamatan Tebing Tinggi dan dua desa di Kecamatan Tungkal Ulu yang ditunuk untuk Deklarasi ODF program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sudah siap.

Lima desa yang akan Deklarasi ODF yakni Desa Suka Damai, Desa Adi Jaya, Desa Sungai Keruh Kecamatan Tebing Tinggi. Desa Badang Sepakat dan Desa Pematang Tembesu Kecamatan Tungkal Ulu.

BACA JUGA :  Sekda : Rapor Merah Siap-Siap Non Job

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dan jajaran karena Desa Suka Damai di jadikan tempat pelaksanaan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020,’ ungkap Ali Munir, Kades Suka Damai via WhatsApp, Minggu (05/01/20).

Dijelaskan Ali Munir, gerakan ODF bagi warga desanya sangat penting apalagi berkaitan dengan kesehatan.

Terkait program ODF ini lanjutnya, bahwa masyarakat Desa Suka Damai dari 560 KK/rumah tidak ada lagi buang air besar sembarangan. dan tahun 2019, Pemerintah Desa Suka Damai sudah membantu kepada masyarakat miskin sebanyak 20 kloset jamban melalui dana bantuan provinsi, dan sudah dilaksanakan pekerjaanya. Jadi tidak ada lagi buang air besar sembarangan 100 persen. sudah di lakukan verifikasi desa tentang jamban yang didampingi oleh desa tetangga dan puskesmas tetangga (Puskesmas Desa Adi Jaya dan PKM Porwodadi).

BACA JUGA :  Sebanyak 16 Pejabat Eselon II Dilantik, Ini Daftarnya

 Kami pemerintah desa suka damai sudah mengeluarkan SK sanksi tentang stop buang air besar sembarangan ODF (Open Defecation Free) sehingga tercapailah desa yang ODF,” tambaunya.

BACA JUGA :  Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

Ali Munir berharap, setelah dilakukan DEKLARASI ODF, tidak ada buang air besar sembarangan, agar ke depan desa bisa menjadi desa yang benar benar desa yang ber PHBS, khususnya Desa Suka Damai dan desa tetangga lainya.

“kami berharap dengan adanya acara deklarasi ODF ini semoga ke depan bisa membantu pemerintah kabupaten dalam mewujudkan tanjung jabung barat bebas Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan,” tutupnya.(*)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Safrial Tinjau Pasar Rakyat Modren Kelurahan Tebing Tinggi

Pilkades

Pilkades Tebing Tinggi, Jayus Terpilih Kembali Jadi Kades Purwodadi, Paidillah Kades Kelagian

Advetorial

Camat Tebing Tinggi Sambut Hangat Kunjungan Erwan Susanto Dandim 0419 Tanjab

Kecamatan

Camat Tebing Tinggi Sampaikan Ekspose Persiapan Tuan Rumah MTQ Ke 49

Tebing Tinggi

Kades Sungai Keruh Terima Penghargaan Desa Ber-PHBS Tingkat Provinsi Jambi

Kecamatan

Datang dan Saksikan Pembukaan MTQ Kabupaten Ke 49 Di Kecamatan Tebing Tinggi

Kecamatan

BREAKING NEWS : Pemukiman Penduduk Di Tebing Tinggi Terbakar

Tebing Tinggi

Wali Kota Perpanjang Masa Pakai Gedung Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Tebing Tinggi