LIVE TV
Tidak Terawat, Akses Jembatan Hutan Mangrove Pangkal Babu pada Ambrol Segera Hadir HP Samsung M62 Usung Batre 7000 mAh Warga Bahar Selatan Serahkan Senpi Rakitan ke Polisi Imbas Penundaan Haji, Sejumlah JCH Tanjab Barat Tarik Setoran BPIH Terjaring Razia Prokes, Puluhan Warga Didenda

Home / Pilkada

Minggu, 27 Desember 2020 - 14:31 WIB

Penetapan Paslon Bupati Terpilih, KPU Tunggu Surat Resmi dari MK

FOTO : Dokumentasi KPU Tanjab Barat Saat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020, Kamis (17/12/20)

FOTO : Dokumentasi KPU Tanjab Barat Saat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020, Kamis (17/12/20)

KUALA TUNGKALKPU Tanjab Barat telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk Pilbup Tanjab Barat tahun 2020.

Namun untuk menetapkan pasangan calon terpilih atau peraih suara terbanyak, KPU Tanjan Barat baru dapat melaksanakannya pasca diterimanya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Divisi Sosdiklih dan SDM KPU Tanjab Barat, M. Ilyas dikinfirmasi, Minggu (27/12/20).

Berdasarkan regulasi yang ada, kada dia MK bakal melayangkan surat resmi ke KPU perihal ada tidaknya gugatan dari pasangan calon tertentu.

BACA JUGA :  Bhayangkari Polres Tanjabbar Berikan Edukasi Trauma Healing dan Kawal Prokes Pada Warga Desa Jati Emas yang Isolasi Mandiri

Ilyas menjelaskan, hingga harinini pihaknya belum memperoleh informasi apapun tentang ada tidaknya gugatan perselisihan hasil Pilkada Tanjab Barat ke MK.

“Jadi kita KPU memilih menunggu kepastian dari MK tentang hal tersebut,” ungkapnya.

Jika tak ada gugatan untuk Pilkada Tanjab Barat, KPU Tanjab Barat bakal segera menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilkada tahun 2020.

“Aturannya dalam PKPU 5/2020 itu paling tidak lima hari setelah surat dari MK itu diterima, KPU harus menggelar penetapan pasangan calon terpilih,” begitu kata Ilyas.

BACA JUGA :  Tidak Terawat, Akses Jembatan Hutan Mangrove Pangkal Babu pada Ambrol

Sebelumnya KPU Tanjab Barat telah menggelar pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Tanjab Barat 2020 pada Kamis 17 Desember 2020.

Dalam pleno tersebut KPU Tanjab Barat menetapkan Paslon Nomor Urut 02 UAS-Hairan memperoleh suara terbanyak dengan jumlah 67.434 suara pemilih.

Urutan kedua Paslon Nomor Urut 01 Mulyani-Amin hanya memperoleh suara sebanyak 51.837. Sementara paslon 3 Muklis- Supardi memperoleh suara sebanyak 31.501 suara.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Sidang Gugatan CE-Ratu di MK Berlanjut ke Agenda Pembuktian

Pilkada

Safrial Resmi Daftar Calon Gubernur Penjaringan PDIP Jambi

Nasional

Tito, Pilkada Serentak Bagian Tak Terpisahkan dalam Penanganan Covid-19

Pilkada

Gabungan 150 Anggota DPRD se Jambi dan 2 Anggota DPR Siap Menangkan Al Haris-Sani

Pilkada

Bertambah, 52 Anggota KPPS di Tanjabbar Terpapar Covid-19

Pilkada

Pilgub Jambi Mulai Menggeliat, Al Haris Kantongi Dukungan dari PKS dan Berkarya

Pilkada

Catat, KPU Akan Gelar Debat Terbuka Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat

Pilkada

KPU Tanjabbar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak