YTUBE
Tragedi Sepakbola Indonesia di Stadion Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, 180 Orang Luka-luka Warga Minta Lubang Galian Jargas Ditimbun Lagi, Begini Kata Pengawas dan Pemda Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia, AHY Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan Nabi Muhammad SAW Sosok Teladan yang Agung Sepeda Santai HUT TNI KE 77 Kodim Tanjab Super Meriah Berhadiah Sepeda Motor

Home / Muaro Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 - 21:47 WIB

Jemput Bola, Disdukcapil Muaro Jambi Berhasil Lampaui Target

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si. FOTO : Novsl S.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si. FOTO : Novsl S.

MUARO JAMBI –Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muaro Jambi menyebutkan hinggga Desember 2021 pembuatan KK maupun KTP melampaui target.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si mengemukakan, dalam hasil program penataan administrasi kependudukan terdapat tiga pelayanan dasar yang melampaui target.

Misalnya, sebut dia, dokumen Akta kelahiran, KK dan KTP elektronik serta Akta kematian.

“Dari target kinerja yang direncanakan terealisasi sebanyak tahun 280.660 jiwa atau 145 % dari target telah mendapatkan dokumen KTP elektronik,” Zakaria saat d temui oleh awak media ini ruang kerjanya, Selasa (7/12/21).

Capaian tersebut kata Zakaria bukan hanya karena pelayanan dilakukan di Kantor Dukcapil yang berada di Kota Muaro Jambi, namun capaian tersebut karena sistim pelayanan dilakukan dengan sistem jemput bola.

BACA JUGA :  Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi

“Kemudian selain masyarakat datang ke kantor kita juga melakukan perekaman di kecamatan-kecamatan. Di kantor camat kini sudah bisa melakukan Kecamatan sendiri,” ujarnya.

Ini tentunya merupakan bukti kepe¬dulian warga yang cukup tinggi dalam mengurus administrasi kependudukan akta kelahiran maupun KTP yang juga merupakan amanat Undang-undang.

Meski begitu capaian tersebut tidak lantas membuat Dikcapil berbangka ataupun merasa puas namun justru harus lebih ditingkatkan lagi.

Baginya, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah sebuah keharusan. Apalagi, dalam urusan dokumen kependudukan, sebutnya, merupakan salah satu administrasi yang sangat pen¬ting yang harus dimiliki oleh warga Indonesia, sebagai salah satu kelengkapan administrasi dalam berbagai keperluan.

BACA JUGA :  Warga Tebo Harus Tahu, Polisi Akan Gelar Operasi Zebra Mulai 3 Oktober, Ini 7 Pelanggaran Disasar

Kemudian Zakaria mengimbau kepada masyarakat Muaro Jambi setiap peristiwa penting seperti ada anggota keluarga yang meninggal, agar segera dilaporkan ke Dinas Dukcapil. Agar nantinya dibuatkan catatkan diregister kematian dan dierbitkan akta kematian sekalian diterbitkan kartu keluarga yang baru.

“Kenapa demikain, jika misal yang meninggal kepala keluarganya, nanti isinya (KK) statusnya berubah, maka kita imbau masyarkat pro aktif juag dalam hal ini,” tukasnya.(Val)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Pj Bupati Muaro Jambi Shalat Id dan Serahkan Sapi Kurban di Masjid Al Abror

Muaro Jambi

Jelang Nataru, Unit Reskrim Polsek Kumpeh Ulu Gelar Akselerasi Vaksinasi

Muaro Jambi

Pj Bupati Muaro Jambi Sambut Kunjungan Kerja Ketua TP-PKK Provinsi Jambi

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Terima Kunjungan Komunitas Tuna Rungu

Muaro Jambi

PTPN VI dan Kejari Muaro Jambi Tandatangani MoU Kerjasama

Muaro Jambi

Jelang Pembongkaran Makam Brigadir J, Ibunda Histeris

Muaro Jambi

Minta Usut Tuntas Kasus Kades Bertam, Ketua PWM datangi Polres Muaro Jambi

Muaro Jambi

Libur Pasca Natal Polres Muaro Jambi Buka Gerai Vaksinasi di Jambi Paradise