LIVE
RS Bratanata Jambi Resmi Naik Status Danone Indonesia Bersama Kemendikbudristek Dukung Percepatan Vaksinasi PTK dan Peserta Didik Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kenaikan Status Rumkit Bratanata Jambi Pohon dan Tanaman Sekitar Jaringan Listrik Akan dilakukan Pemangkasan Bupati Perintahkan Inspektorat Imbau OPD Penuhi Dokumen Diminta BPK

Home / Pilkada

Minggu, 27 Desember 2020 - 14:31 WIB

Penetapan Paslon Bupati Terpilih, KPU Tunggu Surat Resmi dari MK

FOTO : Dokumentasi KPU Tanjab Barat Saat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020, Kamis (17/12/20)

FOTO : Dokumentasi KPU Tanjab Barat Saat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020, Kamis (17/12/20)

KUALA TUNGKALKPU Tanjab Barat telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk Pilbup Tanjab Barat tahun 2020.

Namun untuk menetapkan pasangan calon terpilih atau peraih suara terbanyak, KPU Tanjan Barat baru dapat melaksanakannya pasca diterimanya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Divisi Sosdiklih dan SDM KPU Tanjab Barat, M. Ilyas dikinfirmasi, Minggu (27/12/20).

BACA JUGA :  Bupati Perintahkan Inspektorat Imbau OPD Penuhi Dokumen Diminta BPK

Berdasarkan regulasi yang ada, kada dia MK bakal melayangkan surat resmi ke KPU perihal ada tidaknya gugatan dari pasangan calon tertentu.

Ilyas menjelaskan, hingga harinini pihaknya belum memperoleh informasi apapun tentang ada tidaknya gugatan perselisihan hasil Pilkada Tanjab Barat ke MK.

“Jadi kita KPU memilih menunggu kepastian dari MK tentang hal tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Tanjab Barat Sambut Silaturrahmi Basarnas Provinsi Jambi

Jika tak ada gugatan untuk Pilkada Tanjab Barat, KPU Tanjab Barat bakal segera menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilkada tahun 2020.

“Aturannya dalam PKPU 5/2020 itu paling tidak lima hari setelah surat dari MK itu diterima, KPU harus menggelar penetapan pasangan calon terpilih,” begitu kata Ilyas.

Sebelumnya KPU Tanjab Barat telah menggelar pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020 pada Kamis 17 Desember 2020.

BACA JUGA :  TNI Buka Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir 2021 Lulusan D4-S1, Ini Persyaratan dan Ketentuannya

Dalam pleno tersebut KPU Tanjab Barat menetapkan Paslon Nomor Urut 02 UAS-Hairan memperoleh suara terbanyak dengan jumlah 67.434 suara pemilih.

Urutan kedua Paslon Nomor Urut 01 Mulyani-Amin hanya memperoleh suara sebanyak 51.837. Sementara paslon 3 Muklis- Supardi memperoleh suara sebanyak 31.501 suara.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

PSU di Kabupaten Kerinci, Al Haris-Sani Unggul Telak

Pilkada

Pilkada Tanjabbar 2020, KPU Buka Pendaftaran Jalur Perseorangan

Pilkada

Kuota Belum Terpenuhi, Bawaslu Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Panwascam 3 Kecamatan

Pilkada

Besok, MK Bacakan Putusan Sidang Sengketa Pilgub Jambi

Pilkada

Danrem 042 Gapu Terima Silaturrahmi dan Audiensi Bawaslu Provinsi Jambi

Pilkada

Daftar Penjaringan PAN, Fasha Kirim Utus Ambil Formulir

Pilkada

KPU Tanjab Barat Rekrut 670 PPDP

Pilkada

Antisipasi Kebocoran Soal, Polres Tanjabbar dan Bawaslu Kawal Penggandaan Soal Tes Tertulis Calon PPS oleh KPU