indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam Kemenag Bantu Pembangunan Masjid dan Mushala Melalui SIMAS, Ini Syaratnya Bupati Muaro Jambi Pengukuhan Adat 8 Kepala Desa se Kecamatan Sungai Gelam Gudang Pengolahan Sabut Kelapa Bahan Industri Kerajinan Desa Karya Maju Terbakar UMi Bantu Akses Pembiayaan Kelompok Rentang di Balik Usaha Mikro

Home / Muaro Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 - 21:47 WIB

Jemput Bola, Disdukcapil Muaro Jambi Berhasil Lampaui Target

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si. FOTO : Novsl S.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si. FOTO : Novsl S.

MUARO JAMBI –Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muaro Jambi menyebutkan hinggga Desember 2021 pembuatan KK maupun KTP melampaui target.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi Drs. Zakaria, M.Si mengemukakan, dalam hasil program penataan administrasi kependudukan terdapat tiga pelayanan dasar yang melampaui target.

Misalnya, sebut dia, dokumen Akta kelahiran, KK dan KTP elektronik serta Akta kematian.

“Dari target kinerja yang direncanakan terealisasi sebanyak tahun 280.660 jiwa atau 145 % dari target telah mendapatkan dokumen KTP elektronik,” Zakaria saat d temui oleh awak media ini ruang kerjanya, Selasa (7/12/21).

Capaian tersebut kata Zakaria bukan hanya karena pelayanan dilakukan di Kantor Dukcapil yang berada di Kota Muaro Jambi, namun capaian tersebut karena sistim pelayanan dilakukan dengan sistem jemput bola.

BACA JUGA :  Kemenkumham Jambi Usulkan 23 Napi Buddha Terima Remisi Khusus Waisak

“Kemudian selain masyarakat datang ke kantor kita juga melakukan perekaman di kecamatan-kecamatan. Di kantor camat kini sudah bisa melakukan Kecamatan sendiri,” ujarnya.

Ini tentunya merupakan bukti kepe¬dulian warga yang cukup tinggi dalam mengurus administrasi kependudukan akta kelahiran maupun KTP yang juga merupakan amanat Undang-undang.

Meski begitu capaian tersebut tidak lantas membuat Dikcapil berbangka ataupun merasa puas namun justru harus lebih ditingkatkan lagi.

Baginya, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah sebuah keharusan. Apalagi, dalam urusan dokumen kependudukan, sebutnya, merupakan salah satu administrasi yang sangat pen¬ting yang harus dimiliki oleh warga Indonesia, sebagai salah satu kelengkapan administrasi dalam berbagai keperluan.

BACA JUGA :  7 Rekomendasi Hp OPPO Harga Rp3 Jutaan Terbaik

Kemudian Zakaria mengimbau kepada masyarakat Muaro Jambi setiap peristiwa penting seperti ada anggota keluarga yang meninggal, agar segera dilaporkan ke Dinas Dukcapil. Agar nantinya dibuatkan catatkan diregister kematian dan dierbitkan akta kematian sekalian diterbitkan kartu keluarga yang baru.

“Kenapa demikain, jika misal yang meninggal kepala keluarganya, nanti isinya (KK) statusnya berubah, maka kita imbau masyarkat pro aktif juag dalam hal ini,” tukasnya.(Val)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Ketua DPRD Muaro Jambi Pimpin Rapurna Mengenai APBD Tahun Anggaran 2022

Muaro Jambi

Upaya Desa Penyengat Olak Capai Target Vaksinasi Tahap Ketiga

Muaro Jambi

Jalan Rusak dan Angkutan Batu Bara Jadi Pemicu Kemacetan Panjang di Jalan Desa Setiris Menuju Desa Mudung Darat

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksinasi Massal Anak di SDN 67 Sekernan

Muaro Jambi

Lagi-lagi Nangkap Ikan di Danau Raman, Tradisi Unik Desa Senaung Setiap Tahun

Muaro Jambi

Gerakan 1 Juta Vaksinasi Kemenag, Yuyan : Semogra Dongkrak Capaian Booster di Muaro Jambi

Muaro Jambi

Serahkan LKPD Bupati Masnah Berharap Diujung Masa Jabatannya Muaro Jambi Dapat WTP

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi bersama Jajaran Ucapkan Selamat dan Sukses HPN 2022