YTUBE
Ironis, Ditinggal Suami Mancing Istri Masukan Duda ke dalam Rumah Haji 2023 Tanjab Barat Dapat Kuota 407 Porsi, Prioritas CJH Lansia Tim Sultan Polres Tebo Uangkap Tindak Pidana PETI Sejumlah Orang Diamankan 700 Peserta Lulus Bahan Penerimaan PPPK Formasi Guru di Tanjab Barat Nikahi Janda, Samsul Mukmin Berikan Mas Kawin Linggis

Home / Nasional

Sabtu, 18 Desember 2021 - 01:12 WIB

Jenis Masker yang Disarankan Ahli Untuk Varian Omicron

Kepala BSKJI Doddy Rahadi disaksikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Arus Gunawan (kiri) serta Kepala BBT Wibowo Dwi Hartoto (tiga dari kanan) melihat hasil pengujian masker saat meninjau lab pengujian Masker N95 di Gedung BBT, Bandung, 18 Maret 2021.(FOTO : LT/kemenperin.go.id)

Kepala BSKJI Doddy Rahadi disaksikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Arus Gunawan (kiri) serta Kepala BBT Wibowo Dwi Hartoto (tiga dari kanan) melihat hasil pengujian masker saat meninjau lab pengujian Masker N95 di Gedung BBT, Bandung, 18 Maret 2021.(FOTO : LT/kemenperin.go.id)

JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia kemarin, Kamis (16/12/21). Dia mengungkapkan, bahwa pasien berinisial N itu merupakan pekerja pembersih di Wisma Atlet Jakarta.

“Kementerian kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien inisal N terkonfirmasi (terpapar) Omicron pada tanggal 15 Desember,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers seperti dikutip kompas.com.

Menurut Budi, setelah dilakukan WGS atau whole genome sequencing pada 10 Desember 2021 lalu, satu dari tiga orang yang diambil sampelnya telah terpapar varian Omicron.

Masker Apa yang Efektif mencegah terpapar varian Omicron?

Terkait penggunaan masker untuk mencegah paparan Covid-19, masker jenis apa yang direkomendasikan agar terhindar dari varian Omicron?

Sementara itu, Insinyur teknik mesin dari Minnesota, Amerika Serikat, Aaron Collins menyarankan agar menggunakan masker yang nyaman, dan penting untuk memastikan bahwa masker telah dikenakan dengan benar.

Para ahli menilai, bahwa masker kain masih direkomendasikan meski tidak optimal dalam melindungi.

BACA JUGA :  Nikahi Janda, Samsul Mukmin Berikan Mas Kawin Linggis

“Masker kain memang bagus jika memiliki beberapa lapisan dan pas (di wajah),” ujar Dr William Schaffner, spesialis penyakit menular sekaligus profesor di Vanderbilt University School of Medicine.

Akan tetapi, asisten profesor kedokteran penyakit menular di Baylor College of Medicine, Dr Prathit Kulkarni menjelaskan, ada beberapa bukti bahwa masker bedah dinilai lebih efektif dibandingkan masker kain.

Dia juga menegaskan, penting untuk menggunakan masker bedah yang pas di wajah serta memudahkan kita untuk bernapas.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Science, hasil analisis data dari 342.183 orang dewasa di Bangladesh menemukan, bahwa masker bedah 95 persen efektif menyaring partikel virus, daripada masker kain yang hanya mencapai 37 persen saja.

“Kita memiliki masker filtrasi tinggi, bermuatan elektrostatis seperti masker seperti KF94, KN95, dan N95, dan kita harus menggunakannya,” imbuh Collins.

BACA JUGA :  700 Peserta Lulus Bahan Penerimaan PPPK Formasi Guru di Tanjab Barat

Kendati demikian, Thomas Russo, profesor dan kepala penyakit menular di Universitas di Buffalo di New York mengatakan, masker kain tetap bisa digunakan dengan syarat memiliki kawat hidung, terdiri dari tiga lapis, dan memiliki filter yang baik agar nyaman dipakai.

Apakah masker dobel efektif?

Menurut Kulkarni, belum ada data yang menunjukkan bahwa pemakaian masker dobel efektif melawan varian Omicron. Senada dengannya, Collins menyebut pemakaian masker dobel justru membuat seseorang sulit bernapas.

“Masker KN95, KF94 atau N95 memang lebih melindungi daripada masker konvensional, tetapi jika masker ini dipasang dengan kencang membuat pernapasan Anda lebih sulit,” kata Schaffner.

Meski begitu, para ahli setuju baik masker kain, masker bedah, KF94, N95, maupun KN95 tetap berfungsi untuk melindungi kita dari penularan Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Varian Omicron Sudah Masuk ke Indonesia, Ini Jenis Masker yang Disarankan Ahli.

Share :

Baca Juga

Nasional

Ratusan CPNS Memilih Mengundurkan Diri, BKN Ungkap Alasannya

Kesehatan

Antisipasi Wabah Virus Corona, KKP Perketat Penjagaan Tiga Pelabuhan di Kuala Tungkal

Nasional

Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, Hj. Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Berita

Peserta Tes SKD CPNS 2019 Jambi Harus Fahami Aturan Ini

Nasional

Mochtar ; Ada Empat Poros Partai Politik Diprediksi Ramaikan Pilpres 2024

Nasional

Provinsi Sumatera Utara Tuan Rumah HPN 2023

Nasional

Solar Langka di Berbagai Wilayah, Pengamat : Bukan Salah Pertamina, Tapi BPH Migas!

Nasional

Demokrat Kembali Tolak Keras Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, AHY: Jangan Sampai Hak Rakyat Dirampas