indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Sekdis Dikbud Firdaus Hadiri Syukuran Selesainya Rehab SMPN 38 Muaro Jambi TNI AD Akan Gelar Liga Santri Piala Kasad Untuk Pesantren Seluruh Indonesia TNI AD Gandeng PT. Kimia Farma Salurkan Vaksin dan Sembako Mulai 1 Mei 2022, Amazon Tutup Layanan Alexa.com TMMD Ke-113 di Desa Bukit Indah dan Intan Jaya Berikut Sasarannya

Home / Pemerintahan

Rabu, 15 Desember 2021 - 11:06 WIB

Pantau Kondisi Bahan Pokok, TPID Antisipasi Inflasi Menjelang Nataru

FOTO : Kabag Perekonomian Setda Tanjung Jabung Barat Alfaizal Caniago, SE., ME Memimpin Rapat TPID  Antisipasi Inflasi Menjelang Nataru, Selasa (14/12/21).

FOTO : Kabag Perekonomian Setda Tanjung Jabung Barat Alfaizal Caniago, SE., ME Memimpin Rapat TPID  Antisipasi Inflasi Menjelang Nataru, Selasa (14/12/21).

KUALA TUNGKALPemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), menggelar Rapat guna memantau kondisi bahan pokok sebagai antisipasi terjadinya inflasi di Pasar Tradisional menjelang Nataru, di Ruang Rapat Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Selasa (14/12/21).

Kabag Perekonomian Setda Tanjung Jabung Barat Alfaizal Caniago, SE, ME mengatakan, TPID saat ini tengah melakukan pemantauan terkait komoditi bahan makanan pokok untuk menghadapi Nataru.

“Pemantauan yang TPID lakukan sekaligus mengumpulkan data seperti Harga Sembako dan Bahan Pokok lainnya ini menjadi bahan acuan TPID ke Lapangan sebagai upaya  mengantisipasi terjadinya inflasi menyambut Nataru,” ungkap Alfaizal kepada lintastungkal.com melalui Ponsel, Selasa (14/12/21) Sore.

Dijelaskan Alfaizal, pengumpulan data seperti Sembako dari Koperindag, ketersedian Beras, Daging maupun Tepung yang juga ada di Bulog, guna mengetahui ketersedian Stok Bahan kebutuhan pokok seperti apa begitu juga Inflasi yang terjadi di Pasar untuk bahan pokok itu seperti apa.

BACA JUGA :  Raih Juara II Gubernur Cup Jambi 2022, Begini Kata Pelatih dan Ketua PSSI Muaro Jambi

Dari pengumpulan data yang diperoleh dari OPD terkait ini menjadi bahan acuan yang berkemungkinan Pak Bupati ikut turun langsung ke Lapangan melakukan pengecekan kondisi harga bahan pokok sebelum Natal dan Tahun Baru.

“Termasuk dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perhubungan yang juga kita minta informasi terkait Distribusi Barang,” sebutnya.

“Hasil dari pendataan yang kita lakukan akan kita Rekap berapa kenaikan di Komoditi pokok di Pasar. Jadi sebelum kita kelapangan, kita sudah punya data,” imbuhnya.

BACA JUGA :  TMMD Ke-113 di Desa Bukit Indah dan Intan Jaya Berikut Sasarannya

Disinggung upaya yang dilakukan untuk menjaga Stablitas Harga Bahan Pokok?, Alfaizal mengatakan, mungkin jika secara teknis pihak Koperidag bisa melakukan operasi pasar.

“Saat ini kan Cabe Rawit dan Cabe Keriting yang terlihat mengalami kenaikan. Dan daerah-daerah lain juga mengalami kenaikan ditingkat Petani mungkin karen gagal panen pengaruh cuaca. Tetapi kita akan lihat lagi fluktuasi kedepan seperti apa. Bisa saja turun drastis atau sebaliknya,” sebut Alfaizal.

Sementara untuk ketersedian Beras, Daging Beku maupun Tepung yang ada di Bulog masih mencukupi. Intinya apa yang dilakukan TPID sebagai acuan kelapangan agar tidak terjadi lonjakan harga komoditi bahan makanan pokok menjelang Nataru.(Bas)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Safrial Sambut Hangat Kunker Kapolda Jambi di Tanjung Jabung Barat

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Doa Tahlil Untuk Almarhum H. Zulkifli Nurdin

Pemerintahan

77 Pejabat Eselon 3 dan 4 di Tanjab Barat Kembali Dilantik, Ini Nama-namanya

Pemerintahan

HUT Korpri Ke-47, ASN Pemkab Tanjab Barat Ikrar Anti Narkoba, Begini Tanggapan Kepala BNN Jambi

Advetorial

Bupati Safrial Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan Bank Jambi

Berita

Ini Calon Sekda yang Diajukan Bupati Safrial ke Gubernur dan Komisi ASN

Pemerintahan

Aturan Pembatasan Berpergian dan Cuti ASN Tanjab Barat Selama Nataru

Pemerintahan

Bupati Hadir Paripurna Kedua Pembahasan LKPJ Tahun Anggaran 2019