YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Berita

Minggu, 26 Juni 2022 - 19:19 WIB

Ini 8 Kota dengan Janda Terbanyak di Bawah 30 Tahun

Ilustrasi Perceraian. IST/Net

Ilustrasi Perceraian. IST/Net

BERITA – Ada sejumlah kota di Indonesia tercacat dengan janda terbanyak. Hal ini dipicu oleh tingginya angka perceraian.

Persoalan ekonomi menjadi salah satu pemicu jumlah kasus perceraian mencapai ribuan.

Uniknya, kasus perceraian dilaporkan didominasi pasangan muda di bawah usia 30 tahun. Akibatnya, banyak wanita muda menyandang status janda.

Berikut daftar kota dengan janda terbanyak di indonesia seperti dirangkum dari SINDOnews.com, Sabtu (25/6/22).

1. Brebes

Sebelum menginjak 2022, tercatat ada ribuan kasus perceraian di Kabupaten Brebes. Data Pengadilan Agama setempat, mencatat ada 4.358 wanita yang berstatus janda baru. Kasus perceraian merupakan akumulasi sejak Januari hingga November 2021.

2. Garut

Jawa Barat mengalami peningkatan yakni sebesar 5 persen pada 2021. Alhasil, ada sekitar 5.700 kasus perceraian yang diterima Pengadilan Agama setempat. Beberapa penyebab di antaranya ada faktor ekonomi, pendidikan rendah, dan juga masalah komunikasi.

BACA JUGA :  Resmikan Aktivasi Jargas, Bupati Anwar Sadat Berharap Bisa Mengurai Antrian Gas Elpiji 3 Kilogram

3. Majalengka

Pengadilan Agama Kelas 1A Majalengka mencatat ada sebanyak lebih dari 3.000 pasangan suami istri yang resmi bercerai. Tak bisa dipungkiri faktor ekonomi paling menjadi pemicunya. Kasus perceraian di Majalengka mayoritas dilakukan oleh pasangan suami istri di bawah 30 tahun.

4. Malang 

Pada 2021 jumlah putusan kasus cerai talak 621 kasus dan putusan cerai gugat di Malang mencapai 1.736 kasus. Total jumlah janda baru di 2021 ada sebanyak 2.357 orang. Beberapa penyebab di antaranya didominasi oleh perselingkuhan serta masalah ekonomi.

5. Tegal 

Tegal juga termasuk dalam salah satu daerah dengan perceraian yang cukup tinggi. Pada 2020 terdapat 3.593 kasus perceraian yang terbagi antara cerai talak mencapai 815 dan cerai gugat 2.778.

BACA JUGA :  Reses di Desa Lubuk Terentang Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat

6. Banyuwangi 

Dalam jangka waktu beberapa bulan di 2021, Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi mencatat ada ribuan kasus perceraian yakni sebanyak 4.027 perkara. Setiap bulannya, PA Banyuwangi menerima ratusan kasus yang didominasi cerai gugat.

7. Lamongan

 Pada rentang waktu Januari hingga Juni 2021, di Lamongan terdapat 1587 pengajuan perceraian. Kasus gugatan cerai oleh istri jauh lebih banyak ketimbang cerai talak oleh suami.

8. Serang Banten

Kasus perceraian di Serang begitu tinggi di sepanjang 2020. Ada lebih dari 3.000 wanita yang menyandang status janda di tahun tersebut berdasarkan data Pengadilan Agama setempat. Adapun perceraian didominasi pasangan usia 30 hingga 35 tahun.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul “8 Kota dengan Janda Terbanyak di Indonesia, Nomor 4 Penyebabnya Bikin Geleng-geleng Kepala“.

Share :

Baca Juga

Berita

Kabut Asap Selimuti Perairan, Kapolsek KPM Berikan Imbauan Keselamatan Berlayar Kepada Nakhoda dan Nelayan

Berita

Menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Tanjab Barat Kunjungi Kantor DPC PDI Perjuangan

Berita

Ini Jadwal dan Tempat SKD CPNS 9 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi

Berita

Pj Sekda Provinsi Jambi Lepas 270 Peserta Magang

Berita

Safrial ; Penanggulangan Bencana Dibutuhkan Koordinasi Semua Pihak

Berita

Ngopi Bersama Masyarakat dan Politisi, Bupati Romi Sebut Siap Maju di Pilgub Jambi

Berita

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Satu Jamaah Haji Asal Sungai Terap Betara Meninggal Di Mekkah

Berita

Lonjakan Penumpang Pasca Libur Natal dan Tahun Baru, 7 Kendaraan Tak Terangkut Di Pelabuhan Roro