YTUBE
Ops Pekat Jelang Nataru, Polda Jambi Sita Puluhan Botol Miras Berbagai Merk Bupati Anwar Sadat Himbau Waspada Terhadap Pemicu Kebakaran Silaturahmi, Bupati Anwar Sadat Ajak Masyarakat Sungai Dualap Kembangkan UMKM Kebakaran di Muara Sabak Timur, AKBP Andi : Kapolsek Siap Bantu Terbitkan Suket Apel Gabungan TNI-POLRI, Ini Pesan Dandim 0419 Tanjab dan Kapolres Tanjabtim

Home / Suara TNI

Sabtu, 4 Desember 2021 - 07:40 WIB

Menegangkan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Tolong Persalinan Warga di Tengah Kondisi Darurat

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW yang bertugas di Pos Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Ketika Memberikan Pertolongan pada Warga Melakukan Persailnan, Kamis (2/12/21). FOTO : IG @aparatnegara

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW yang bertugas di Pos Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Ketika Memberikan Pertolongan pada Warga Melakukan Persailnan, Kamis (2/12/21). FOTO : IG @aparatnegara

SUARA TNI – Hari Kamis 2 Desember 2021 menjadi hari yang menegangkan bagi prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW yang bertugas di Pos Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Bagaimana tidak menegangkan, ketika itu prajurit TNI yang tergabung dalam Kolakopsrem 174/ATW Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali, harus berhadapan dengan situasi darurat untuk menyelamatkan dua nyawa sekaligus.

Saat prajurit TNI Yonif 123/Rajawali sedang berada di Pos, pukul 23.30 WIT tiba-tiba didatangi oleh seorang warga setempat.

Warga itu melaporkan bahwa ada seorang ibu hamil tua sedang membutuhkan bantuan medis di bawah rimbunan pohon pisang Pinggiran hutan.

“Ya, salah sate Pos kami yang berada di Pos Yakyu dengan sigap merespons informasi itu dan bergerak menuju lokasi”, kata Dansatgas Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P Silaban.

BACA JUGA :  38 Personil Polres Sarolangun Telah Terdaftar Sebagai Calon Jamaah Haji

Setiba di lokasi, ibu hamil yang bernama Novita sudah dalam kondisi mengkhawatirkan. Bayi yang dikandungnya akan segera lahir, sementara situasi di lokasi tak menguntungkan. Mama Novita tak henti menjerit histeris karena alami kontraksi hebat.

“Jadi saat itu Ibu Novita sedang menemani sang suami untuk berburu di Hutan. Dan di tengah jalan harus diambil tindakan untuk melakukan persalinan darurat”, ujar Letkol Goklas.

Dalam kondisi itu, akhirnya prajurit TNI langsung melaksanakan tindakan medis darurat untuk menyelamatkan nyawa Novita dan bayinya.

BACA JUGA :  Hadir di Kegiatan Bimtek ARKAS, Begini Arahan Bupati Anwar Sadat

Dengan peralatan medis seadanya dan penerangan hanya menggunakan lampu senter, prajurit Kesehatan Yonif 123/Rajawali yang sebelumnya sudah berkonsultasi kepada Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Bintang Karlien, Ass.Eng., membantu proses persalinan.

Puji syukur, persalinan darurat itu berhasil dilakukan dengan baik dan lancar. Bayi lahir sehat dan nyawa mama Novita berhasil diselamatkan. Menurut Komandan Pos TNI Yakyu Letda Darwin Simanulang, saat itu memang tak mungkin membawa Mama Novita ke tempat persalinan yang layak, sebab Mama Novita sudah Kontraksi dan pendarahan hebat, harus dilakukan tindakan penanganan segera. Akhirnya mama Novita harus melakukan persalinan darurat di perkebunan pisang.

Sumber : AparatNegara

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Suara TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi

Suara TNI

Persit Koorcab Rem 172 Berbagi Kasih Natal Bersama Panti Asuhan

Suara TNI

Dinas PU HST Cek Pengerjaan Perbaikan Mutu Jalan TMMD

Suara TNI

Resmikan Jalan Hasil TMMD di Tebo Ilir, Danrem Gapu : Tolong Dirawat

Suara TNI

Mantan Dandim 0419/Tanjab Kini Jabat Kapendam XVII Cenderawasih

Suara TNI

Satgas Pos 5 Maba SSK I Yonif RK 732/Banau Hadiri Upacara Sumpah Pemuda

Suara TNI

Sigap Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Evakuasi Kendaraan Masyarakat Terperangkap di Jalan Perbatasan

Suara TNI

SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional 6 Mobil dan 29 SPM ke Pangdam II/Sriwijaya