YTUBE
MTQ ke XXVII di Kelurahan Tungkal III, Lurah : Sarana Motivasi Membumikan Al -Qur’an di Tanjabbar Liga Santri, Ponpes KH Abdul Satar Saleh Menang Telak Lawan Ponpes Manarulhuda Darqis 134 Desa di Tanjab Barat Sudah Miliki Da’i Desa Polres Tanjabbar Amankan Pelaku Pengelapan Motor Milik Bengkel, Begini Modus Pelaku Program Kerja Kadis Dikbud Muaro Jambi, Urutan 2 Bikin Repot Guru Punya Kebiasan Ini

Home / Muaro Jambi

Selasa, 7 Juni 2022 - 11:09 WIB

Persiapan Hadapi MTQ Tingkat Provinsi Pemkab Muaro Jambi Gelar STQ

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono Melantik Dewan hakim dan Panitera STQ. FOTO : Noval

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono Melantik Dewan hakim dan Panitera STQ. FOTO : Noval

MUARO JAMBI – Jelang MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang akan digelar di Kota Sungai Penuh, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ).

Pada Senin (06/6/22) pagi puluhan Dewan Hakim dan Panitera STQ dilakukan Pelantikan dan Pembaiatan oleh Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono di Aula Rumah Dinas Bupati Muaro Jambi.

Usia melantik dan membaiat puluhan Dewan Hakim dan Panitera, Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono menyampaikan Lima hal yang harus dipegang teguh oleh para Dewan Hakim dan Panitera.

Pertama bahwa, sebagai Dewan Hakim dan Panitera harus menyadari bahwa anda semua adalah orang orang pilihan yang mendapatkan amanat langsing dari Pemerintah dan Masyarakat Muaro Jambi.

BACA JUGA :  Ini Pesan Penting Danrem 042/Gapu Saat Apel Gabungan, Prajurit Harus Tahu

“Oleh karna itu, jangan ada kecenderungan memihak, apalagi bagi dewan hakim yang berasal dari tiap-tiap Kecamatan,” Sebut Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono.

Kedua, kegiatan pelantikan dan pembaiatan ini, adalah sebagai legalitas formal bagi seorang dewan hakim dan panitera dalam menjalankan tugasnya.

Ketiga, Sebagai Dewan Hakim dan Panitera, sangat dituntut Integritasnya dalam menjalankan tugasnya.

“Bapak Ibu semua tadi kan sudah disumpah dan dibaiat, maka jalankan sesuai tugas itu dengan sebaik baiknya.

Keempat, hindari praktek tidak jujur, tidak objektif dan nilai pesanan dalam melaksanakan tugas kehakiman.

Kelima sebagai dewan hakim harus tegak lurus menegakkan keadilan dan kebenaran apalagi yang dilombakan adalah ayat-ayat suci Al-Qur’an.

BACA JUGA :  Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Panitia Diminta Laksanakan Sesuai Protap

“Tadi Bapak/Ibu dilantik dan dibaiat dengan dua kalimat yang memiliki makna yang sangat sakral dan suci, diawali dengan ucapan basmalah. Oleh karenanya harus menjadi perhatian yang sungguh-sungguh oleh semua majelis hakim dan panitera,” katanya.

Sekda Muaro Jambi juga mengingatkan semua Dewan hakim dan Panitera untuk mengikuti kegiatan Orientasi secara seksama agar benar benar dapat memahami kaidah kaidah dalam memberikan penilaian terhadap peserta.

“Saya minta Ketua Dewan hakim diharapkan betul-betul dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang kehakiman kepada anggotanya. Dan yang paling utamra adalah kita ingatkan semua bahwa Dewan Hakim dan Panitera harus memiliki etika dan akhlakul karimah baik saat penilaian maupun di luar penilaian.(Val)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Gerakan 1 Juta Vaksinasi Kemenag, Yuyan : Semogra Dongkrak Capaian Booster di Muaro Jambi

Muaro Jambi

Vaksinasi Mobile Polres Muaro Jambi Menyasar Pengunjung Cafe

Daerah

Gubernur Beri Penghargaan 3 Personil Polres Muaro Jambi Atas Inovasi Program ‘BEKALI’ Bagi Anak-Anak Terdampat Covid-19

Muaro Jambi

Tradisi Ziarah Kubur Warga Desa Senaung Hari Lebaran Pertama Idul Fitri

Muaro Jambi

PUPR Muaro Jambi Akui Minim Anggaran

Muaro Jambi

Polda Jambi Amankan 6 Ton Solar dari Gudang Minyak Ilegal

Muaro Jambi

Polda Jambi Resmi Sita Aset PT DHD Terkait Kasus Investasi Lele

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksinasi Massal Serentak 8 Desa