indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara Pengendara Sepeda Motor Meninggal Setelah Tabrakan dengan Truk di Muara Pijoan Camat Betara Resmikan Soft Opening Wisata Embung Bina Lestari Desa Muntialo Dua Kecelakaan di Jambi, Rengut Nyawa Pengendara Sepeda Motor Jadi Paket Termahal, Harga Cabai di Bungo Tembus 150 Ribu Perkilogram

Home / Teknologi

Sabtu, 9 April 2022 - 00:07 WIB

Ini 10 Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google

Ini 10 Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google. GAMBAR : Ist

Ini 10 Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google. GAMBAR : Ist

1. Tambahkan Website ke Google Search Console

Agar website Anda bisa masuk ke index Google, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan website Anda ke Google Search Console. Google Search Console ini adalah alat gratis pagi para pemilik website untuk memonitor kinerja website.

Fungsi Google Search Console yang penting dalam proses indexing adalah Anda bisa melihat seberapa sering Googlebot crawling ke website Anda, memasukkan sitemaps (yang akan kami bahas di nomor selanjutnya), serta memperbaiki apabila ada proses crawl yang error.

Agar Anda bisa memanfaatkan Google Search Console dengan baik, kami sudah memberikan panduannya dengan lengkap di sini.

2. Buat Sitemap

Untuk memudahkan Googlebot memahami isi website, Anda perlu untuk membuat sitemap XML. Sitemap XML ini merupakan daftar dari halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website Anda bisa lebih mudah ditemukan yang nantinya berefek ke website Anda yang bisa lebih cepat masuk index.

Selain sitemap XML ini, ada juga sitemap HTML. Nah, berbeda dari sitemap XML yang ditujukan untuk mesin pencari, sitemap HTML ini dibuat untuk pengunjung website Anda.

Sitemap HTML sebenarnya tak berefek langsung kepada Google Index, namun Anda tetap disarankan untuk membuatnya. Hal ini karena sitemap HTML membuat pengunjung lebih mudah melakukan navigasi ke berbagai halaman di website Anda. Jadi, mereka tahu mana halaman Kategori atau mana halaman Kontak, misalnya.

Cara membuat sitemap XML dan sitemap HTML ini sudah kami jabarkan dengan lengkap di artikel ini.

3. Buat Robots.txt

Robots.txt berfungsi untuk memberi tahu kepada mesin pencari mengenai halaman mana yang perlu diindeks dan halaman mana yang tak perlu untuk diindeks.

Oh ya, pada kondisi tertentu, ada halaman yang tak perlu masuk ke index Google. Misalnya, jika ada konten duplikat di website Anda.

Keberadaan konten duplikat ini bisa membuat Google menghapus website Anda dari index. Oleh karena itu, apabila ada konten duplikat, sebaiknya tak perlu masuk ke Google Index.

Menghalangi Googlebots mengindeks halaman tak penting yang justru merugikan website bisa memberikan beberapa manfaat. Anda bisa mengurangi beban yang diterima oleh website, serta bisa mempercepat proses indexing dan hasil indeksnya nanti juga lebih rapi.

Kami sudah membahas cara membuat robots.txt dan bagaimana menerapkannya ke dalam website Anda di  Cara Setting Robot TXT di WordPress.

4. Buat Konten

Walaupun website atau blog Anda belum terindeks oleh Google, bukan berarti Anda tak bisa menerbitkan konten sama sekali. Justru Anda harus mulai menerbitkan konten agar bisa membantu website Anda lebih cepat untuk masuk ke Google Index.

Namun, Anda tak bisa membuat konten sembarangan. Anda harus membuat dan mengeluarkan konten-konten berkualitas secara rutin. Hal ini menunjukkan kepada Google bahwa website Anda itu memberikan berbagai informasi yang segar dan up-to-date kepada para pengunjung.

Konten-konten berkualitas tinggi yang segar tersebut juga membuat Googlebot semakin sering melakukan crawling pada website Anda karena relevannya konten Anda dengan apa yang sedang dicari oleh orang-orang saat ini.

BACA JUGA :  SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara

Website jenis apapun disarankan untuk mempunyai konten di dalamnya. Entah itu blog, toko online atau website perusahaan sekalipun. Namun tentu saja, membuat konten itu tak boleh asal-asalan.

5. Perbanyak Internal Link

Membuat konten berkualitas saja tak cukup. Anda masih perlu menghubungkan satu konten dengan konten lainnya melalui internal link.

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Hal ini membantu Googlebot untuk memahami konteks serta hubungan antara halaman di website Anda.

Contohnya begini:

Pada artikel Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap), langkah keempat adalah install plugin. Di situ, kami menuliskan beberapa plugin wajib yang harus Anda install dan salah satunya adalah Yoast SEO.

Coba perhatikan bahwa kami tak menuliskan cara pengaturan Yoast SEO secara lengkap di situ, melainkan memasukkan internal link ke artikel yang membahas Yoast SEO lebih dalam.

Namun, jangan asal menaruh internal link, ya. Internal link hanya untuk halaman yang terkait satu sama lainnya saja.

Jika Anda menaruh internal link asal-asalan dan tak berhubungan, Googlebot akan kebingungan terkait konteks website Anda dan keterkaitannya antara satu dengan yang lainnya.

6. Buat Halaman Kategori Konten

Apabila memiliki banyak konten di dalam website, Anda bisa membuat “halaman kategori konten” yang berisi daftar konten-konten tersebut. Selain membantu pengunjung, kategori juga akan membantu Googlebot menjelajah website Anda dengan efisien.

Anda bisa membuat halaman kategori konten ini dengan mempertimbangkan:

  • Post dengan topik bahasan yang sama
  • Produk yang mirip (jika website Anda adalah website ecommerce)
  • Berita yang berhubungan (jika Anda memiliki website berita)

Kategori ini akan membantu Google untuk menganalisis hubungan antar halaman di website Anda. Sehingga dengan adanya kategori, Googlebot bisa lebih mudah memahami konten-konten yang topiknya mirip.

Contoh yang bisa Anda temukan adalah pada Niagahoster Blog. Artikel-artikel kami dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yakni Dev, Design, Tutorial, Company.

7. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink merupakan sebuah link yang dipasang pada suatu website lain yang mengarah ke halaman website Anda.

Backlink cukup penting dalam indexing, karena salah satu cara Googlebot menemukan halaman baru adalah dengan melalui backlink. Jika Anda mendapatkan backlink berkualitas dari banyak website, semakin mudah pula Googlebot untuk menemukan website Anda.

Membangun backlink berkualitas ini bisa dikatakan adalah cara mempercepat index Google yang sering diabaikan. Padahal, Google menganggap halaman yang mempunyai backlink berkualitas itu lebih penting.

Sehingga besar kemungkinan Googlebot akan lebih cepat crawling di sana daripada halaman tanpa backlink. Hal ini nantinya akan berefek kepada proses indexing yang lebih cepat.

Kami sudah membahas backlink dengan lengkap dan mendalam di artikel ini. Anda bisa mempelajari backlink lebih jauh dan cara mendapatkannya di sana.

RSS selama ini dikenal mempunyai fungsi untuk membantu meningkatkan kunjungan ke website. Namun ternyata, RSS juga bisa berfungsi untuk membantu website Anda agar terindeks oleh Google.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Terima PIN dan Keris Sebagai Pembina Adat Melayu Jambi

RSS ini akan memberitahu Google apabila ada konten atau halaman baru pada suatu website yang siap untuk di-crawling atau diindeks.

Ada banyak aplikasi RSS Feed, namun yang kami rekomendasikan untuk membantu indexing website Anda adalah Feedburner.

Untuk membuat RSS Feedburner, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Pertama, kunjungi website Feedburner dan masuk menggunakan akun Google Anda.

Kedua, masukkan alamat website Anda di dalam kotak lalu klik “Next.”

Ketiga, berikan judul kepada feed Anda di kolom “Feed Title.” Lalu, Anda juga bisa mengganti alamat link yang telah diberikan oleh Feedburner di kolom “Feed Address.” Alamat link ini berfungsi untuk membuat orang-orang bisa menemukan feed terbaru dari website Anda.

Terakhir, apabila Anda sudah yakin semua benar, klik “Next.” Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa RSS Anda berhasil dibuat beserta alamat link yang sudah Anda atur tadi.

Nah, agar para pengunjung subscribe kepada RSS Anda, pasang saja alamat link RSS tersebut pada website Anda. Misal, “Klik di Sini untuk Subscribe RSS.”

8. Cek Apabila Ada Proses Error Dalam Index

Agar proses indexing url website lancar, Anda juga perlu untuk mengecek apakah terjadi masalah pada crawling di website Anda dan memperbaikinya. Untuk melakukannya, caranya cukup mudah, yakni menggunakan Google Search Console.

Untuk mengetahui jenis-jenis error, penjelasannya serta cara mengatasinya, Anda bisa membacanya di sini.

(Bonus) Cara Mempercepat Index Google

Selain cara-cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Walaupun sebenarnya cara-cara dibawah ini tak berpengaruh langsung terhadap Google Index, tapi tetap patut Anda coba. Setidaknya, bisa membantu Anda untuk mendapatkan trafik di luar pencarian organik, sembari menunggu diindeks oleh Google.

9. Manfaatkan Media Sosial

Walaupun media sosial tak berdampak langsung pada Google Index, Anda tetap perlu memanfaatkan media sosial. Hal ini karena media sosial berfungsi untuk membangun audiens bagi website Anda.

Bisa juga untuk mendatangkan trafik pengunjung, meningkatkan brand awareness, dan bahkan pemasaran melalui media sosial tak bisa dipandang sebelah mata saat ini.

Jika Anda tertarik lebih jauh untuk memanfaatkan media sosial bagi website Anda, kami juga sudah menulis panduannya di artikel ini.

10. Gunakan PPC

Selain media sosial, ada satu cara lagi untuk mendapatkan exposure di luar pencarian organik, yakni dengan Pay Per Click (PPC).

Meskipun tak berdampak langsung terhadap Google Index, cara yang satu ini layak untuk dicoba jika Anda menginginkan peningkatan trafik dalam waktu singkat.

Pada PPC, pemasang iklan hanya diharuskan untuk membayar setiap iklan yang diklik oleh pengunjung saja. Jadi, Anda tak akan terbebani oleh biaya iklan yang besar dan bisa disesuaikan dengan budget.(*niagahoster)

Share :

Baca Juga

Teknologi

Ingin Membuat CV yang Stand Out? Coba 5 Rekomendasi Situs Ini!

Teknologi

Ini Cara Mudah Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Lama Terkirim ke HP Kawan

Teknologi

5 Tips Traveling Ala Iqbaal Ramadhan: realme GT Master Edition Jadi Smartphone Pilihan Saat Berpergian

Teknologi

5 Penerapan Teknologi AI yang Memudahkan Aktivitas Manusia

Teknologi

Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP

Teknologi

realme Resmi Luncurkan realme 9 Pro+ & realme 9 Pro, Segini Harganya

Teknologi

7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Data Penting

Teknologi

Siaran TV Analog Bakal Dihentikan di 5 Daerah Ini, Salah Satunya Riau