indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kusruh di SMAN 3 Muaro Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Diminta Turun Tangan Masa Reses ke III Warga Kelurahan Tungkal III Menyampaikan Ini ke Hasbi Buntut Mogok Belajar, Komisi I DPRD Sidak ke SMAN 3 Muaro Jambi Dikunjungi Jamal, Warga Minta Rehab Jembatan Mangrove dan Pembangunan Jalan 800 Meter Pimpin Rapat Kerja, Pj Bupati Muaro Jambi Soroti Disiplin PNS yang Tak Pernah Ditindaklanjuti

Home / Pemerintahan

Kamis, 27 Mei 2021 - 08:18 WIB

Potensi Menjanjikan, Hairan ; Harusnya Ada Juga Reflating Kelapa Dalam

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, SH pada Acara Dialog Nasional Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri di Teater Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (20/05/21). FOTO : Prokopim.

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, SH pada Acara Dialog Nasional Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri di Teater Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (20/05/21). FOTO : Prokopim.

KUALA TUNGKAL – Sektor yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah sektor perkebunan yang harus terus diremajakan untuk memperbaiki mutu produksi.

Perkebunan yang dimaksud ini adalah kelapa. Kelapa adalah komoditi strategis yang berperan sebagai peningkatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan saat menjadi Narasumber pada acara Dialog Nasional dengan tema ‘Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri’ di Teater Perpustakaan Nasional RI Jakarta, Kamis (20/05/21).

Pada dialog yang diprakarsai oleh Majalah Trubus ini juga dihadiri Bupati Indragiri Hilir H. Muhammad Wardan, Direktur Eksekutif International Coconut Community, Ibu Jelfina C. Allouw dan Ketua Sahabat Kelapa Indonesia, Bapak Mawardin M. Simpala.

BACA JUGA :  Antusias Masyarakat Tinggi, 95 Peserta Calon Staf Baznas Mengikuti Seleksi Tertulis

Hairan menuturkan industri kelapa dalam sangat perlu dikembangkan di Tanjung Jabung Barat karena potensi usaha tani kelapa sangat merupakan perkebunan utama petani lokal di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan.

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah membangun sarana irigasi (tanggul) sepanjang lebih kurang 57 kilo meter untuk menunjang pengembangan produkai kelapa dalam.

“Namun upaya tersebut belum maksimal sehingga butuh uluran tangan dan perhatian dari pemerintah pusat,” kata Hairan.

Sebagai perbandingan katanya, industri kelapa sawit hari ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah mencapai 30 juta rupiah per hektar untuk replanting.

BACA JUGA :  Buntut Mogok Belajar, Komisi I DPRD Sidak ke SMAN 3 Muaro Jambi

“Jadi pada kesempatan ini kita berharap pemerintah pusat juga bisa membantu industri kelapa dalam, setidaknya mendapatkan perlakuan yang sama seperti program replanting kelapa sawit,” ucap Hairan.

Kelapa, manfaatnya tidak saja bergantung pada daging buahnya yang dapat diolah menjadi santan, kopra dan minyak melainkan seluruh bagian tanaman kelapa memiliki manfaat yang besar.

“Bila ini bisa diwujudkan geliat pertanian kelapa dalam akan bangkit kembali, kuat dan tangguh dalam menghadapi persaingan global,” timpalnya.(*)

Download aplikasi lintastungkal.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di Play Store.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Anwar Sadat : Assesment Diharap Menghadirkan Ouput Pejabat Sesuai Kompetensi

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Tenerima Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik Dari Ombudsman RI

Pemerintahan

Sejulmlah Pejabat Administrator dan Pengawas di Tanjab Barat Kembali Dilantik

Pemerintahan

Bupati Ikuti Evaluasi SAKIP dan RB Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2021 oleh Evaluator MenPAN-RB

Ekonomi

Jelang Tahun Baru Sejumlah Harga Sembako Naik, Tim Satgas Pangan Tanjabbar Sidak Pasar

Pemerintahan

Ini 110 Pejabat Eselon III dan IV Baru Dilantik di Pemkab Tanjab Barat

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Santri Nasional

Pemerintahan

Tanjab Barat Menerima Tiga Piagam Penghargaan dari KPK