LIVETV
Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Open Turnamen Bupati Lebong Cup Bupati Cek Pengerjaan Pengerasan Jalan Parit Deli ke Sungai Dungun Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas Gedor Pintu Truk Parkir di Pom Bensin, Pemuda Berssajam Diamankan Polisi Korem 042/Gapu Berangkatkan 156 Pemuda Jambi Ikuti Seleksi Secata PK TNI AD Tingkat Pusat




Home / Pemerintahan

Kamis, 27 Mei 2021 - 08:18 WIB

Potensi Menjanjikan, Hairan ; Harusnya Ada Juga Reflating Kelapa Dalam

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, SH pada Acara Dialog Nasional Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri di Teater Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (20/05/21). FOTO : Prokopim.

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, SH pada Acara Dialog Nasional Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri di Teater Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (20/05/21). FOTO : Prokopim.

KUALA TUNGKAL – Sektor yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah sektor perkebunan yang harus terus diremajakan untuk memperbaiki mutu produksi.

Perkebunan yang dimaksud ini adalah kelapa. Kelapa adalah komoditi strategis yang berperan sebagai peningkatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan saat menjadi Narasumber pada acara Dialog Nasional dengan tema ‘Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri’ di Teater Perpustakaan Nasional RI Jakarta, Kamis (20/05/21).

BACA JUGA :  Resepsi Pernikahan di Masa Pandemi, Tugas EO Kawal Pelaksanaan Prokes

Pada dialog yang diprakarsai oleh Majalah Trubus ini juga dihadiri Bupati Indragiri Hilir H. Muhammad Wardan, Direktur Eksekutif International Coconut Community, Ibu Jelfina C. Allouw dan Ketua Sahabat Kelapa Indonesia, Bapak Mawardin M. Simpala.

Hairan menuturkan industri kelapa dalam sangat perlu dikembangkan di Tanjung Jabung Barat karena potensi usaha tani kelapa sangat merupakan perkebunan utama petani lokal di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan.

BACA JUGA :  Pertalite Seharusnya Rp 11.000/Liter, Namun Pertamina Tetap Menjual Rp 7.650 per liter

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah membangun sarana irigasi (tanggul) sepanjang lebih kurang 57 kilo meter untuk menunjang pengembangan produkai kelapa dalam.

“Namun upaya tersebut belum maksimal sehingga butuh uluran tangan dan perhatian dari pemerintah pusat,” kata Hairan.

Sebagai perbandingan katanya, industri kelapa sawit hari ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah mencapai 30 juta rupiah per hektar untuk replanting.

“Jadi pada kesempatan ini kita berharap pemerintah pusat juga bisa membantu industri kelapa dalam, setidaknya mendapatkan perlakuan yang sama seperti program replanting kelapa sawit,” ucap Hairan.

BACA JUGA :  Jubir Covid-19 Tanjab Barat Sebut Tidak Ada Lonjakan Kasus Usai MTQ ke-50

Kelapa, manfaatnya tidak saja bergantung pada daging buahnya yang dapat diolah menjadi santan, kopra dan minyak melainkan seluruh bagian tanaman kelapa memiliki manfaat yang besar.

“Bila ini bisa diwujudkan geliat pertanian kelapa dalam akan bangkit kembali, kuat dan tangguh dalam menghadapi persaingan global,” timpalnya.(*)

Download aplikasi lintastungkal.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di Play Store.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Bupati Sampaikan Tanggapan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap LKPJ 2019

Pemerintahan

Bupati Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Penegakan Protokol Kesehatan

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Tenerima Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik Dari Ombudsman RI

Pemerintahan

Wabup Amir Sakib Lantik Sejumlah Pejabat Eselon IV

Pemerintahan

Ini Pesan Bupati Tanjabbar ke Penerima Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria 2021

Pemerintahan

Amir Sakib Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi

Pemerintahan

Bakal Meriah, 471 Kafilah 13 Kecamatan Ikuti MTQ Ke-48 Di Senyerang

Pemerintahan

Pendaftaran Ujian Dinas Kenaikan Pangkat dan Penyesuaian Ijazah Tahun 2020 Dimulai