YTUBE
Jaksa Masuk Pesantren, Para Satri Ponpes Sa’adatul Abadiyah Diberi Pemahaman Tupoksi Kejaksaan Heboh Kabar Penculikan Anak di SD Pembengis Cek Faktanya Disini Kapolda Jambi Terima Silaturahmi Manager PT. PLN UID S2JB UP3 Jambi Kapolres Sarolangun Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren PetroChina Dukung Gelaran Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Cendikia

Home / Pertanian

Sabtu, 3 Desember 2022 - 16:15 WIB

Manfaatkan Pekarangan, TP-PKK Desa Purwodadi Panen 30 Kilogram Jahe Merah

Tanaman Jahe Merah hasil memanfaatkan pekarangan, Rumah Ketua TP-PKK Desa Purwodadi. FOTO : Ist

Tanaman Jahe Merah hasil memanfaatkan pekarangan, Rumah Ketua TP-PKK Desa Purwodadi. FOTO : Ist

TEBING TINGGI – Disaat kondisi perekonomian Masyarakat belum benar – benar pulih pasca Pandemi Covid-19, dan menurunnya harga jual komoditas Perkebunan, membuat warga dituntut berinovasi memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Seperti yang dilakukan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Puji Astuti, dengan memanfaatkan pekarangan Rumah dirinya membudidayakan tanaman Jahe Merah. (Zingiber officinale).

Ketua TP-PKK Desa Purwodadi Puji Astuti mengatakan, untuk program PKK dirinya selalu menyarankan agar para Ibu – Ibu yang termasuk dalam TP-PKK Desa Purwodadi dan Warga Masyarakat lainnya untuk memanfaatkan lingkungan di sekitar Rumah.

BACA JUGA :  Kapolres Sarolangun Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren

“Kami selalu sampaikan ke Warga maupun PKK setiap Rumah itu harus ada tanaman Boga nya biarpun itu beberapa jenis. Untuk Jahe ini ada beberapa tempat. Lagian manfaatnya banyak sekali,” kata Puji Astuti, Sabtu (3/12/22)

Pemanfaatan pekarangan Rumah ini mendapatkan dukungan dari sang suami Jayus. Selaku Kepala Desa, Jayus memberikan support dalam budidaya Jahe Merah tersebut.

“Alhamdulillah dengan memanfaatkan lahan 10×9 Meter, Hari ini Total Jahe Merah yang dipanen sekitar 30 Kilogram,” ucapnya.

Dijelaskan Jayus, untuk pemasaran Jahe Merah tidak susah. Bahkan kondisi tidak dibuat produk apapun sudah banyak yang mau membeli.

BACA JUGA :  Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Pers Turut Menjaga Warisan Dunia

“Jahe merah ini banyak kegunaannya mulai dari untuk Wedang Jahe, Sekuteng dan lainnya,” katanya.

Tidak hanya digunakan untuk Wedang Jahe, oleh Ibu – Ibu PKK Desa Purwodadi olahan Jahe Merah ini juga dijadikan produk berbentuk bubuk.

“Untuk produk yang dikelola Ibu – Ibu PKK ini Produk Bubuk Jahe kemasan 200 Gram di Jual Rp80 Ribu. Dan untuk pemasaran masih Lokal itupun kewalahan melayaninya. Walaupun belum diolah menjadi sebuah produk,” ungkap Kades.(Bas)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pertanian

Tak Hanya Jadi Pendamping Petani, Anggota DPRD Merangin Jadi Pelopor Budidaya Porang

Pertanian

Bupati Tanjab Barat Panen Nanas Queen di Desa Muntialo

Pertanian

Beras Petani di Senyerang Tak Laku, Gerbang Tani Pinta Pemkab Carikan Solusi

Pertanian

Bupati Masnah Panen Perdana Hasil Peremajaan Sawit Rakyat di Sungai Bahar

Pertanian

Danrem 042 Gapu Support Warga Desa Labuhan Pering Tanam Pinang

Pertanian

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati : Ini Komoditi Andalan Tanjabbar

Advetorial

Bupati Safrial Tanam Secara Simbolis 10 Ribu Kopi Liberika Tungkal Komposit Di Area KUB Haji Bangun Betara

Pertanian

Bupati Syukuran Panen Padi Gapoktan BERKAH di Desa Pembengis