YTUBE
Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi dalam Karya “If You Could See Me Now” Pembinaan Karakter, Siswa Muslim dan Non Muslim di SMPN 2 Dapat Perlakuan Sama Garuda Putih FC Rebut Juara III Turnamen Sepakbola Antar Instansi HUT RI ke-77 HIPMI Fest 2022, Diza : Jangan Patah Semangat Terus Dukung UMKM Terjatuh Saat Berkelahi degan Temannya Siswi SMP Negeri di Batanghari Meninggal

Home / Pertanian

Sabtu, 11 September 2021 - 18:39 WIB

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati : Ini Komoditi Andalan Tanjabbar

https://lintastungkal.com/tag/laos/

https://lintastungkal.com/tag/laos/

BETARA – Bupati Tanjung Jabung Barat H. Anwar Sadat melaksanakan kegiatan panen raya tanaman hortikultura Laos di Dusun Karya Lestari I, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21).

Tanaman Perkebunan Laos (lengkuas) dipenen tersebut dihamparan lahan seluar Lebih Kurang 10 Ha.

Bupati H. Anwar Sadat menyampaikan bahwa kualitas Laos di perkebunan ini terbilang baik, selain ukuran rimpang yang besar,  Laos juga saat berusia sekitar 8 bulan sudah bisa dipanen.

Bupati menambahkan Laos juga berfungsi untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena Laos gampang dibudidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya serta bisa ditanam tumpang sari disela-sela tanaman lain seperti pinang, kopi dan kelapa.

“Dalam setiap 1 ha lahan bisa ditanam sekitar 1.000 rumpun dan pada satu rumpun tersebut menghasilkan lebih dari 5 kg. Sementara pada saat ini harga pasaran Laos di Provinsi Jambi Rp. 4.200 per Kg,” ungkapnya.

Bupati H. Anwar Sadat Saat Memanen Pohon Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21). FOTO : PROKOPIM

Lebih lanjut Bupati sampaikan, Laos yang berada di Tanjung Jabung Barat  merupakan andalan komoditi Tanjung Jabung Barat dalam rangka meningkatkan perekonomian terutama di pedesaan.

BACA JUGA :  Meriah Pawai Budaya HUT RI di Tanjab Barat, Berikut Foto Momennya  

“Saya kira ini merupakan komoditi yang ekonomis dan strategis ditengah kondisi pandemi, ketika perdagangan jasa terimbas Covid dan perkebunan menjadi andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ,” ujar Bupati.

“Kita berharap pada panen kali ini menjadi pemicu bagi petani kita untuk lebih aktif menanam Laos di sela-sela perkebunan mereka sehingga bisa panen sekaligus dan saya kira ini merupakan jawaban ditengah COVID-19 ini agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk kepentingan perekonomian mereka,” tutupnya.

BACA JUGA :  Gubernur Al Haris Serahkan Remisi Napi dan Anak Lapas Kelas II A Jambi

Sementar, Nurhasanah, Kasi Perbenihan dan Perlindungan OPT Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Laos merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk restorasi gambut seperti  mencegah terjadinya  kebakaran lahan dan mencegah terjadinya erosi.

“Pasarnya insyaallah jelas dan yang perlu kita kaji lagi adalah bagaimana tanaman ini bisa terekspos karena dengan kondisi tanah gambut seperti ini kita punya peluang yang besar karena jelas pasokan Laos di jambi sebagian besar pemasoknya dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kapolsek Betara, Camat Betara, Kepala Desa Muntialo dan Penyuluh Pertanian Lapangan.(*)

Bupati H. Anwar Sadat Saat Memanen Pohon Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21). FOTO : PROKOPIM

Share :

Baca Juga

Pertanian

Bupati Anwar Sadat Jadi Narasumber Pelatihan Teknis Komoditas Padi di BPP Provinsi Jambi Kecamatan Pengabuan

Pertanian

Tak Hanya Jadi Pendamping Petani, Anggota DPRD Merangin Jadi Pelopor Budidaya Porang

Pertanian

Potensi Kopi Robusta dan Alam Desa Penoban Batang Asam Tanjab Barat

Pertanian

Kapolres Hadiri Penanaman 3000 Bibit Hortikultura Optimalisasi Hasil Olah Limbah Lahan Pupuk Kompos di Lahan Rakyat

Pertanian

Harga TBS Kelapa Sawit Anjlok, Petani Merugi dan Kelimpungan Tutupi Biaya Perawatan

Pertanian

Bupati Masnah Panen Perdana Hasil Peremajaan Sawit Rakyat di Sungai Bahar

Advetorial

Bupati Safrial Tanam Secara Simbolis 10 Ribu Kopi Liberika Tungkal Komposit Di Area KUB Haji Bangun Betara

Pertanian

Kebun Duku di 3 Desa Kecamatan Jaluko Terancam Punah, Warga Minta Pemerintah Carikan Solusi