Sekda Ikuti Rakor Bidang Politik Dan Pemerintahan Umum Terkait Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp
FOTO : Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Agus Sanusi Saat Hadir Pada Rakor  Bidang Politik Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar di Nusa Dua Convention Centre, Bali, Kamis (27/02/20).

DENPASAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Agus Sanusi hadiri rapat Koordinasi bidang politik Pemerintahan Umum dan Deteksi Dini Mendukung Sukses Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar di Nusa Dua Convention Centre, Bali, Kamis (27/02/20).

Rakor yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini juga dihadiri oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R. Golose dan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, serta diikuti oleh KABINDA dan KAJATI Provinsi, Sekretaris Daerah dan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Berita Lainnya

Tito karnavian dalam sambutannya menyampaikan, Keberhasilan Pilkada sangat ditentukan oleh sinergisitas 6 elemen yang meliputi Penyelenggara (KPU, BAWASLU dan DKPP), Aparat keamanan, Pemerintah Pusat dan Daerah, Parpol, Paslon dan pendukung, Media dan Pers, serta berbagai tokoh dilapisan masyarakat.

Menurutnya, Konflik yang paling besar merupakan konflik agama. Terkait hal itu Mendagri berharap Pemerintah Daerah dapat memberikan perhatian, serta mengoptimalkan peran FKUB. Tito Karnavian berharap usai penyelenggaraan Rakor ini, seluruh peserta dapat sampaikan kepada Kepala Daerah tentang perlunya penguatan terhadap Kesbang, dan instrumen lainnya seperti Forkopimda, FKUB dan Forum lainnya bersama tokoh masyarakat.

“Intinya saya kira (seluruh peserta) sepulang dari sini sampaikan ke Kepala Daerah tentang perlunya memperkuat Kesbang, memperkuat instrumen-instrumen yang ada mulai dari Forkompinda, FKUB dan forum lain bersama tokoh masyarakat untuk diaktifkan dan di biayai oleh Kepala Daerah. Nanti Pak Dirjen Polkum, akan buat konsep, dan nanti akan saya segera tandatangani untuk kepala daerah segera mengatensi ini,” tegas Mendagri Tito.

Tito Karnavian juga tegaskan akan berikan teguran atau sanksi jika ada Kepala Daerah yang tidak melaksanakan arahan surat edaran tersebut sesuai UU No 23 Tahun 2014 pasal 68-69.

Selain itu, Tito juga berharap kepada Kepala Daerah beserta jajaran Pemerintah Daerah bersama KPU dan Bawaslu untuk menyamakan persepsi mengenai netralitas ASN dan lain-lain terkait Pilkada Serentak 2020.

Ditemui usai kegiatan, Sekretaris Daerah Tanjab Barat Ir. H. Agus Sanusi dalam wawancaranya sampaikan pada dasarnya Pemkab Tanjab Barat siap mendukung Sukses Pilkada serentak 2020.

“Tadi ada beberapa arahan Bapak Mendagri terkait Pilkada, dan akan kita sampaikan kepada Bapak Bupati sebagai laporan,” ujar Sekda.

“tentu kita (Pemkab Tanjab Barat) akan melaksanakan arahan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambah Sekda.(hms/bbs)

Berita terkait