indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Putra Mantan Wapres Try Sutrisno Jabat Pangdam III/Siliwangi Wali Kota Jambi Pimpin Kegiatan Outbound Pejabat Eselon II dan III di Hutan Kota Tim Gabungan Polda Jambi Tangkap Pelaku Pembunuhan di Angso Duo Pimpin Musyawarah Ranting PAN se Kecamatan Sekernan, Aidi Hatta Tekankan Ini Hadir Saat Pelantikan BPD-KKSS, Wabup Hairan Menyampaikan Ini

Home / Tanjab Timur

Kamis, 8 Juli 2021 - 00:50 WIB

Pemkab Tanjab Timur Jalin Kerjasama dengan PT. WKS Terkait Penyediaan Cocofed dan Sekam

Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto Saat Kunjungan ke Distrik VII PT. WKS dalam rangka peningkatan koordinasi pengembangan produk lokal dan BUMDes, Selasa (06/97/21). FOTO : FB.DOK.TJT.

Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto Saat Kunjungan ke Distrik VII PT. WKS dalam rangka peningkatan koordinasi pengembangan produk lokal dan BUMDes, Selasa (06/97/21). FOTO : FB.DOK.TJT.

MUARA SABAK – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya melakukan terobosan ataupun mencari peluang untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini.

Salah satunya Pemkab Tanjab Timur menfasilitasi pihak PT. WKS dengan pihak BUMDes di tiga desa untuk bermitra dan bekerjasama dalam rangka penyediaan Cocofed dan Sekam yang merupakan kebutuhan utama dalam proses pembibitan tanaman di PT. WKS. Tiga desa tersebut, yakni Desa Rantau Karya, Kota Baru dan Suka Maju.

Hal itu disampaikan Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto, SE usai mengunjungi Distrik VII PT. WKS, Rabu (6/7/21).

Inovasi dan terobosan tersebut dalam rangka pengembangan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  Maulana Tinjau Sejumlah Infrastruktur di Kecamatan Danau Teluk

Romi mengatakan, Cocofed itu bahan baku utamanya adalah sabut kelapa yang ketersediannya sangat banyak di Kabupaten Tanjab Timur. Sedangkan Sekam padi juga sangat berlimpah di Kabupaten Tanjab Timur.

“Selama ini Sekam padi hanya terbuang begitu saja tanpa ada pengolahan, sehingga sekam tersebut tidak memiliki nilai ekonomis, bahkan hanya menjadi limbah,” kata Bupati.

Diakuinya, selama ini PT. WKS membeli cocofed dan sekam bakar tersebut di daerah Lampung dengan volume lebih kurang 160.000 m3 per bulan.

Estimasi belanjanya kalau dihitung dengan harga cocofed dipasarkan bisa lebih Rp 200 juta per bulan.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Muaro Jambi Hadiri Peresmian Pabrik AMDK dan Air Rasa PT Afresh Indonesia

“Alangkah baiknya jika untuk pemesanan cocofed dan sekam bakar itu sendiri dikelola oleh masyarakat lokal, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanjab Timur,” terangnya.

Untuk itu Bupati menerangkan, demi suksesnya rencana dan kerjasama tersebut, pihak PT. WKS menjadi pendamping dan mitra bagi BUMDes dan masyarakat untuk dapat menghasilkan cocofed dan sekam bakar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Dengan tujuan pihak BUMDes nantinya dapat menjual hasil produksi tersebut kepada pihak PT. WKS,” kata Bupati

Dijelaskan Bupati, pihak PT. WKS bersama BLK Tanjab Timur akan melakukan pelatihan bagi masyarakat cara membuat cocofed dan sekam bakar.

Share :

Baca Juga

Tanjab Timur

Bupati Harap Penyaluran Beras Bantuan PPKM ke Masyarakat Cepat dan Tepat Sasaran

Tanjab Timur

Posko 18 KKN Kebangsaan Adakan Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa

Tanjab Timur

Kunker ke Sadu, Gubernur Jambi Dialog dengan Petani Pinang

Tanjab Timur

Tinjau Perkebunan Pisang Cavendish, Bupati Tanjabtim Minta Pengelola Bina Warga Sekitar

Tanjab Timur

Bupati Tanjab Timur Pimpin Rapat Persiapan Kejurnas Piala Presiden Motoprix

Tanjab Timur

Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan Latgab Penanganan Karhutla di Tanjab Timur

Tanjab Timur

KONI dan Pengurus Teakwondo Tanjab Timur Ucapkan Terima Kasih pada PetroChina

Tanjab Timur

Bupati Tanjabtim Hadiri Wisuda Angkatan Ke-5 STIES Al-Mujaddid