LIVETV
Danrem 042/Gapu : Waspadai Lonjakan Covid-19 di Libur Akhir Tahun Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Open Turnamen Bupati Lebong Cup Bupati Cek Pengerjaan Pengerasan Jalan Parit Deli ke Sungai Dungun Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas Gedor Pintu Truk Parkir di Pom Bensin, Pemuda Berssajam Diamankan Polisi




Home / Pertanian

Senin, 24 Mei 2021 - 16:19 WIB

Bupati Syukuran Panen Padi Gapoktan BERKAH di Desa Pembengis

Bupati H. Anwar Sadat Saat Panen Padi sawah Gabungan Kelompok Tani Tani BERKAH di RT 10. Dusun Harapan Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Senin (24/05/21). FOTO : Prokopim.

Bupati H. Anwar Sadat Saat Panen Padi sawah Gabungan Kelompok Tani Tani BERKAH di RT 10. Dusun Harapan Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Senin (24/05/21). FOTO : Prokopim.

BRAM ITAM – Bupati Tanjung Jabung Barat H. Anwar Sadat melaksanakan panen padi sawah Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Kelompok Tani BERKAH di RT 10. Dusun Harapan, Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Senin (24/05/21).

Hadir Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Bram Itam Hendry Fonda, Kepala Desa Pembengis, Kapolsek, Babinsa dan Kelompok Tani Desa Pembengis.

Bupati mengungkapkan rasa bangganya atas upaya yang telah di capai oleh Kelompok Tani BERKAH Desa yang telah berhasil melaksanakan pembukaan lahan dengan pengoptimalisasian lahan sawah secara swadaya seluas 25 Hektare di tengah tingginya alih fungsi lahan tanaman pangan dan telah berhasil melakukan kegiatan selama 2 musim.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI AD Gelombang II TA 2021

“Semoga dengan adanya kegiatan panen yang kedua ini dapat menjadi berkah dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani,” ungkap Bupati saat sambutan.

Di tambahkan Bupati, kedepan akan di lakukan ekspansi keluar daerah untuk memasarkan produk hasil pertanian padi tanjab barat.

BACA JUGA :  Rakor Program Sembako Sinkronisasi Data KPM, Bupati Himbau Camat Lebih Responsif

“Kami di berbagai kesempatan, selalu mempromosikan produksi pertanian terutama padi kita. Insya Allah, selepas acara ini kami akan melakukan kunjungan kerja dan silaturrahim ke Tembilahan Indragiri Hilir. Nah ini kami juga sekaligus memperkenalkan produksi padi petani kita,” imbuhnya.

Bupati juga menyampaikan, luas lahan yang ditargetkan untuk sasaran tanaman yang merupakan kalender tanam Departemen Pertanian RI untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 10. 597 Hektare.  Adapun realisasi sampai dengan bulan april 2021 seluas kurang lebih 8.500 Hektare.

BACA JUGA :  Bupati Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria 2021 di Desa Delima

Untuk memenuhi target tersebut petani melalui kelompok tani telah dibantu benih unggul label biru melalui kegiatan APBN seluas 6.000 Hektare dengan jumlah benih 150 Ton.

Usai panen, acara dilanjutkan dengan dialog dan diskusi dengan para petani mengenai permintaan petani terhadap infrastruktur pendukung panen di antaranya jalan, irigasi air termasuk prasarana jaring untuk mengatasi hama burung. (*)

Bupati H. Anwar Sadat Saat Perkenalkan Beras Hasil Petani Lokal pada Acara Panen Padi sawah Gabungan Kelompok Tani Tani BERKAH di RT 10. Dusun Harapan Desa Pembengis, Kecamatan Bram Itam, Senin (24/05/21). FOTO : Prokopim.

Share :

Baca Juga

Kecamatan

Safrial Tanam Perdana Replating Sawit di Desa Lampisi

Pertanian

Bupati Anwar Sadat Jadi Narasumber Pelatihan Teknis Komoditas Padi di BPP Provinsi Jambi Kecamatan Pengabuan

Pertanian

Kapolres Hadiri Penanaman 3000 Bibit Hortikultura Optimalisasi Hasil Olah Limbah Lahan Pupuk Kompos di Lahan Rakyat

Pertanian

Menggiurkan, Satu Hektar Pinang Betara Hasilkan Puluhan Juta

Pertanian

Danrem 042 Gapu Support Warga Desa Labuhan Pering Tanam Pinang

Pertanian

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati : Ini Komoditi Andalan Tanjabbar

Pertanian

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Persit Koorcab Rem 042 Manfaatkan Pekarangan Rumah Bercock Tanam

Pertanian

Beras Petani di Senyerang Tak Laku, Gerbang Tani Pinta Pemkab Carikan Solusi