YTUBE
Antusias Masyarakat Desa Mendalo Laut Ikuti Pawai Budaya Kasrem 042/Gapu Ikuti Gerak Jalan Santai HUT RI Ke 77 Tahun 2022 Buntut Kasus Kematian Brigadir J, 83 Polisi Diperiksa Terkait 35 Direkom Patsus Respon Arahan Kapolri, Polda Jambi Berantas Semua Perjudian Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi dalam Karya “If You Could See Me Now”

Home / Bisnis

Minggu, 5 Juni 2022 - 14:13 WIB

Daftar Pilihan Kredit Mobil Syariah dan Cara Membayar Pajak Mobil

ILUSTRASI : Daftar Pilihan Kredit Mobil Syariah dan Cara Membayar Pajak Mobil

ILUSTRASI : Daftar Pilihan Kredit Mobil Syariah dan Cara Membayar Pajak Mobil

Kebutuhan akan kepemilikan kendaraan mobil sekarang ini sudah seperti hal yang wajib karena pentingnya untuk bisa mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain menjadi lebih mudah. Hal ini pula yang membuat pembelian mobil baru semakin meningkat.

Namun, untuk kamu yang belum memiliki cukup uang tapi butuh memiliki kendaraan, bisa memilih kredit mobil. Dan, jika kamu takut melakukan riba, maka kredit mobil syariah menjadi solusi paling jitu untuk bisa membayar mobil secara diangsur secara syariah.

Seperti diketahui, kredit mobil syariah merupakan pembiayaan kendaraan bermotor atau kredit mobil menggunakan sistem murabahah.

Murabahah adalah akad jual beli antara bank syariah dan nasabah. Dalam akad murabahah, kamu akan mendapat penjelasan mengenai jenis dan jumlah barang yang ditransaksikan.

Lalu, ada rincian mengenai margin keuntungan yang diambil bank sebagai ganti bunga ketika mengambil angsuran mobil syariah. Hal ini membuat kredit mobil syariah adalah kredit mobil bekas tanpa riba.

Sama seperti kredit mobil pada umumnya, angsuran mobil syariah juga menerapkan tenor pembayaran cicilan. Maksimal tenor yang dikenakan hingga 5 tahun.

Sebelum mengajukan kredit mobil di bank syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya, kamu sebagai pemilik kendaraan juga harus menyadari pentingnya membayar pajak mobil.

Cara Kredit Mobil Syariah

Berdasarkan pemahaman di atas, maka kredit mobil dengan sistem syariah sama saja dengan membeli mobil secara kredit menggunakan akad murabahah. Lantas, bagaimana cara kredit mobil di bank syariah?

1. Carilah referensi penyedia layanan kredit mobil syariah

Seperti beli barang maupun jasa pada umumnya, pasti kita menginginkan yang terbaik. Jadi, carilah referensi yang banyak, baik dari website maupun media sosial, untuk mendapatkan informasi soal bank-bank syariah, bank perkreditan rakyat syariah atau lembaga keuangan syariah yang menyediakan layanan angsuran mobil syariah.

2. Pilihlah yang menawarkan bunga kompetitif

Bunga kompetitif di sini bukan melulu yang bisa memberikan bunga kredit terkecil ya. Jika bunga yang diberikan terlampau kecil dan berbeda jauh dari bunga yang ditawarkan bank atau lembaga keuangan kebanyakan, kamu patut waspada. Maka, kamu harus pelajari dahulu perusahaan kredit mobil syariah tersebut.

3. Pilih bank atau lembaga keuangan penyedia kredit mobil syariah terpercaya.

Bank syariah atau lembaga keuangan syariah yang sudah berpengalaman memberikan kredit syariah tentunya layak jadi pilihan. Kamu juga bisa memilih bank atau lembaga keuangan yang menawarkan kredit mobil bekas syariah tanpa DP (down payment).

Cari tahu ulasan atau review dari nasabah mengenai bank syariah atau lembaga keuangan syariah tersebut. Review bisa didapat dari banyak tempat, seperti media pemberitaan maupun media sosial.

4. Pelajari sistem kredit di bank syariah atau lembaga keuangan yang jadi pilihanmu

Jika sudah menjatuhkan pilihan, pelajari sistem pengajuan kredit, besaran bunga, penghitungan cicilan kredit, hingga biaya-biaya lain yang harus dibayarkan.
Sebab meski sama-sama menggunakan prinsip syariah, setiap bank dan lembaga keuangan tentu memiliki rincian atau detail yang berbeda-beda.

BACA JUGA :  Berikut Data Korban Kebakaran di Teluk Nilau

Daftar Pilihan Kredit Mobil Syariah

Tertarik beli mobil baru dengan angsuran mobil syariah atau kredit mobil bekas syariah? Berikut ini beberapa pilihan kredit mobil tanpa riba, baik baru maupun bekas, yang bisa kamu ambil.

1. Kredit mobil Bank Syariah Indonesia (BSI) Oto

Bank Syariah Indonesia (BSI) menawarkan produk pembiayaan syariah untuk pembelian mobil yang bernama BSI Oto. BSI Oto dapat digunakan untuk pembelian mobil baru, mobil bekas, dan motor baru. Waktu pelunasan angsuran mobil syariah ini maksimal 15 tahun dengan limit pembiayaan hingga Rp350 juta.

2. BPRS Al Salaam kredit mobil syariah

Kalau angsuran mobil syariah di BPRS Al Salaam, kamu bakal dapat penawaran angsuran yang gak fluktuatif dan aneka promo.

Sama seperti kredit kendaraan syariah Bank Mandiri, BPRS Al Salaam Kredit Mobil juga memberikan tenor maksimal hingga 60 bulan atau lima tahun. Selain pembiayaan buat mobil baru, BPRS Al Salaam juga melayani pembiayaan buat mobil bekas.

3. Kredit mobil di BCA Syariah KKB iB

Dengan mengajukan angsuran mobil syariah dari BCA Syariah, kamu bakal mendapat keuntungan pembiayaan angsuran yang gak akan berubah selama waktu pembiayaan.

Sama seperti yang lain, BCA Syariah KKB iB juga memberi tenor cicilan hingga 60 bulan atau lima tahun. Apa saja syarat-syarat buat mengajukan kredit mobil syariah dari BCA Syariah ini?

4. Kredit syariah di Mobilima

Mobilima sebagai perusahaan fintech berbasis syariah melakukan penjualan mobil dengan sistem kredit syariah. Proses jual beli ini dilakukan dengan membeli unit mobil terlebih dahulu ke dealer secara tunai dan kemudian akan dijual kembali ke kreditur dengan metode pembayaran cicilan.

Karena bergerak di bidang perkreditan syariah, Mobilima secara gamblang menggunakan akad Murabahah yang artinya tidak ada istilah riba dan/atau penyitaan mobil jika terjadi kredit macet. Kamu bisa saja mencari kredit mobil bekas tanpa BI checking di platform ini.

Syarat yang harus dilampirkan jika tertarik mengambil angsuran mobil syariah di Mobilima adalah sebagai berikut.

Jika semua persyaratan yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah masuk ke website Mobilima dan mulai menjelajah jenis mobil impianmu. Layanan Mobilima baru tersedia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan sekitarnya.

Setelah mengetahui apa itu kredit mobil syariah, tentu saja kamu juga harus membayar pajak mobil sebagai bagian dari kewajiban warga negara.

Mengenal Pengertian dan Peran dari Pajak Mobil

Sebelum melakukan pembahasan dengan lebih jauh mengenai pajak mobil baru serta biaya lainnya yang ada, penting untuk mengenal terlebih dahulu mengenai apa sebenarnya peran yang dimiliki oleh pembayaran dari pajak mobil ini sendiri.

Pajak mobil menjadi sebuah bentuk kewajiban yang perlu untuk diselesaikan dan dibayarkan oleh pemilik mobil setiap tahunnya karena mobil ini sendiri menjadi bentuk aset pribadi dan penentuannya berdasarkan dari berbagai faktor yang ada.

BACA JUGA :  Mendapat Remisi HUT RI, 3 Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi Bebas Bersyarat

Memang sudah bukan hal yang baru lagi bahwa bentuk perhitungan dari pajak ini sendiri cukup membingungkan dan tidak mudah, sehingga perlu untuk mengenal berbagai jenis tersebut.

Mengenal Jenis Pajak Mobil

Tidak hanya pajak mobil baru dan biaya-biaya lain yang perlu untuk diketahui, perlu juga untuk mengenal jenis dari pajak itu sendiri dan apa saja yang perlu untuk dibayarkan dengan baik.

Jenis pertama yaitu terdapat pajak tahunan yang diberlakukan dan dibutuhkan untuk bisa melakukan pengesahan STNK dengan baik dan pembayarannya ada di website secara resmi serta kepengurusannya biasanya akan membutuhkan dokumen seperti STNK, BPKB, KTP, dan nominal yang perlu dibayarkan.

Jenis kedua yaitu, terdapat pajak lima tahunan yang dilakukan bersama dengan pembaruan dari STNK dan juga plat kendaraan yang bisa diurus melalui kantor Samsat yang terdekat.

Pembayaran Pajak untuk Mobil Baru

Bagi yang baru akan melakukan pembelian, pajak mobil baru dan biaya lainnya tentu menjadi hal yang cukup asing untuk diurus sehingga perlu untuk mengenal apa saja pajak yang termasuk di dalamnya.

Beberapa pajak yang termasuk perlu untuk diurus dan dibayarkan yaitu terdapat PPN, PPnBM, PKB, BBN-KB, SWDKLLJ, dan juga tidak kalah pentingnya serta menjadi surat yang wajib dimiliki yaitu STNK serta TNKB.

Setiap pembayaran dari jenis pajak yang ada perlu untuk dibayarkan dengan baik dan biasanya dari pihak penjual atau dealer mobil sendiri sudah menyediakan layanan jasa untuk mengurus pajak mobil baru sampai selesai.

Cara Mudah Mengetahui Informasi dan Besaran Pajak Mobil

Berkat adanya kemajuan dalam bidang teknologi, sekarang ini menjadi lebih mudah untuk mencari informasi lainnya mengenai berbagai hal berkaitan dengan pajak yang ada sehingga siapapun bisa untuk mengaksesnya dengan lebih mudah.

Tidak terkecuali juga informasi seputar pajak mobil baru dan biaya lain yang bisa didapatkan dari berbagai sumber, misalnya website berdasarkan dari provinsi yang ada layanan USSD dan bahkan juga bisa dari SMS.

Beberapa aplikasi juga tersedia dan bisa diakses dengan cara yang lebih mudah dari mana saja misalnya seperti aplikasi Cek Ranmor Polda hingga aplikasi Pajak Online yang ada.

Cara Melakukan Perhitungan Pajak Mobil

Beberapa rumus berikut bisa membantu melihat perkiraan biaya yang perlu dibayarkan. Misalnya untuk pajak yang pertama kali bisa menggunakan BBN-KB+PKB+SWDKLLJ+Biaya Admin TNKB+Biaya Admin STNK.

Sementara itu, nantinya untuk pembayaran pajak selanjutnya bisa menggunakan rumus PKB+SWDKLLJ+Biaya Admin.

Tidak hanya itu saja, saat melakukan penggantian STNK juga perlu untuk melakukan pembayaran penerbitan yaitu sebesar Rp 200 ribu.

Selain itu, jangan sampai lupa pula untuk membawa segala kelengkapan yang ada dan diperlukan dengan lengkap agar kepengurusan pajak menjadi lebih mudah dan cepat.**

Share :

Baca Juga

Bisnis

Dampak Corona, Pengepul Udang Ketak Tanjab Barat Lumpuh, HNSI Carikan Solusi Ini

Bisnis

4 Tips untuk Digitalisasi Bagi UMKM di 2022

Bisnis

6 Jenis Pelayanan Restoran, Calon Pegiat F&B Wajib Tahu

Bisnis

SKK Migas-PetroChina Resmikan Proyek West Betara NAG Blok Jabung Jambi

Bisnis

Permintaan Tinggi, Pengecer BBM di Tanjab Barat Berhasil Jual Pertalite 1,5 Ton 

Bisnis

Tips Foto Ala Selebgram yang Bagus dan Aesthetic  

Bisnis

Yuk, Lakukan 6 Cara Ini untuk Promosi Bisnis di Instagram!

Bisnis

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant