indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Innalilahi…Tabrakan di Batanghari 4 Meninggal di Tempat, Lainya Luka-Luka Al Haris Harapkan Petani dan Koperasi Pertahankan Kualitas Rasa Kopi Kerinci Kota Jambi Melaju ke Final Setelah Melibas Tebo 4-2 Live Streaming Semifinal Kota Jambi vsTebo Mobil Carry Pick Up Terobos Pantat Besi Truk Hino Parkir, Sopir Luka-Luka

Home / Tanjab Barat

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 19:01 WIB

Hari Batik Nasional, Umy Dhilah Sadat : Kita Promosikan Batik Khas Daerah di Event MTQ

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Umy Hj. Fadhilah Sadat

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Umy Hj. Fadhilah Sadat

KUALA TUNGKALHari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, tahun ini bertepatan dengan MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjab Barat menjadi momen tersendiri bagi Granasda Tanjab Barat mempromosikan batik khas daerah.

Selain mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Umy Hj. Fadhilah Sadat mengajak semua kalangan untuk melestarikan batik khas daerah.

“Selamat hari batik nasional, Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk mengenalkan dan mengembangkan batik khas kebanggaan negeri kita ini agar bisa dikenal luas,” tutur Umy Dhilah, Sabtu (02/10/21).

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki corak khas batik masing-masing, yang tentunya memiliki filosofi tersendiri

Di Tanjab Barat sendiri, memiliki motif atau corak khasnya sendiri, seperti kopi liberika, udang ketak, buah pidada, dan lainnya, dan semua itu juga memiliki arti setiap coraknya.

BACA JUGA :  Live Streaming Semifinal Kota Jambi vsTebo

Ketua Dekranasda mengaku bangga dengan batik yang sarat dengan budaya Indonesia khususnya batik khas produksi UMKM di Tanjab Barat.

“Peringatan Hari Batik nasional tahun ini bertepatan kita tuan Rumah MTQ sehingga menjadi satu peluang bagus untuk mempromosikan batik kita,,” sebutnya.

Sejarah Batik Sebagai Warisan Dunia

Pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengakui batik Indonesia masuk dalam 76 warisan budaya nonbenda dunia. Mengutip Kompas.com, 2 Oktober 2017, UNESCO menilai, teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Menurut UNESCO, masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

BACA JUGA :  Semifinal Tebo vs Kota Jambi Hari Ini, Siapa Lebih Berpeluang Melaju ke Final?

Batik juga menjadi refleksi akan keberagaman budaya di Indonesia, yang terlihat dari sejumlah motifnya. Pengaruh Arab dalam motif hias yang biasa ditemui di seni kaligrafi, pengaruh Eropa dalam bentuk motif bunga, pengaruh China dalam motif phoenix (burung api), hingga pengaruh India dan Persia dalam motif merak. Pengakuan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional diiringi perayaan di Indonesia.

Pada 7 September 2009, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) saat itu, Aburizal Bakrie, mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ingin masyarakat Indonesia menggunakan batik pada 2 Oktober 2009. “Presiden meminta tanggal 2 Oktober nanti masyarakat Indonesia memakai batik sebagai bentuk penghargaan terhadap batik,” ujar kata Aburizal, seperti diberitakan Kompas.com, 7 September 2009.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Pos Satgas PPKM Skala Mikro Muntialo Lakukan Penyekatan Penyimbang PPKM Level 4 Kota Jambi

Tanjab Barat

Jam Malam Akan Diterapkan, WFC dan Alun-Alun Diutup

Tanjab Barat

Desa Tanjung Paku Kebanjiran, 36 KK Terdampak Akses ke Desa Lumpuh Total

Tanjab Barat

Pansus LKPJ DPRD Soroti Jalan Rusak di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Kapolres Tanjabbar Zoom Meeting Evaluasi Zona Integritas Polri Tahun 2020 dengan Tim Kemenpan RB

Tanjab Barat

Bupati ; Sanksi Pemotongan TPP ASN Terkait Vaksinasi Tidak Benar

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sembako pada Warga Terjun Jaya

Daerah

Dewi Zulkifli Ajak Isteri Prajurit Untuk Selalu Memelihara dan Membina Kerukunan Sesama Anggota Persit