YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Seni Budaya

Sabtu, 30 Juli 2022 - 13:22 WIB

Teater Tonggak Akan Gelar Karya Pengolahan ‘LESUNG LUCI’ di Jambi dan Palembang

Teater Tonggak Akan Gelar Karya Pengolahan 'LESUNG LUCI' di Jambi dan Palembang. FOTO : Dhea

Teater Tonggak Akan Gelar Karya Pengolahan 'LESUNG LUCI' di Jambi dan Palembang. FOTO : Dhea

JAMBITeater Tonggak akan menghadirkan pergelaran karya pengolahan berjudul ‘Lesung Luci’ di dua kota, pada Agustus 2022.

Lesung Luci karya/sutradara Didin Siroz, menceritakan tentang kakitau (Orang-orangan sawah) yang digunakan untuk mengusir burung pemakan padi. ini merupakan kebiasaan masyarakat Bungo, dalam memanfaatkan Kakitau yang dipandang memiliki unsur magic, karena mampu mengusir burung-burung pemakan padi di sawah.

Kakitau didalam pergelaran ini tidak hanya menghadirkan gerak ataupun bentuk dari kakitau namun juga akan adanya dialog antar Kakitau yang bermimpi menjadi manusia.

Dialog-dialog yang sampaikan para tokoh, bisa dicerna segala umur, bersifat edukasi dan pencerahan terkait budaya kekayaaan di provinsi Jambi khususnya Kerinci yaitu Ngayun Luci.

BACA JUGA :  Peringati Maulid Nabi Pemkab Tebo Akan Hadirkan Penceramah Ustadz HM. Syauqi MZ

“Karya LESUNG LUCI hasil riset baik referensi buku, pengalaman saya sendiri dan para tokoh sehingga terciptanya karya hasil pengolahan ini. Lalu Lesung Luci mengisyaratkan pesan dengan tujuan dapat Meningkatkan kepedulian Siswa dan Pelajar Kota Jambi terhadap seni dan budaya di Jambi termasuk kalangan masyarakat umum. Meningkatkan Kesadaran terhadap seni dan budaya lokal yang ada serta mendorong untuk menciptakan kekaryaan,” Terang Didin Siroz, disela-sela latihan (Jum’at, 29/07/2022).

Adapun yang terlibat dalam LESUNG LUCI Karya/Sutradara: Didin Siroz, Ass Sutradara: Raja Rizki Maylando. Para Pemeran: Mahendra sebagai KLINONG, Tri Putra Mahardhika H sebagai PERONG dan DATUK, Mario Kuntania sebagai TOW TOW, Hary Extrada sebagai BOROK dan TOKOH, M Rahul sebagai PIRAU, Wise Azizah sebagai UPIK, Olenda Amelia sebagai Warga, Liza Lazuarmi sebagai Warga, Wuviq azizah sebagai Warga, dan Nora Azizah sebagai Warga.

BACA JUGA :  Tim Gabungan TNI-Polri Kota Jambi Sosialisasikan Pencegahan Aksi Kejahatan Jalanan dan Geng Motor

Penata Pemusik: Azhar MJ, pemusik: Ahmad Junaidi, Syahrul Addha DS, Penyanyi: Dina Gusti Aulia, Penata Artistik: Putra Agung dan Mahendra, Penata Kostum: Latifah Siroz, Koreografer: Tri Putra Mahardhika H, Penata Rias: Liza Lazuarmi, serta Pimpinan Produksi: Hendry Nursal. [Lanjut Page 2]

Share :

Baca Juga

Seni Budaya

Berikut Juara Festival Pawai Takbiran Idul Adha 1443 H
FOTO : Bupati Tanjab Barat Dr. H. Safrial bersama Tungkal Guitar Comonity pada Reuni Rock I Era 80, 90 & Sekarang di Alun-alun Kota Kuala Tungkal, Jumat (07/02/20).

Hiburan

Seru, Begini Apresiasi Bupati Safrial Terhadap Reuni Rock Era 80, 90 Tungkal Guitar Comonity

Seni Budaya

Disparpora Mengadakan Festival Takbiran Idul Adha, Catat Syarat dan Rutenya

Seni Budaya

RMA dan MUI Gelar Festival Bedug dan Baca Takbir, Bupati Safrial Ingin Kedepam Festival Lebih Meriah

Advetorial

Meriah, Bupati Tanjab Barat Lepas Pawai Takbir Keliling Idul Fitri

Seni Budaya

Hadiri Kenduri SKO di Kerinci, Al Haris Mari Terus Melestarikan Adat Budaya Jambi

Pariwisata

Alkan dan Sekar, Bujang Gadis Tanjab Barat 2019

Seni Budaya

Bubur Asyura Menjadi Tradisi Masyarakat Tanjab Barat Mempererat Kebersamaan