LIVE
Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021 Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani dari Jurang 300 Meter Bupati Muaro Jambi Minta 5.000 Vaksin Untuk Pelajar Dalam Peninjauan Mendikbudristek Wabup Hairan Zoom Meeting dengan Gubernur Terkait Kunker Mendikbudristek

Home / Tanjab Timur

Kamis, 8 Juli 2021 - 00:50 WIB

Pemkab Tanjab Timur Jalin Kerjasama dengan PT. WKS Terkait Penyediaan Cocofed dan Sekam

Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto Saat Kunjungan ke Distrik VII PT. WKS dalam rangka peningkatan koordinasi pengembangan produk lokal dan BUMDes, Selasa (06/97/21). FOTO : FB.DOK.TJT.

Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto Saat Kunjungan ke Distrik VII PT. WKS dalam rangka peningkatan koordinasi pengembangan produk lokal dan BUMDes, Selasa (06/97/21). FOTO : FB.DOK.TJT.

MUARA SABAK – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya melakukan terobosan ataupun mencari peluang untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini.

Salah satunya Pemkab Tanjab Timur menfasilitasi pihak PT. WKS dengan pihak BUMDes di tiga desa untuk bermitra dan bekerjasama dalam rangka penyediaan Cocofed dan Sekam yang merupakan kebutuhan utama dalam proses pembibitan tanaman di PT. WKS. Tiga desa tersebut, yakni Desa Rantau Karya, Kota Baru dan Suka Maju.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Pabrik Kopi AAA di Selincah Jambi Terbakar

Hal itu disampaikan Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto, SE usai mengunjungi Distrik VII PT. WKS, Rabu (6/7/21).

Inovasi dan terobosan tersebut dalam rangka pengembangan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Romi mengatakan, Cocofed itu bahan baku utamanya adalah sabut kelapa yang ketersediannya sangat banyak di Kabupaten Tanjab Timur. Sedangkan Sekam padi juga sangat berlimpah di Kabupaten Tanjab Timur.

“Selama ini Sekam padi hanya terbuang begitu saja tanpa ada pengolahan, sehingga sekam tersebut tidak memiliki nilai ekonomis, bahkan hanya menjadi limbah,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Dantasgas TMMD Ke-112 Kodim HST Meninjau Perpustakaan Keliling

Diakuinya, selama ini PT. WKS membeli cocofed dan sekam bakar tersebut di daerah Lampung dengan volume lebih kurang 160.000 m3 per bulan.

Estimasi belanjanya kalau dihitung dengan harga cocofed dipasarkan bisa lebih Rp 200 juta per bulan.

“Alangkah baiknya jika untuk pemesanan cocofed dan sekam bakar itu sendiri dikelola oleh masyarakat lokal, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanjab Timur,” terangnya.

BACA JUGA :  Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal TNI Korem 042/Gapun

Untuk itu Bupati menerangkan, demi suksesnya rencana dan kerjasama tersebut, pihak PT. WKS menjadi pendamping dan mitra bagi BUMDes dan masyarakat untuk dapat menghasilkan cocofed dan sekam bakar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Dengan tujuan pihak BUMDes nantinya dapat menjual hasil produksi tersebut kepada pihak PT. WKS,” kata Bupati

Dijelaskan Bupati, pihak PT. WKS bersama BLK Tanjab Timur akan melakukan pelatihan bagi masyarakat cara membuat cocofed dan sekam bakar.

Share :

Baca Juga

Tanjab Timur

2 Paslon Pilkada Tanjab Timur Teken Pakta Integritas Kampanye Damai

Tanjab Timur

Lautnya Diracun, Bupati Tanjab Timur Marah Besar Minta Pelaku Ditangkap

Tanjab Timur

Pastikan Ketersediaan Oksigen, Dandim 0419/Tanjab Cek RSUD Nurdin Hamzah

Tanjab Timur

Tanjab Timur Segera Miliki Laboratorium PCR

Tanjab Timur

Lantik Tim Pemenangan R2 di Nipah Panjang, Begini Pesan Robby Nahliansyah

Covid-19

5 Pasien Positif Covid-19 Berasal dari Tanjabar, Tanjabtim dan Sarolangun

Tanjab Timur

Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Giling Padi

Tanjab Timur

Bupati Tanjabtim Buka Rakor Ekspor Pinang Melalui Pelabuhan Muara Sabak