YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Kesehatan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 08:27 WIB

Waspada Cacar Monyet, Dinkes Minta Warga Terapkan PHBS

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Zaharudin. FOTO : ARY/LT

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Zaharudin. FOTO : ARY/LT

KUALA TUNGKAL – Adanya satu kasus pasien terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia menjadikan Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Zaharudin menghimbau tenaga kesehatan (Nakes) untuk waspada terhadap gejala Cacar Monyet.

Dia juga menghimbau pada masyarakat Tanjab Barat untuk antisipasi dan segera memeriksakan diri jika terdapat gejala-gejalanya.

Pandemi Covid-19 yang belum selesai, kini warga Indonesia kembali dikejutkan dengan adanya penyakit cacar monyet yang telah ada di beberapa Negara, bahkan sudah masuk ke Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat H. Zaharudin mengatakan, penyakit cacar monyet berupa zoonosis yang ditularkan dari hewan yakni monyet ke manusia, berupa cacar.

BACA JUGA :  Tim Gabungan TNI-Polri Kota Jambi Sosialisasikan Pencegahan Aksi Kejahatan Jalanan dan Geng Motor

“Ditandai dengan adanya bentol-bentol seperti gumpalan cairan yang timbul ditubuh penderita, sehingga jika bentol tersebut pecah maka akan berpotensi tertular kepada manusia lainnya”, ujarnya.

Mengantisipasi penyakit tersebut sejumlah upaya akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Barat diantaranya akan menindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Kesehatan RI, untuk melakukan edukasi bagi masyarakat terkait dengan upaya pencegahan yang perlu dilakukan.

Masyarakat diimbau tidak panik, tetapi tetap waspada. Upaya mencegah penularan cacar monyet dapat dilakukan dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).

BACA JUGA :  Gandeng RSUD, Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Kegiatan Donor Darah

Ia merinci PHBS seperti sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tidak menggunakan handuk atau peralatan pribadi bersama-sama, menghindari melakukan kontak dengan siapa pun yang memiliki gejala, termasuk tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, dan bagi penderita, perlu melakukan isolasi diri dengan baik untuk menghindari penularan ke orang lain.

Zaharudin minta kepada masyarakat jika sudah ada tanda-tanda cacar monyet, seperti demam dan nyeri otot untuk segera melapor ke puskesmas terdekat, untuk segera dilakukan Penanganan agar tidak terjadi keterlambatan atas penangan kasus tersebut.(Ary)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Cara Claim Asuransi Kesehatan Cashless di Semua Rumah Sakit

Berita

Deklarasikan ODF, Bupati Safrial Minta Warga Stop BAB Sembarangan

Kesehatan

Warning Terbaru WHO Soal Bahayanya Rokok Elektrik

Kesehatan

Seribu Lebih Masyarakat Tanjung Jabung Barat Sudah di Rapid Tes

Investigasi

Wabah DBD Meningkat, Dinkes Tanjabbar Temukan 372 Kasus

Kesehatan

Antisipasi VIRUS CORONA Mausk Indonesia, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Perketat Pengawasan Bersama Petugas Karantina PLBN Motaain

Kesehatan

Kunjungi Balita Gizi Buruk di RS Daud Arif, Kapolres Tanjabbar Berikan Tali Asih Bhayangkara

Kesehatan

Vaksinasi Massal Pada Lansia dan Pra Lansia di Tanjab Barat