YTUBE
35 Jam Pencarian, Pemancing Diterkam Buaya di Sungai Dendang Ditemukan Basarnas : Tubuh Korban Ditemukan Utuh, Ada Luka Gigitan Buaya di Kaki Korban Terkam Buaya Saat Mancing di Sungai Dendang Ditemukan 15 KM dari TKP Satu Rumah dan Bedeng Empat Pintu Terbakar di Jalan Panglima Tanjabbar BREAKING NEWS : Rumah Warga di Binakarya Timur Tungkal II Terbakar

Home / Muaro Jambi

Jumat, 16 September 2022 - 16:54 WIB

Pangdam II/Swj Berikan Kuliah Umum Indonesia Emas 2045 pada Ribuan Mahasiswa Universitas Jambi

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi Saat Memberikan Kuliah Umum di Universitas Jambi (Unja) Kampus Mendalo, Muaro Jambi, Jumat (16/9/22). FOTO : PENREM.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi Saat Memberikan Kuliah Umum di Universitas Jambi (Unja) Kampus Mendalo, Muaro Jambi, Jumat (16/9/22). FOTO : PENREM.

MUARO JAMBI – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.IP, MBA., M.Han memberikan Kuliah Umum di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja) Kampus Mendalo, Muaro Jambi, Jumat (16/9/22).

Tema kuliah umum yakni “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tiba di Kampus Pinang Masak Unja, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Sutrisno, M.Sc., Ph.D beserta para Wakil Rektor, perwakilan para Dekan dan para Kepala Biro UNJA.

Penyambutan ditandai pemasangan selempang Universitas Jambi oleh Rektor kepada Pangdam II/Sriwijaya.

Dihadapan lebih kurang 1.200 Mahasiswa Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa beliau tidak asing dengan kampus Unja karena Orangtuanya mulai karier sampai purna di Unja dan dirinya sempat kuliah di Unja selama 2 Semester di Fakultas Pertanian sebelum beliau lulus masuk Akademi Militer.

Sebelum masuk materi kuliah umum Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan “Sukses itu bukan tujuan, sukses itu merupakan proses, dalam proses kehidupan banyak orang yang terlibat dan jangan dilupakan tetap jaga silahturahim.

Dalam kuliah umum ini, Pangdam mengatakan ada 3 hal yang akan disampaikannya, yakni, Masalah Persatuan, Masalah Nasionalisme dan Bagaimana Indonesia Emas di tahun 2045.

BACA JUGA :  Pria di Tanjab Timur Diterkam Buaya Saat Mancing, Tim SAR Lakukan Pencarian

“Negara Kita adalah negara Kepulauan berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan memiliki arti penting bagi kita semua dan kita sudah diakui dunia, saat ini negara kita ada permasalahan perbatasan yang sampai saat ini masih alot, yaitu perbatasan negara kita dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Permasalahan ini dibutuhkan diplomat-diplomat ulung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selain itu Mayjen Hilman Hadi juga mengatakan Pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman guna mempertahankan kelangsungan Negara NKRI, dimana pentingnya kita menjaga nilai budaya kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di tahun 2045 sehingga tercapainya Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat adil dan makmur.

“Nasionalisme adalah semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945, Semangat Bela negara harus tertanam disanunbari kita hingga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan mengutamakan sikap kejujuran dan keadilan bagi adik-adik semuanya selaku calon pemimpin masa depan bangsa ini,” tambahnya.

Kemudian ia mengatakan Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol Penguatan SDM berbasis Knowledge dan ilmu teknologi, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang guna menghadapi era emas di tahun 2045.

BACA JUGA :  Basarnas : Tubuh Korban Ditemukan Utuh, Ada Luka Gigitan Buaya di Kaki

Terakhir, Pangdam berikan atensi khusus kepada para mahasiswa, yakni jadilah agen-agen perubahan positif dan menjadi kompetensi di Four Point Zero ini. Kemudian harus memiliki kemampuan _Critical Thinking_ (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, _Colaboration_ (Berkolaborasi) dan _Communication_ (Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di _Four Point Zero”._ pungkasnya,

Sebelumnya Rektor Unja, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, di Universitas Jambi.

“Ada 2 hal penting yang saya sampaikan yaitu kedepan akan adanya Rencana Manunggal TNI di Kabupaten Batanghari dimana melibatkan Mahasiswa terutama mahasiswa fakultas Pertanian dan Peternakan, kemudian akan ada kerja sama dengan TNI AD terkait untuk kepentingan dan kemajuan bangsa jika dibutuhkan oleh Jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 042 Garuda Putih,” ujar Rektor.

Turut mendampingi Pangdam II/Sriwijaya, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Danrem 043/Gatam, Kapoksahli Pangdam, Asintel, Asops dan Aster Kasdam II/Swj, Kapendam, Kasrem 042/Gapu, Para Kasi Kasrem 042/Gapu dan para Dandim jajaran Korem 042/Gapu.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi Saat Memberikan Kuliah Umum di Universitas Jambi (Unja) Kampus Mendalo, Muaro Jambi, Jumat (16/9/22). FOTO : PENREM.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Polres Muaro Siapkan Tiga Pospam Pengamanan dan Pelayanan Saat Nataru

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Muaro Jambi

Polsek Maro Sebo Laksanakan Vaksinasi di Desa Bakung

Muaro Jambi

29 Personel Polres Muaro Jambi Naik Pangkat

Muaro Jambi

Pengurus Baznas Muaro Jambi Hanya Beranggotakan 4 Orang

Muaro Jambi

PTPN VI dan Kejari Muaro Jambi Tandatangani MoU Kerjasama

Muaro Jambi

Bupati Masnah Hadiri Peringatan HAB ke-76 di Kemenag Muaro Jambi

Muaro Jambi

Asah Kemampuan Personel Sat Brimob Polda Jambi Adakan Lomba KLBM