LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Pendidikan / Nasional

Jumat, 5 Juni 2020 - 21:37 WIB

Persiapkan New Normal Pendidikan yang Berorientasi Pada Siswa

FOTO : Iwan Syahril, Dirjen GTK Kemendikbud dalam diskusi via zoom Sinergi Pusat dan Daerah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar di Era New Normal yang digelar Tanoto Foundation, Kamis (04/06/20).

FOTO : Iwan Syahril, Dirjen GTK Kemendikbud dalam diskusi via zoom Sinergi Pusat dan Daerah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar di Era New Normal yang digelar Tanoto Foundation, Kamis (04/06/20).

“Menutup sekolah bukan berarti pembelajaran tidak terjadi. Pilihannya bisa melaksanakan belajar dari rumah, baik secara daring, luring, atau blended. Yang terpenting orientasi pembelajarannya berdasar pada kebutuhan siswa,” jelas Iwan.

Yang juga penting, jangan sampai penggunaan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh, hanya memindahkan tatap muka ceramah di kelas. Siswa harus difasilitasi untuk aktif belajar bukan berpusat pada guru.

BACA JUGA :  Bahas Rencana KKN Mahasiswa se Indonesia, Rektor UNJA Kunjungi Korem 042/Gapu

Sekarang tidak ada tuntutan yang kuat siswa harus ikut ujian. Ini menjadi kesempatan bagi guru dan kepala sekolah untuk membuat inovasi-inovasi hal-hal yang relevan untuk kebutuhan belajar siswanya. Itulah prinsip merdeka belajar yang didorong penerapannya dalam pembelajaran.

Kemendikbud saat ini juga tengah mengembangkan super aplikasi pendidikan yang dapat membantu siswa belajar lebih baik. Aplikasi ini jauh lebih canggih dan semudah penggunaannya seperti aplikasi gojek atau tokopedia. “Dengan adanya pandemi ini, kita ingin mempercepat untuk mengakselerasi pemanfaatan aplikasi tersebut. Semoga bisa lebih cepat dari yang direncanakan,” kata Iwan yang juga menyebut pentingnya sinergi dalam menyebarkan praktik-praktik baik pendidikan.

Share :

Baca Juga

Nasional

Danrem 092/MRL Pimpin Upacara Alih Kodal Satgas Pamtas RI – MLY Yonif Raider 200/BN ke Yonif 614/RJP

Pendidikan

K3S dan KKG di Tanjab Barat Harap Dinas Pendidikan Diseminasi Program PINTAR

Berita

Ini Jadwal dan Tempat SKD CPNS 9 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi

Pendidikan

Sekolah ini Ajak Masyarakat Bangun Saung Baca, Begini Strateginya

Pendidikan

Diumumkan Via Online, Ratusan Siswa SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Lulus 100 Persen

Pendidikan

Kepala Sekolah Di Batang Hari Dilatih Kelola Sekolah Secara Efektif Oleh Tanoto Foundation

Covid-19

Dampak Covid-19 Guru di Jambi Saling Berbagi RPP Daring

Pendidikan

Diseminasi Program PINTAR, Guru SMP Batang Hari Ikuti Pelatihan “MIKiR”