indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Dua Terduga Penyalahgunaan Sabu Dibekuk, Sejumlah Alat Bukti Disita Diduga Keracunan, 5 Orang Karyawan Kapal PT KT di Tanjab Timur Meninggal Dihadiri Bupati Masnah, HUT Desa Tanjung Lanjut Ke 39 di Wisata Danau Tangkas Meriah Atlet Taekwondo Tanjabbar Sukses Raih 2 Emas dan 2 Perunggu Kejuaraan Wali Kota Jambi 2022 Pengamat : Realistis Bila Golkar Usung Anies Baswedan

Home / Pertanian

Sabtu, 11 September 2021 - 18:39 WIB

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati : Ini Komoditi Andalan Tanjabbar

https://lintastungkal.com/tag/laos/

https://lintastungkal.com/tag/laos/

BETARA – Bupati Tanjung Jabung Barat H. Anwar Sadat melaksanakan kegiatan panen raya tanaman hortikultura Laos di Dusun Karya Lestari I, Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21).

Tanaman Perkebunan Laos (lengkuas) dipenen tersebut dihamparan lahan seluar Lebih Kurang 10 Ha.

Bupati H. Anwar Sadat menyampaikan bahwa kualitas Laos di perkebunan ini terbilang baik, selain ukuran rimpang yang besar,  Laos juga saat berusia sekitar 8 bulan sudah bisa dipanen.

Bupati menambahkan Laos juga berfungsi untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena Laos gampang dibudidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya serta bisa ditanam tumpang sari disela-sela tanaman lain seperti pinang, kopi dan kelapa.

“Dalam setiap 1 ha lahan bisa ditanam sekitar 1.000 rumpun dan pada satu rumpun tersebut menghasilkan lebih dari 5 kg. Sementara pada saat ini harga pasaran Laos di Provinsi Jambi Rp. 4.200 per Kg,” ungkapnya.

Bupati H. Anwar Sadat Saat Memanen Pohon Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21). FOTO : PROKOPIM

Lebih lanjut Bupati sampaikan, Laos yang berada di Tanjung Jabung Barat  merupakan andalan komoditi Tanjung Jabung Barat dalam rangka meningkatkan perekonomian terutama di pedesaan.

BACA JUGA :  Putra Mantan Wapres Try Sutrisno Jabat Pangdam III/Siliwangi

“Saya kira ini merupakan komoditi yang ekonomis dan strategis ditengah kondisi pandemi, ketika perdagangan jasa terimbas Covid dan perkebunan menjadi andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ,” ujar Bupati.

“Kita berharap pada panen kali ini menjadi pemicu bagi petani kita untuk lebih aktif menanam Laos di sela-sela perkebunan mereka sehingga bisa panen sekaligus dan saya kira ini merupakan jawaban ditengah COVID-19 ini agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk kepentingan perekonomian mereka,” tutupnya.

BACA JUGA :  Bupati Muaro Jambi Resmikan Pabrik AMDK dan Air Rasa PT Afresh Indonesia

Sementar, Nurhasanah, Kasi Perbenihan dan Perlindungan OPT Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Laos merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk restorasi gambut seperti  mencegah terjadinya  kebakaran lahan dan mencegah terjadinya erosi.

“Pasarnya insyaallah jelas dan yang perlu kita kaji lagi adalah bagaimana tanaman ini bisa terekspos karena dengan kondisi tanah gambut seperti ini kita punya peluang yang besar karena jelas pasokan Laos di jambi sebagian besar pemasoknya dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kapolsek Betara, Camat Betara, Kepala Desa Muntialo dan Penyuluh Pertanian Lapangan.(*)

Bupati H. Anwar Sadat Saat Memanen Pohon Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/09/21). FOTO : PROKOPIM

Share :

Baca Juga

Pertanian

Kapolres Hadiri Penanaman 3000 Bibit Hortikultura Optimalisasi Hasil Olah Limbah Lahan Pupuk Kompos di Lahan Rakyat

Pertanian

Dandim 0419/Tanjab Apresiasi Petani Cabai Merah di Lubuk Terentang Karena Lakukan Ini

Pertanian

Bupati Anwar Sadat Jadi Narasumber Pelatihan Teknis Komoditas Padi di BPP Provinsi Jambi Kecamatan Pengabuan

Pertanian

Pemkab Tanjabbar Ajukan Replating 5 Ribu Hektar Sawit

Kecamatan

Safrial Tanam Perdana Replating Sawit di Desa Lampisi

Pertanian

Bupati Syukuran Panen Padi Gapoktan BERKAH di Desa Pembengis

Provinsi Jambi

Fachrori Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Peremajaan Sawit Rakyat

Pertanian

Danrem 042 Gapu Support Warga Desa Labuhan Pering Tanam Pinang